4 Tips Mempertajam Ingatan Saat Belajar

4 Tips Mempertajam Ingatan Saat Belajar

1782
0
SHARE

Assalamualaikum makeitationer…Pada Kesempatan kali ini saya akan menyampaikan materi yang begitu menarik, setiap orang pasti memiliki cara sendiri untuk mengingat sesuatu yang telah mereka pelajari. Dan kali ini saya akan menyampaikan beberapa tips dalam mengingat materi pelajaran yang pernah dan sedang kita pelajari. Sebetulnya nasihat ini juga semata-mata untuk penulis juga, dan semoga penulis juga dapat mempraktikannya. Ow iya penulis atau saya sendiri mendapat inspirasi dari tips ini karena telah mendengar ceramah dari Ustaz Adi Hidayat Lc MA. Semoga tips ini bermanfaat bagi para pembaca.

Berikut adalah  tips atau cara untuk mempertajam ingatan. Lets check it out !

1. Melurusakan Niat

Seperti kata kebanyakan orang bahwa setiap apa yang dilakukan hasilnya tergantung dari niat yang kita tuju. Begitu juga dengan kita mempelajari suatu hal akan diperhitungkan oleh Allah SWT dengan nitat itu sendiri. Jadi kita harus meluruskan karena Allah.

Jadi pada setiap pembelajaran kita niatkan semata-mata karena Allah. InsyaAllah ingatan dan kecepatan belajar akan jadi mudah dan cepat mengerti.

2. Kesungguhan Jiwa

Ketika ingin mempelajari apapun dengan sungguh-sungguh dan jiwa yang kuat maka kita akan mampu melakukan itu semua. Tentu dengan kesungguhan jiwa itu tadi kita perlu mencatat materi apa saja dari pelajaran tersebut. Kemudian jangan pernah lupa berdoa terlebih dahulu. Karena dengan doa hati kita akan damai dan tentram karena menyerahkan semuanya hanya kepada Allah Azzawajalla.

3. Tingakatkan Amal Sholeh

Seseorang yang berniat baik kemudian memiliki kesungguhan jiwa ketika mempelajari banyak hal dia akan sangat beruntung karena di tolong oleh sang Maha penolong. Dia akan menyerahkan segala sesuatu hanya kepada Rabbnya. Dan akan sangat beruntung juga seseorang yang meningkatkan amal sholehnya dengan bersedekah atau memperbanyak ibadah.

4. Menjauhi Maksiat

Maksiat adalah salah satu dosa besar, akan sangat fatal ketika seorang hamba melakukan kemaksiatan. Lakukanlah perubahan dari sekarang, jauhilah kemaksiatan itu karena sangatlah merugi orang-orang yang melakukan nya. Tidak ada kata terlambat untuk berubah, bahwasanya perngampunan dari-Nya sangatlah luas. Jika teman-teman ada yang masih pacaran putuskanlah, ikhlaskan kekasihmu karena hanya ada dua pilihan yang harus kamu pilih, halalkan atau tinggalkan. Bukan begitu sebetulnya kalian merealisasikan perasaan cinta. Karena cinta yang sesungguhnya adalah ketika dua insan mencintai pasangannya karena Allah SWT.

Make It Action !
Jadi sekarang kalian sudah tahu kan tips-tips untuk mempertajam ingatan ketika mempelajari sesuatu entah itu pelajaran di sekolah ataupun pelajaran di luar sekolah. Semoga bermanfaat dan langsung di coba. Karena sesungguhnya usaha yang kita lakukan tidak akan pernah menghianati hasil.

Wassalamualaikum

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY