5 Cara ampuh mengendalikan emosi saat puasa

5 Cara ampuh mengendalikan emosi saat puasa

1913
1
SHARE

Assalamualaikum makeitation, pada kali ini saya akan berbagi mengenai cara ampuh untuk mengendalikan emosi saat puasa khususnya di bulan Ramadhan. 

bagaimana puasanya? Semoga lancar ya.

Sekarang saya ingin berbagi tips mengenai cara menahan amarah pada saat puasa.

Dalam hadist oleh Al-Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwa ada seorang laki-laki berkata kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam : “Berilah aku wasiat”. Beliau menjawab, “Engkau jangan marah!” Orang itu mengulangi permintaannya berulang-ulang, kemudian Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Engkau jangan marah!” [HR al-Bukhâri].

Setiap orang pasti pernah merasakan hal diatas bukan? Kita sering kali marah entah itu karena kecewa, sakit hati, tidak dihargai dan lain-lain. Marah adalah emosi yang terdapat pada manusia seperti halnya persaan senang dan sedih. Namun setiap orang pasti melampiaskan kemarahan dengan cara yang berbeda-beda, ada yang melakukan kontak fisik, ada juga yang hanya diam, dan ada yang mengurung diri dikamar. Untuk menanggulangi kemarahan yang hadir pada emosi kita makeitaction punya solusi nih bagi kalian samua. Check it’s out…!

1. Sabar

5 Cara ampuh mengendalikan emosi saat puasa

sabarlah dalam menghadapi segala masalah yang ada pada kehidupan kita, Allah berfirman dalam Al-Qur’an:

Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat,; sesungguhnya Allah beserta orang yang sabar” (Q.S Al-Baqarah : 153)

Dengan sabar hati kita akan tenang, ketika kita melakukan hal yang sangat disukai Allah maka kita akan menjadi pribadi yang baik. Sabar yang dimaksud ialah sikap yang mencerminkan kekokohan jiwa orang yang memilikinya, sikap sabar yaitu bertahan dengan situasi sulit dengan tidak mengeluh. So jangan marah lagi ya makeitationer.

Ali bin Abi Tahlib mengatakan “Yakinlah ada sesuatu yang menantimu selepas banyak kesabaran (yang kau jalani), yang akan membuatmu terpana hingga kau lupa betapa pedihnya rasa sakit”.

2. Perbanyak istigfar

5 Cara ampuh mengendalikan emosi saat puasa

Perbanyaklah istigfar, karena dengan kita istigfar hati akan semakin tenang. Dalam setiap istigfat yang kita baca Allah akan mengampuni dosa-dosa kita. Allah itu maha baik maka lakukan lah kebaikan supaya kau mendapan kebaikan pula. Jangan lupa ber istigfar ya sahabat makeitationer… !

3. Wudhu

5 Cara ampuh mengendalikan emosi saat puasa

Dengan kita menyucikan diri dengan berwudhu’, insyaAllah hati kita akan tenang dan amarah kita akan sedikit meredam. Pernahkah kita berfikir bahwa saat emosi kita memuncak, dengan adanya percikan air yang mengalir di bagian tubuh kita maka hati kita juga akan merasakan ketenangan dengan air tersebut. So silahkan di coba ya makeitationer…

Dari Abu Hurairah Radhiyaallahu Anhu. Bahwasannya Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wasalam pernah bersabda kepada Bilal selepas shalat Shubuh: “Ceritakan kepadaku satu amalan yang engkau andalkan dalam islam, karena dalam suatu malam aku pernah mendengar suara terompahmu berada di pintu surga”, Bilal berkata: “Setiap aku berwudhu, kapan pun itu, baik siang maupun malam, aku selalu melakukan shalat dengan whudu tersebut” (HR. Al Bukhari)

4. Tidur

5 Cara ampuh mengendalikan emosi saat puasa

Saat berpuasa dengan banyak nya aktifias kita, tubuh kita juga membutuhkan istirahat. Dengan istirahat kelelahan kita akan berkurang. Jadi ketika ada perasaan yang tidak enak atau ada amarah yang muncul, cobalah untuk beristirahat sejenak. Semoga tidurnya pulas ya makeitationer.. hehe

5. Diam

5 Cara ampuh mengendalikan emosi saat puasa

Nahh tips ini penting juga sahabat makeitaction, dengan diam kita akan merasa lebih aman. Dengan diam amarah kita akan meredam. Ketika emosi memuncak, dengan kita tidak mengatakan apapun yaitu dengan diam otomatis kita tidak marah lagi. Percaya deh,, memang sulit sih tapi apa salahnya kita mencoba hal yang baru dengan bersikap diam seperti ini. Ada pepatah yang mengatakan kalau diam itu emas. Maka diamlah wahai sang perindu surga.

Jika engkau merasa bahwa segala yang di sekitarmu gelap dan pekat, tidakkah dirimu curiga bahwa engkaulah yang dikirim oleh Tuhan untuk menjadi cahaya bagi mereka? Berhentilah mengeluhkan kegelapan itu, sebab sinarmulah yang sedang mereka nantikan, maka berkilaulah. (Salim a filah)

Make It Action !!!

So selamat mencoba tips dari kami, semoga dalam menjalankan ibadah puasa semakin meningkatkan iman di dalam hati kita. Dan jika ada khilaf dan kata-kata selama ini mohon di maafkan ya makeitationer.

Kami dari keluarga besar makeitaction mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa. Mohon Maaf Lahir dan Bathin. Semoga kita semua diberi kelancaran beribadah di bulan yang penuh berkah ini. Jika ada kata-kata yang tidak berkenan, sikap yang menyakiti. Kami menghaturkan maaf yang sedalam dalamnya.

Wassalamu’alaikum warahmatullahhiwabarokatuh..

1 COMMENT

LEAVE A REPLY