5 Cara menghafal cepat tapi sulit lupanya dengan teknik relasi – part...

5 Cara menghafal cepat tapi sulit lupanya dengan teknik relasi – part 1

5450
0
SHARE

hallo makeitation. Pada kesempatan ini, admin akan berbagi tips dan trik cara menghafal cepat tapi lama ingetnya alias susah lupanya. biasanya, kita kesulitan dalam menghafal sesuatu apalagi hafalan yang bersifat long term memory atau jangka panjang. Hampir sebagian besar dari kita hanya menggunakan kemampuan otak kiri yang mana hanya bersifat sort term memory (memori jangka pendek).

Teknik relasi merupakan teknik mengingat beberapa benda secara berurutan. Teknik awal yang akan kita pelajari berikut ini banyak melibatkan fungsi otak kanan di mana otak kanan mempunyai sifat long term memori (ingatan jangka panjang). Oleh karena itu, sebelum mempelajari teknik ini, teman teman perlu untuk memfungsikan otak kanan terlebih dahulu dengan melakukan kegiatan membayangkan sesuatu/benda, karena otak kanan akan sangat peka terhadap banyangan. Mau tahu bagaimana cara menggunakan teknik relasi dalam menghafal cepat. berikut penjelasannya :

1. Buatlah cerita pendek

5 Cara menghafal cepat dengan teknik relasi

Temen-temen harus membuat cerita pendek sekreatif mungkin bila perlu selucu mungkin untuk list kata-kata yang akan dihafal. buatlah cerita yang terdiri atas kata kata yang akan dihafal secara berurutan. Inget ya.. secara berurutan. Tambahkan kata-kata penghubung antara kata pertama yang akan dihafal dengan kata kedua yang akan dihafal, anatara kata kedua dengan kata ketiga, antara kata ketiga dengan kata keempat dan seterusnya, bukan sebaliknya.

2. Gunakan cerita imajinasi

5 Cara menghafal cepat dengan teknik relasi

Dengan cerita imajinasi, cerita tersebut semakin mudah diingat. Hal tersebut bisa dilakukan dengan membuat cerita yang aneh, lucu, khayalan atau tidak masuk akal. Misalnya kita lebih mudah mengingat beruang berenang dalam madu , mengingat cerita beruang makan madu. Atau lebih mudah mengingat tikus bermain gitar dari pada tikus menggigit gitar dan seterusnya. Dengan menggunakan cerita imajinasi, emosi kita akan ikut terlibat, seperti tertawa atau ketika anda membuat cerita tersebut. Emosi inilah yang merupakan salah satu kunci ingatan jangaka panjang.

3. Tambahkan Imajinasi lainnya

5 Cara menghafal cepat dengan teknik relasi

Kalau perlu, tambahkan animasi pada imajinasi seprti bentuk, warna , bunyi, dan gerakannya. contohnya, ketika kita membayangkan seekor siput, bayangkan siput tersebut cangkangnya dari rumah dan besarnya sebesar gedung bertingkat. Warnanya hijau seperti baju tentara. bisa ngomong seperti manusia. Gerakannya cepat dan bisa berkelahi seperti jet li dan mulutnya bisa keluar api seperti sasuke. Semakin jenaka dan lucu, maka semakin cepat dan lama ingatan kita

4. Visualisasikan cerita tersebut

5 Cara menghafal cepat dengan teknik relasi

Dengan teman teman melakukan visualisasi tersebut, 80 % area otak teman teman akan aktif dan bekerja. karena otak kanan kita itu peka terhadap gambar dan visual dan lebih cepat membayangkan sesuatu yang memiliki bentuk, wujud, warna dan lain sebagainya. sambil bercerita, sambil dibyangkan.

5. Sabar dan konsisten

5 Cara menghafal cepat dengan teknik relasi

Diperlukan kesabaran yang tinggi ketika kita ingin menerapkan teknik ini untuk menghafal cepat. Jadi kadang-kadang kita merasa capek dan lelah untuk menghafal sesuatu, maka itu cobaannya. Teman-teman harus terbiasa menjalaninya. diibaratkan teman teman terbiasa bekerja dengan tangan kanan, kita akan dilatih untuk menggunakan tangan kiri kita. Jadi otak kiri kita mengendalikan organ bagian kanan kita dan otak kanan kita mengendalikan otak kanan kita. jadi, kita harus sabar dan konsisten untuk bisa terbiasa dengan metode ini.

MAKE IT ACTION

Sekarang saatnya kita mempraktikan bagaimana caranya untuk menerapkan teknik relasi ini dalam menghafal cepat nama-nama benda atau sesuatu secara berurutan, teman teman harus langsung mempraktikannya ya dan harus terbiasa dengan metode ini jika ingin menghafal dengan cepat mari kita latihan dengan mengingat 10 kata benda di bawah ini:

berasjagungkacang tanahkaretkopikelapakapascokelatminyak tanahemas

oke sekarang saya bikin ceritanya seperti ini :

Bayangkan pada suatu hari, ada BERAS sedang jalan – jalan di pasar sambil makan JAGUNG dan memakai topi yang terbuat dari KACANG TANAH. Saat sedang menikmati jalan jalannya, tiba tiba puukkkk…. ada yang ngelempar pake KARET , sialan… kata si beras, setelah dilihat ke belakang ternyata si KOPI yang melempar, tanpa pikir lagi, langsung ngambil KELAPA dan dilemparlah kopi menggunakan kelapa, ternyata di samping kopi itu ada si KAPAS, muncrat deh air kelapa yang dipake ngelempar ke arah si kapas dan si kopi, secara otomatis si kapas jadi kotor dan berubah warna jadi COKELAT , si kapas gak terima dan akhirnya dia nyemplung ke sebuah kolam yang berisi MINYAK TANAH, di kiranya akan jadi bersih pas naik lagi ke atas eh eh eh,,,, warna kapasnya malah berubah menjadi EMAS.

langsung dihafalin ya dan jangan lupa dibayangkan…

 

ohh ya, karena topik artikel ini tentang cara menghafal sesuatu, admin mau ingetin kalian yang semester akhir, jangan lupa kerjain skripsi ya. silahkan baca artikel sebelumnya supaya nggak lupa sama skripsinya :

oke, terima kasih atas kunjungannya. semoga apa yang admin bagiakn bermanfaat. sampai jumpa pada artikel selanjutnya yang tentu saja berkaitan dengan topik ini di part selanjutnya hanya di makeitation.com

 

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY