5 Cara menghilangkan rasa malas saat mengerjakan skripsi

5 Cara menghilangkan rasa malas saat mengerjakan skripsi

16162
29
SHARE
Cara menghilangkan rasa malas saat mengerjakan skripsi_makeitation

assalamualaikum makeitationers.. berjumpa lagi dengan admin. kali ini, admin mau sharing artikel tentang bagaimana cara menghilangkan rasa malas saat temen temen lagi mengerjakan skripsi.

malas… iyyyaa.. itu adalah musuh terbesar dan terseram mahasiswa-mahasiswa akhir.

kalau lagi malas, rasanya itu kita kehilangan energi buat ngerjain sesuatu. males gerak, males belajar, males ngapa – ngapain.

bukan jarang, admin juga sering banget males gerak buat ngerjain sesuau apalagi yang namanya skripsi.

di samping itu juga, banyaknya tekanan dari teman-teman, orang tua, saudara untuk segera menyelesaikan kuliah juga menyebabkan kita tidak bisa tenang ngerjain sesutu apalagi skripsi.

mama bilang “nak, ini semester terakhir yaaa bayar SPP”.. yang lain pada bilang “nak,,, kapan kelar nih skripsi,, saudara sepupumu baru aja pada sidang”… kapan selesai… kapan selesai spp-an.. dan banyak macam pertanyaan yang bikin semakin depresi..

apalgi temen-temen yang punya gebetan atau pacar,, ditanyain terus sama si doi ” kapan nih aku dihalain.. kapan nih ke jenjang yang lebih serius” wkkwkw

banyak banget tekanan-tekanan…

as the time went by.. seiring berjalannya waktu… admin pernah instrospeksi diri… kenapa rasa malas ini datang melulu tiada henti.

udah banyak banget baca artikel cara menghilangkan malas, cara supaya semangat hidup, cara sukses dan cara cara lainnya.. tetap saja masih malas..

udah ngelakuin itu,, ngelakuin ini.. tetep aja malas. terapin ini, terapin itu,, tetep aja malas.

Apa sih sebenarnya penyebabnya ?

gini ya teman-teman, tanpa kita sadari.. kita itu sellau membuka pintu di lubuk hati yang paling dalam untuk si rasa malas ini.

kita awlnya rajin, udah produktif banget di hari itu, disiplin banget, ntah kenapa tiba tiba di suatu hari kita jadi males ngapa-ngapain alias mager (males gerak).

itu kita biarin aja si rasa malas itu masuk begitu aja ke diri kita… yang awalnya udah di atas langit, jatuh langit ke palung laut. heheh

penyebabnya adalah :

1) GODAAN… !!!

iyya karena godaan lahh.. kita kadang kadang terjebak di zona nyaman kita. karena godaan, kita kadang – kadang mager..

godaan itu asalnya dari berbagai macam sumber yakni : notifikasi hp, ngegame, sosmed, tongkrongan dan lain sebagainya.

berdasarkan pengalaman admin nih ya,,, kalau sekali aja udah main main di dunia maya,, itu bakalan keasyikan.

karena terlalu lama keasyikan di dunia maya, jadi kecanduan.. karena udah kecanduan, hpnya terus aja dipelototin..

maunya ngerjain skripsi.. pas di tengah jalan.. notif masuk, ehh pandangan langsung teralihkan. apalagi mantan gebetan nginbox.. beee.. tambah nggak bisa konsen.

apalagi nih, mau nyari video tutorial yang berhubungan ama skripsi di youtube,, ehh malah video spoiler avenger infinity war muncul di hasil pencarian, buyar fokusnya buat nyari refrensi /video tutorial…

itulah yang namanya godaan….itu cuman segelintir contoh aja teman teman.. heheh

2) Nggak tahu mau ngapain besok…

nahh.. ini dia nih. kita nggak tahu mau ngapain besok. nggak ada arah, target dan kerjaan apa yang mau dilakkukan.

sehingga pemikiran/mindset “nggak tahu mau ngapain besok” ini sering banget yang menjebak kita di zona nyaman. akhirnya terlelap dalam godaan dan keasyikan di dunianya sendiri.

nggak ada target, apa aja yang mau dikerjakan besok, jadi trap / terjebak di tengah jalan.. dia bingung sendiri mau ngerjain apa. akhirnya semua kegiatannya difokuskan untuk sosmetan ria di dunia maya,atau main mobile legend ria seharian…

karena terlalu banyak ngabisi waktu buat ngerjain yang nggak ada manfaatnya, maka kita udah terjebak di zona nyaman, dijebak oleh godaan…

yaa.. karena itu, dia nggak tahu mau ngerjain apa besok. konsultasi skripsi nggak dijadwalin, progress skripsi nggak dijadwalin… jadinya bingung kapan mau dikerjain tuh skripsi

3) Nggak khusyuk saat sholat dan wudhu

sholat itu bisa mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. camkan baik baik…

malas itu juga salah satu perbuatan yang melanggar juga. orang males itu, temennya setan. hehe..

makanya dari sholat kita itu, kita minta perlindungan dari godaan syetan yang terkutuk. hehe

ustadz-ustadz di pengajian tuh kan sering bilang kalau perilaku kita dipengaruhi oleh sholat kita. kalau sholat kita bagus.. pasti efeknya ke perilaku kita sehari-hari..

coba teman-teman lihat.. nggak mungkin orang yang selalu jaga kualitas sholatnya, melakukan perbuatan yang dilarang oleh agama.

lihat aja rasul kita… telada sejati kita. nggak pernah tuh yang namanya ngelakuin perbuatan yang dilarang agama. selalu berbuat baik, ramah, penyayang, atitudenya baik sangat, bijaksana… itu pasti beliau selalu menjaga sholatnya dengan baik.

kalau pikiran udah sana kemari saat sholat… kita bakalan nggak tenang, gelisah melulu.. jadinya pas selesai sholat.. nggak ada efeknya ke perilaku kita selanjutnya.

nahh.. kalau kita pas sholatnya ngak maksimal, nggak fokus, pikiran ke mana-mana… nggak akan kita dapetin yang namnya energi positif.

nahh apa itu energi positif.. energi positif menurut admin adalah energi yang membuat kita selalu ingin berbuat baik dan melakukan yang terbaik. hehe..

kalau dalam istilah simplenya, energi positif itu = semangat baru untuk jalani kehidupan.

apa hubungannya nggak khusyuk sholat ama malas ? jawabannya adalah karena energi positif ini kita dapetinnya dari sholat… nahh kalau kita nggak bisa dapetin nih energi semaksimal mungkin.. hati kita nggak bakalan tenang… nggak damai,,, nggak ada sesuatu yang memacu kita… nggak ada yang buat kita semangat buat ngelanjutin yang namanya hidup.

kalau energi positif itu nggak bisa kita dapetin,, yahh nggak semangat dong buat hidup…

sama halnya kalau lagi ngerjain skripsi.. yaaaa kalau nggak ada energi positif ini, yahh kita nggak bakalan semangat buat nyelesaiin skripsi.

nggak ada sesuatu yang mendorong kita. tidak ada energi untuk melakukan yang terbaik bagi skripsi kita.

trus kenapa ada wudhunya juga.. ya iyya lah.. kalau wudhu kita nggak bener, yaa sholat kita nggak bener kualitasnya,,  jadinya nggak tenang kitanya…

inget ya, kualitas sholat kita itu dipengaruhi oleh kualitas wudhu kita.

4) Banyak judul, tapi minim aksi

ini merupakan masalah bagi setiap mahasiswa akhir dalam pengerjaan skripsi. saking banyaknya judul, nggak tahu mau ngambil yang mana..

jadinya terlalu lama kepoin internet buat nyari refrensi-refrensi untuk nentuin mana judul yang terbaik, gampang dan cepet lulusnya. heheh…

jadinya bingung, galau dan dilemaa… kalau udah kebanyakan judul, jadi nggak terarah pengerjaan skripsinya…

jadinya apa… jadinya malass buat ngerjain. selalu berusaha untuk menghindar agar bisa nenangin diri supaya bisa berpikir mana yang terbaik.

Lantas bagaimana cara kita mengatasi rasa malas khusunya pas mau ngerjain skripsi ?

1) batesin diri dari godaan-godaan 

cara mengatasi rasa malas saat mengerjakan skripsi

seperti yang admin sebutkan tadi.. kebanyakan godaan itu dari gadgetan, sosmed, gaming, youtub-an dan lain sebagainya atau admin kasi istilah “aplikasi godaan”.

pada dasarnya, semua yang disebutkan di atas itu juga ada positifnya juga. cuman kalau kelebihan (over dosis), dapat menjadi bahaya.

kalau udah overdosis, kita malah terjebak di zona nyaman. pengennya main itu terusss tanpa ngelihat jam/jadwal harian.

boleh boleh saja, teman-teman main.. cman dibatesin.

jadi gini, sebaiknya diatur semuanya.. misalnya kalau lagi ngerjain skripsi, semua notifikasi dari aplikasi sosmed, youtube, gaming itu dimatikan… fokus selesain skripsi.

kalau butuh refrensi dari internet, silahkan dibrowsing.. tapi harus bertekad jangan sekali kali buka aplikasi “godaan tersebut”.

teman-teman mesti sabar dan ditahan hawa nafsunya buat main aplikasi godaan tersebut.

Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat (QS. AL-Baqarah : 45)

tuhhh… di alquran saja, kita diminta buat bersabar. jadi, temen temen batasin diri untuk tidak bermain aplikasi godaan itu untuk sementara waktu aja dan bertekad untuk ngerjain skripsi.

2) Rencanakan dan petakan kegiatan yang akan dilaksanakan esok

cara mengatasi rasa malas saat mengerjakan skripsi

tadi kan admin udah bilang,,, males itu datangnya karena kita hilang arah, kita hilang tujuan, nggak tahu mau ngapain hari ini, bingung mau ngerjain apa.

maka sebelum temen-temen tidur malam… sisakan waktu sejenak untuk buat jadwal apa aja list todo / apa aja kerjaan yang mau dilakukan besok mulai dari bangun tidur sampai dengan tidur lagi.

misalkan besok rencana mau :

  • bangu jam 3.30
  • tahajjud jam 3.45
  • revisi bab 3 jam 4.00 – jam 4.45
  • sholat subuh di masjid agung jam 5.00 – 5.30
  • kajian subuh 5.30  – 6.00
  • olah raga jam 6.00 – 6.30
  • mandi pagi jam 6.30 – 7.00
  • lanjut revisi bab 3 dan bab 2 dari jam 7.00 – 9.00
  • print laporan jam 9.00 – 9.30
  • nyari dan konsul ke dosen jam 9.30 – 12.00
  • tidur siang jam 13.00 – 14.00
  • lanjut ngerjain skripsi 14.00 – 16.00
  • sosmed/mobile legend 16.00 – 17.30
  • mandi sore 17.30 – 18.00
  • ibadah ke masjid jam 18.00 – 20.00
  • lanjut skripsian   jam 20.00 – 21.30
  • tulis jadwal apa aja yang mau dikerjain besok 21.30 – 22.00
  • go sleeping dari jam 22.00 – 3.30

itu contohnya… yahh.. jadi temen temen mesti selalu lihat jadwal yang udah dibuat (bisa pake aplikasi atau notebook). dan jangan lupa untuk pasang alarm untuk mengingatkan kalau pekerjaan ini udah habis masa pengerjaannya…

temen temen harus bisa fokus di sini,, fokus ke jadwal yang udah dikerjain… kalau lagi konsul, jangan sekali kali main mobile legend.. harus fokus nyari dosen sampe ketemu, dan sampe bisa konsul.

kalau ternyata waktu pengerjaannya melebihi ekspektasi, misalnya kita luangkan waktu untuk konsul ke dosen selama 90 menit, tetapi hanya perlu waktu 60 menit. dan ada sisa 30 menit… temen temen harus pake sisa waktu 30 menit ini buat dzikir.. inget sama Allah.. Sang maha pemberi kemudahan dan rahmat dan nikmat. biar apa, biar nggak terlindungin dari godaan syaitan yang terkutuk heheh. beneran.

jadi temen teme mesti bertekad untuk fokus mengerjakan pekerjaan yang telah dijadwalkan itu.

jangan lupa yaa, untuk memulai setiap pekerjaan dengan basmalah agar apapun yang kita kerjakan bernilai ibadah men.

3) Niatkan ngerjain skripsi karena Allah ta’ala

Cara menghilangkan rasa malas saat mengerjakan skripsi

niatkan ketika menulis itu untuk kebutuhan akhirat teman-teman. jangan anggap karena skripsi itu hanya untuk urusan dunia saja, tapi pilang tidak kita bisa menyelesaikan studi, dapetin ijazah sehingga bisa membuat orang tua kita bahagia sekali.

niatkan untuk mengerjakan skripsi semata-mata karena Allah ta’ala agar bernilai ibadah. udah dapetin ijazah, skripsi udah kelar, orang bahagia, nggak bayar spp dapet pahala lagi… inget.. dunia ini sebagai ladang kita untuk mengumpulkan amal dan bekal menuju ke kehidupan di akhirat.

4) Paksakan diri and do action

Cara menghilangkan rasa malas saat mengerjakan skripsi

jadi kalau rasa malasnya temen temen dateng nih… mesti dipaksain tuh tubuhnya buat bergerak.

mesti langsung pada saat itu, paksain diri, keluarin energi dan gaya dorong untuk berpindah dari posisi itu ke posisi yang baru.

jadi misalkan nih temen temen lagi mager alias malas bergerak… pada saat itu juga, langsung bediri, paksain si tubuh buat misalnya pergi ke wc buat mandi atau, paksain buat lanjutin skripsi.

kalau kita tidak paksain diri dan tubuh ini, maka kita bakalan menjadi terlalu nikmat berada di zona nyaman.

ayooo… kesuksean itu berada di luar zona nyaman.. jadi raihlah dan genggamlah kesuksesan itu yang berada tepat beberapa langkah dari zona nyaman itu.

atau nggak misalnya, temen temen sulit nih bangun pagi… temen temen pasang alarm hp, terus taruh hpnya di tempat yang tidak bisa dijangkau.

nanti pas alarmnya nyala, tubuh kita terpacu untuk bergerak mematikan alarm itu, karena kalau nggak dimatikan… tentunya menggangu dan ribut banget.

nahh ilustrasi itu menggambarkan bahwa harus ada sesuatu yang membuat kita bisa bergerak dari zona tidak nyaman. jadi temen temen mesti memci tubuhnya dengan sesuatu yang bisa membuat tubuh terpicu untuk bergerak terus.

sama halnya dengan skripsi, temen temen mesti ada sesuatu yang bisa terus memicu teman teman buat ngerjain si skripsi. biasanya malas ngerjain skripsi itu karena kita nggak tahu mau nulis apa..mau pake kata kata apa di bab pendahuluan…

kalau dayak begitu, temen temen mesti paksain diri buat nulis semampunya bab bab skripsi itu… bila perlu lakukan copy paste kata-kata buat sub bab latar belakang. tapi inget, harus diparafrase dulu. sekedar copy, trus paste di ke sub bab latar belakang. itu merupakan hal termudah.

kalau kebanyakan judul, langusng pilih judul yang sesuai minat.. jangan dengerin apa kata orang. bias aorang bilang “itu judul terlalu mudah, nggak cocok dijadikan skrip”, yang B bilang “ehh itu judul sulit, nggak bakalan sanggup kamu buat ngerjainnya”, ynag C bilang “itu pasti bakalan ditolah dosen karena udah ada yang ngerjain”…

itu semua omong kosong teman-teman.. jangan dengerin  mereka.. cari judul dengan pengerjaan yang paling mudah dan nyaman untuk dikerjakan. jangan tertekan.. okee.. do action.. langsung kerjakan.. tulis topik dan judulnya.. langsung uraikan masalahnya.

5) Bayangkan betapa nikmatnya kalau udah jadi bab 1 – 5, udah sidang dan yudisium 

Cara menghilangkan rasa malas saat mengerjakan skripsi

kenpa mesti dibayangin, yaa supaya kita selalu termotivasi buat selesaiin kuliah. kalau sudah selesai sidang dan selesai yudisium.. rasanya freee…nggak perlu bayar spp lagi… bebeas dari tekanan-tekanan keluarga dan dosen

seolah olah kata yudisium itu berada deket banget di depan mata. tinggal berusaha sedikit lebih keras lagi untuk meraihnya..

nahh sekarang teman teman mesti paksain lagi dirinya buat ngeraihnya. fokuskan pikiran supaya bisa selesaikan kuliah di bulan ini, di tahun ini…

bila perlu di dalam doa, doanya jangan yang umum-umum… tapi lebih spesifik lagi.. misal “ya Allah, aku ingin yudisium bulan ini di tahun ini supaya nggak lagi bayar spp, supaya nggak lagi beratin oratu.. mudahkan lah”.. doakan diri kalian masing masing setiap saat. insha Allah pasti dijabah.

nahh kalau temen temen masih dan sedang akan mengerjakan skripsi, bayangkan betapa nikmatnya kalau udah jadi bab 1… jadinya termotivasi buat ngerjain bab 2

bayangkan betapa nikmatnya kalau sudah jadi bab 1 – bab 2, bakalan termotivasi lagi buat ngerjain dan selesaiin bab 3.

tadaaa.. akhirnya tiba buat maju buat seminar proposal alias sempro.

bayangkan betapa nikmatnya kalau sudah selesai seminar proposal, satu beban hidup telah berakhir, satu langkah lebih maju.. dan semakin termotivasi lagi buat ngerjain penelitian dan selesain bab 4

bayangkan betapa nikmatnya kalau sudah jadi bab 4, semakin termotivasi buat ngerjain bab 5.. akhirnya tiba saatnya buat seminar hasil atau ujia/n sidang skripsi.

pada akhirnya, temen temen pada lupa tuh yang namnya malas… malas untuk ngerjain skripsi, malas untuk bisa selesaiin kuliah. heheh

pokoknya temen temen harus punya pengelihatan jauh ke depan dengan membayangkan kenikmatan kenikmatan ketika kita sudah berhasil menyelesaikannya.. pasti bakalan bangga dan lebih termotivasi buat selesaikan tuh skripsi.

baca juga artikel admin yang lainnya yang ada hubungannya dengan artikel ini : cara ajaib menjadi produktif sepanjang hari

admin sendiri sekarang sedang berusaha untuk menyelsaikan nih skripsi. jadi mohon doanya ya buat kita semua yang sedang ngerjain skripsi supaya dimudahkan oleh-Nya.

okee.. mungkin hanya ini yang bisa admin bagikan kepada teman teman pembaca setia makeitaion, mohon maaf kalau ada kekurangan. jika ada kekurangan dari artikel ini, admin pasti langsung segera perbaiki dan sempurnakan.

oke.. sampai bertemu pada artikel lainnya tetap di makeitation.com

 

 

 

 

29 COMMENTS

  1. berawal dari cari digoogle apa yang membuat malas skripsi , saya merasa akhir2 ini pusing, mager, bingung , malas, ternyata artikel ini membantu saya. terimakasih . insyaAllah saya dan penulis artikel ini bisa lulus tahun 2020 ini yaa , semoga kita yg lagi ngerjain skripsi lancar dan semangat terus sampai menjalani sempro, semhas, pendadaran, yudisium dan wisuda !! amin

  2. Assallamualaikum. Terimakasih kawan semoga apa yg disamapaikan menjadi pahal yang mengantarkan saudara ke pintu surga. Alhamdulillah saya termotivasi melanjutkan skripsi saya yang banyak revisi 🙏

  3. Iseng2 brosing ngilangin rasa males yg keluar ini, pas banget emang ini pokok permasalahannya tengkuyu sedikit terdongkrak semangat nya semoga keterusan.. 😁🙏

LEAVE A REPLY