5 Tips Ampuh Menghadapi Ujian Seminar Skripsi

5 Tips Ampuh Menghadapi Ujian Seminar Skripsi

1395
3
SHARE

Assalamu’alaikum sahabat makeitationer ,,, sebelumnya saya pernah menulis postingan tentang peran wanita muslimah dalam peranan islam yang membahas tentang peran seorang wanita dan kali ini saya akan membahas mengenai tips untuk menghadapi ujian seminar skripsi, mungkin sekarang banyak teman-teman makeitation yang lagi nyusun skiripsi, atau ada juga yang sebntar lagi akan maju seminar, dan mungkin ada yang lagi menunggu tanda tangan sang pembimbing. Untuk menghindari yang namanya keringat bercucuran di depan, dag dig dug yang berlebihan kita juga harus punya usaha untuk menghindari semua itu.

Tentu kita semua pasti merasakan gugup saat sebelum masuk ruang sidang, dengan pengalaman yang pernah saya jalani, sebelum seminar malamnya tidak bisa tidur, kepikiran terus sama hari esok, nggak tau kenapa selalu memikirkan gimana rasanya duduk di kursi panas, gimana rasanya di uji sama dosen penguji yang waw super duper serem. Hehe

dan ya kini tibalah saatnya aku di uji dan duduk di kursi panas yang ternyata memang panas, ngerinya itu bukan bangku nya yang panas tapi hati yang panas,, cieee,,, wkwkwkw

nahhhh sekarang saya akan memberikan tips menghadapi itu semua kepada teman-teman makeitation, begini caranya:

1. Do’a

Pertama memang kita dianjurkan meminta restu kepada Sang pemilik jagat raya yaitu Allah SWT. Minta ampunlah kepada sang khalik dengan segenap kerendahan hati dan jiwa, karenan di dunia ini kita sosok yang tidak ada apa-apanya namun menginginkan yang terbaik. berdo’alah yang paling penting di sepertiga malam kita mengadu dan bersimpuh.

Kedua mintalah do’a restu kepada kedua orang tua terutama restu ibu, minta ma’af lah mungkin selama ini kita punya salah, bila perlu cium kaki ibu dan berkata “bu, bsok pagi anakmu akan ujian seminar skripsi, mohon doa restu” pasti ibu kita jawab “nakk ibu akan selalu mendoakan kesuksesan untukmu dan yang terbaik untuk mu.” . Nahh pasti setelah itu kita semangat lagi deh untuk memberikan yang terbaik dan melakukan yang terbaik dihadapan sang penguji. Tapi kalau kita sudah berkeluarga teruntuk Akhwat salihah mintalah restu kepada sang suami tercinta, karena dengan doa restu beliau kita akan selamat sejahtera.

Ketiga berwudhu lah sebelum masuk ujian seminar, karena InsyaAllah Allah akan menolong kita ketika kita dalam keadaan suci. Karena dengan berwudhu hati kita akan terasa tenang dan nyaman.

2. Be Pede !

Pertama berpakaian rapi dan bersih, karena ternyata sesuai dengan pengalaman penulis jika kita ingin tampil didepan umum dengan berpakaian rapi akan memicu rasa percaya diri yang sangat tinggi. Nahh silahkan di coba ya semoga gugupnya berkurang.

Kedua jangan lupa tersenyum, kalau suasana lagi degdegan usahakan ekspresi kita tetap dalam keadaan senyum, memang susah sih tapi nggak ada salahnya kita mencoba kan. Ya kan? Ya dong …

Ketiga ketika di depan penguji usahakan setiap pertanyaan dosen penguji kita jawab walau kadang nggak nyambung tapi jawab aja sesuai yang kita tau. InsyaAllah dosen pnguji akan mengerti dengan kekeurangan kita.

3. Menguasai materi

  • langkah pertama

Ini nih yang paling penting juga sahabat makeitation, kita juga perlu mempersiapkan materi yang akan kita persentasikan, persiapan nya harus dari jauh-jauh hari ya, jangan sampai nanti kita mempersiapkannya SKS (Sistem Kebut Semalam) jangan sampai melakukan SKS ya sahabat makeitation, karena bahaya banget kalau kita ditanya terus kita diam tanpa kata (kayak lagu aja , eaaa), kan nanti kita jadi tersipu malu. Yang nanggung rasa malu kita juga kan, bukan orang lain, ehh ya iya lah masak ya iya dong. ! Ehhh …

  • langkah kedua

Usahakan cicil lah materi-materi yang akan kita persentasikan, jangan lupa catat bagian-bagian terpentingnya, intinya saja jangan terlalu panjang supaya mudah di ingat. Semisal nih kita mengambil metode yang kita gunakan untuk menyelesaikan masalah, ya kita harus tahu langkah-langkah dari metode yang kita gunakan.

4. Latihan persentasi

kadang sebagian orang menyepelekan hal ini, tapi latihan juga berdampak baik bagi kita lohhh, nggak percaya? coba aja buktikan, nanti ketika kita telah melakukan latihan dan sudah di depan penguji, mungkin saja para penguji juga menanyakan pertanyaan yang ditanyakan oleh kawan kita, nahh tinggal kita jawab deh kan sudah latihan. Tapi saya akui memang kadang berbeda rasanya ketika di depan penguji sama di depan kawan kita, tapi apa salah nya kita usaha, karena setiap usaha yang kita lakukan karena Allah SWT. Pasti akan membuahkan hasil yang tidak kita sangka-sangka. Dicoba aja.

5. Puasa Sunah (Senin-Kamis, Daud)

Sesuai dengan pengalaman saya, puasa sunah pada saat seminar skripsi ialah ide yang sangat bagus, kita jadi merasa tenang, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan penguji dengan santai (walau kadang tidak nyambung jawabannya, hehe) tapi yakinlah, seseorang yang meminta bantuan dengan cara ini InsyaAallah Allah akan meringankan beban terberat dalam hidup, nggak percaya? Coba aja. Semoga berhasil ya. Amiin…

MAKE IT ACTION !

Selamat mencoba tips dari kami, setidaknya kita telah mempersiapkan dengan matang usaha kita untuk maju seminar skripsi, hasilnya serahkan sama Allah SWT. seperti kata kebanyakan orang setiap usaha tidak akan pernah menghianati hasil. so tunggu apa lagi, bagi teman-teman yang lagi mempersiapkan maju seminar. ini adalah solusi yang tepat untuk anda.

okay mungkin sekian dari saya sahabat makeitation, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan langsung di praktikkan ,, Semoga Allah SWT selalu menolong hambanya yang bersabar dalam menghadapi ujian. Jika ada tutur kata yang salah dan tidak mengenakkan mohon dimaafkan. Sekian dan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warormatullahhiwabarakatuh.. jangan lupa tersnyum 🙂

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY