7 Bakat Kepemimpinan yang Tidak Kita Sadari dan Ada pada Diri Kita

7 Bakat Kepemimpinan yang Tidak Kita Sadari dan Ada pada Diri Kita

2859
2
SHARE
Captain America Pemimpin

Heylo Makeitationer, apakah kamu tau artinya “Pemimpin” ? Semua hal yang kita lakukan ternyata pasti ada pemimpinnya loh, karena kepemimpin dimulai dari kemauan dan bergerak. Ketika kamu ingin makan, maka kamu akan menggerakkan badanmu untuk mengambil makanan hingga proses memakannya. Hal itu merupakan contoh kepemimpinan kita terhadap tubuh kita dan menunjukkan bakat kepemimpinan kita.

Padahal setiap hari kita selalu menjadi pemimpin, baik untuk diri kita dan mungkin untuk orang lain. Mungkin secara sadar ataupun tidak kita sadari. Lalu mengapa terkadang diri kita mengatakan tidak punya pengalaman? Padahal tanpa latihan kita ternyata sudah punya pengalaman untuk memimpin, kalau kita masih bisa hidup dan membaca tulisan ini berarti kamu berhasil memimpin dirimu sendiri, Berikut bakat pemimpin yang dimiliki oleh diri kita:

1. Pemenang

Pemenang

Setiap manusia adalah pemenang, bukti kita masih bisa hidup hingga sekarang adalah bukti kita menang. Mengalahkan ribuan sel sperma yang memperebutkan kehidupan, mengalahkan orang lain ketika memperebutkan pendidikan, dan hal-hal lainnya. Bakat menjadi pemenang inilah yang bisa menjadikan pemimpin membawa orang yang dipimpin bersamanya untuk menang dan mencapai tujuannya.

2. Cerdas

Kecerdasan

Semua manusia mempunyai kecerdasan, sejak lahir hingga tumbuh tua. Kecerdasan ini merupakan karunia Allah SWT. yang tidak ternilai. Kecerdasan kita telah membuat kita mampu mempelajari, memahami, menentukan, dan membuat banyak hal. Bakat ini dibutuhkan untuk menjadi pemimpin, kecerdasan akan menentukan langkah dan keputusan yang terbaik untuk mencapai tujuan.

3. Berperasaan

Perasaan

Memiliki perasaan adalah salah satu kriteria pemimpin yang dibutuhkan. Hal ini karena tanpa perasaan, maka tujuan yang akan dicapai akan ditempuh dengan menghalalkan berbagai cara. Perasaan juga dibutuhkan untuk memahami sesama sehingga tidak ada yang tersakiti satu sama lainnya.

4. Sosial

Sosial

Manusia tidak bisa hidup sendiri, bahkan asal usul manusia dari Nabi Adam pun tidak kuasa menahan kesendirian. Sehingga Allah SWT. menciptakan Hawa, disinilah bukti manusia adalah makhluk sosial, ingin berinteraksi satu sama lain. Bayangkan kalau ada pemimpin tidak pernah berinteraksi dengan satu sama lainnya, kan jadi susah.

5. Niat

Niat

Kok niat jadi bakat sih? Jawabannya, karena ini adalah sesuatu yang dimiliki di dalam diri manusia, keinginan merupakan bakat yang luar biasa. Bayangkan kalau kita tidak ada niat, pasti kita sudah tidak hidup di dunia ini, sudah nggak punya niat hidup. Niat merupakan suatu yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin. Ketika pemimpin tidak ada niat maka dia tidak punya alasan untuk menjadi pemimpin.

6. Berkuasa

Kekuasaan

Semua manusia memiliki kekuasaan minimal atas dirinya sendiri. Bakat ini juga sesuatu yang sering tidak disadari oleh diri kita. Bayangkan kalau kita tidak memiliki kekuasaan, maka siapa yang menggerakkan tangan dan kaki kita? Begitu juga hal lainnya, kekayaan kita, atau pengaruh kita terhadap orang lain.

7. Sadar

Kesadaran

Ini adalah bakat yang paling sering dilupakan, yaitu kesadaran yang membuat kita menjadi lebih baik lagi. Kesadaran juga harus dimiliki oleh pemimpin, ketika mereka berbuat salah mereka akan memperbaikinya. Kesadaran adalah hal yang menjadikan kita manusia seutuhnya, karena tanpa ini pemimpin akan hampa. Mengejar sesuatu tanpa menyadari apa yang sebenarnya ia kejar tersebut.

MAKE IT ACTION

Jadi Makeitationer, buatlah semacam indeks nilai bakat dari 7 hal diatas, dari 1-10 sudah sejauh apa bakatmu ini telah kamu kuasai. Tentunya setiap orang memiliki indeks bakat yang berbeda karena lingkungan dan faktor genetik, hal ini yang menjadikan setiap bakat dikatakan berbeda. Kenyataannya bakat itu ada, namun belum dikembangkan dengan cara yang tepat. Menjadi pemimpin bukan masalah karena kita memilihnya atau tidak, tetapi kenyataannya kita memiliki bakat menjadi pemimpin membuat kita tidak punya pilihan.

Coba baca juga 7 Langkah super Menjadi Sukses seperti Mohamed Salah

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY