7 Film Buat Stimulasi Temuin Passion Lo

7 Film Buat Stimulasi Temuin Passion Lo

2075
1
SHARE
7 film yang buat lo pingin punya passion

Halo Makeitationers!

Di artikel-artikel sebelumnya, gue selalu ngebahas tema gimana cara mencapai kesuksesan yang gue selalu bumbuhi dengan real story dari orang-orang berpengaruh di dunia ini. Gue suka banget mencari tau gimana sih orang-orang tersebut bisa sukses dengan apa yang disukanya. Media belajar gue dalam hal ini adalah film.

Gue selalu jatuh cinta dengan film-film yang menceritakan bagaimana orang-orang sukses berhasil mencapai kesuksesan besarnya dengan bermodalkan passion-nya. Gue sukanya belajar dari film-film karena memang belajarnya interaktif banget. Visualisasi dan audionya jelas banget yang rasanya kita seperti masuk ke dalam dunia mereka. Ilmu dan emosinya terlihat lebih real daripada media lain menurut gue. Dan pada akhirnya akan selalu menginspirasi dan memotivasi gue.

Nah! Dalam kesempatan kali ini, gue akan nge-share ke lo 7 film-film yang menginspirasi dan memotivasi ala Makeitation.com. Let’s check it out!

*

1. Genius: Albert Einstein (Season 1)

film yang buat lo kepo dengan passion lo

Film ini merupakan true story-nya Albert Einstein. Film ini menceritakan Einstein yang tengah memperjuangkan pemikirannya yang sangat berbeda dari kebanyakan orang-orang di jamannya. Dia berpikir bahwa ada kesalahan dalam teorinya Newton yang umurnya mencapai 200 tahun dengan mengatakan, “Waktu itu absolut.”, sedangkan Einstein berpikir sebaliknya.

Dalam perjalanan menemukan jawaban untuk membuktikan bahwa pemirikirannya itu benar, ada banyak lika-liku terjadi. Mulia dari orangtuanya yang menginginkan dia menjadi seorang engineer, kisah cintanya yang kompleks, sampai dengan cercaan dan celaan dari banyak orang tentang idenya yang gila itu.

 

2. The Imitation Game

film yang buat lo kepo dengan passion lo

Film ini merukapan true story, yaitu kisah hidupnya Alan Turing di jaman perang dunia kedua. Turing merupakan seorang matematikawan yang ditugaskan oleh negaranya, yaitu Inggris, untuk memecahkan mesin kode dari mesin yang dinamai “Enigma”, dimana mesin ini digunakan oleh musuh negaranya, Jerman.

Kehidupan Turing sangat individual dan penuh dengan passion terhadap sesuatu yang sifatnya “puzzling” atau teka-teki. Saat ditugaskan untuk memecahkan Enigma di pabrik radio Bletchly, dia disatukan dalam tim, dan ini merupakan hal yang sangat kontradiksi banget dengan dirinya. Tapi dia mulai disadarkan oleh keadaan bahwa passion-nya membuatnya bertahan walaupun dia harus berkerja dalam tim yang bukan Turing banget.

 

3. Jobs

film yang buat lo kepo dengan passion lo

Kisah nyata dari Steve Jobs, penggagas sekaligus pendiri Apple Inc. Jobs merupakan orang yang paling inovatif dalam menciptakan sesuatu yang baru. Dia sangat mencintai keindahan karena memang lulusan dari jurusan seni gitu. Dia selalu memadupadankan kecanggihan alat yang dirancang dengan sentuhan keindahan yang dia miliki.

Bersama Steve Wozniac dan teman-teman lainnya, dia merintis perusahaan Apple-nya dari garasi dirumah Ayahnya sendiri. Dengan passion dan mimpi untuk mengubah dunia, bahwa komputer akan terkenal pada akhirnya, mereka berhasil membuat perusahaan Apple-nya besar hingga saat ini. Dan bahkan menjadi salah satu perusahaan yang paling berharga didunia.

 

4. The Theory of Everything

film yang buat lo kepo dengan passion lo

Kisah nyata dari Stephen Hawking, yaitu seorang matematikawan + fisikawan  yang didiagnosa terkena penyakit Sklerosis lateral amiotrofik, yaitu penyakit degenarasi fungsi otot, hingga akhirnya menyebabkan kelumpuhan. Dalam perjalan mengejarkan passion-nya di Cambridge University, dia mencoba mencari tau tentang bagaimana alam semesta ini tercipta, yaitu melalui thesis-nya.

Keadaan yang begitu sulit Stephen hadapi, didalam upayanya menyelesaikan thesis-nya dia malah terkena penyakit degenerasi otot itu. Akan tetapi, dia nggak menyerah begitu saja karena penyakit yang dideritanya. Dia tetap teguh dengan passion-nya untuk menjadi  seorang berhasil menemukan bagaimana alam semesta ini tercipta.

 

5. The Hundred – Foot Journey

film yang buat lo kepo dengan passion lo

Film menceritakan seorang chef dari India yang berimigrasi ke Perancis. Namanya adalah Hassan, bersama keluarga yang akhirnya tinggal di kota kecil, Perancis karena mobil mereka yang blong saat perjalanan mereka menuju ke Paris. Bapaknya Hassan, Om Puri yang memutuskan membeli rumah di desa kecil sekaligus dijadikannya restaurant makanan khas India.

Keoptimisan Om Puri bahwa makanan khas India akan disukai oleh orang daerah tersebut membuat Hassan mau memasak. Dalam perjalanan, dia akhirnya menjadi seorang koki yang benar-benar terkenal di Perancis. Ini karena keuletaan dan cepatnya dia mempelajari resep terbaru makanan yang dia pertama kali lihat.

 

6. Long Walk to Freedom

film yang buat lo kepo dengan passion lo

Siapa yang nggak kenal Nelson Mandela? Kebangetan kalo lo nggak tau! Dia merupakan seorang presiden Afrika Selatan (1994-1999) yang menginspirasi warga dunia tentang rasis (terutama perbedaan warna kulit). Di jaman Nelson, ras kulit putih memegangkan kuasa atas Afrika Selatan. Hal ini membuat Nelson bertanya-tanya, kenapa kita sepertinya dibuat babu di negara sendiri. Akhirnya, Nelson membentuk kelompok yang anti-pemerintah karena memang pemerintahannya disaat itu sangat dirasa nggak adil banget antara kulit putih dan hitam.

Dalam perjalanannya, banyak rintangan yang Nelson hadapi bersama kelompoknya. Dia juga pernah diasingkan sekitar 21 tahun karena jelas-jelas dia membahayakan pemerintahan saat itu. Tapi dia nggak menyerah, passion-nya terhadap kebebasaan bahwa rasis itu harus dihapuskan membuatnya berhasil meruntuhkan kekuasaan yang nggak adil saat itu.

 

 7. The Billionaire

film yang buat lo kepo dengan passion lo

Ini merupakan film yang menceritakan seorang pemuda Thailand yang mencoba merintis kesuksesannya dibidang entrepreneurship (kewirausahaan). Nama panggilannya Top. Dia memulai bisnisnya dari jual item-item di online game yang pada akhirnya semua akunnya dibanned karena tindakan komersialisasinya. Kemudian bisnis kacang yang juga berakhir bangkut.

Dalam perjalanan mencapai kesuksesannya, Top merupakan orang yang sangat malas dengan yang namanya belajar formal karena memang passion-nya itu berbisnis. Orangtuanya selalu memarahi top yang kerana tingkah lakunya. Ada titik dimana Top harus hidup mandiri karena orangtuanya harus pindah karena banyak hutang, dan akhrinya tinggal bersama paman. Disaat itu, dia mencari ide bisnis yang dapat membuatnya sukses, dan ternyata itu bisnis keripik rumput laut.

Baca juga :

**

Make It Action!

Ada banyak cara belajar menemukan passion lo sebenernya, tinggal lo tentuin aja yang mana cara yang cocok buat lo. Dan jika menonton juga menjadi cara belajar lo yang seperti gue lakuin, lo bisa download tujuh film diatas sekaligus buat nemuin yang mana sih passion lo yang sebenernya. Happy watching and learning!

***

Wassalam!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY