7 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Tes TOEFL Prediction di Pusat Bahasa...

7 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Tes TOEFL Prediction di Pusat Bahasa UNRAM

4910
2
SHARE
IRON MAN NYESEL TOEFL

Heylo Makeitationer, berjumpa lagi dengan saya, gimana kabarnya? Semoga sehat selalu karena sehat itu hal yang sangat mahal. Pernahkah kamu mengikuti test TOEFL Prediction di Pusat Bahasa UNRAM?

Pusat Bahasa UNRAM menyediakan pelatihan bahasa asing untuk menunjang tugas pokok universitas dalam bidang pelayanan, pembinaan dan pengembangan kemampuan berbahasa asing bagi civitas akademika UNRAM serta kebutuhan masyarakat umum. Pusat Bahasa Unram melakukan kerjasama dengan RUILI (Regional Universities for Indonesian Language Iniciative) sampai tahun 2019. Layanan yang dilakukan saat ini, antara lain pelatihan guru-guru bahasa Inggris, BIPA, tes penempatan, pelatihan TOEFL dan IELTS. (1) 

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika kamu melakukan tes TOEFL Prediction di Pusat Bahasa UNRAM, yaitu:

1. Jadwal dan Biaya Pendaftaran

Pendaftaran tes TOEFL Prediction di Pusat Bahasa UNRAM dilaksanakan pada setiap hari senin-kamis dengan biaya Rp 25.000,- untuk Civitas UNRAM, sedangkan selain Civitas UNRAM (Umum) biayanya adalah sebesar Rp. 60.000,- (2)

Jadwal

Syaratnya anda harus mengisi formulir yang harus diisi dengan cara melingkari menggunakan pensil 2B. Tenang saja pensil 2Bnya sudah disediakan di ruang administrasi pendaftaran, jadi ketika mendaftar anda hanya harus menyediakan fotocopy ID Card, Foto 4×6, dan uang tentunya.

2. Waktu Pelaksanaan

Pelaksanaan testnya dilakukaan pada hari sabtu setelah kita mendaftar di rentang antara senin sampai kamis pada minggu itu.Ada dua kloter pada hari sabtu yaitu, pada jam pagi dari jam 08.00-10.25 WITA, dan jam siang dari jam 11.00 – 13.25 WITA.

Test

Kamu harus 15 menit sudah berada di lokasi sebelum test dimulai dan kalau terlambat kamu tidak boleh mengikuti test. Lebih detailnya nanti kamu bisa lihat informasi mengenai 30 Menit Free Time.

 3. RUANGAN

Ketika hari pelaksanaan test, kamu bisa cek pada Daftar Peserta Test TOEFL Prediction yang ditempel didepan ruang administrasi. Tepatnya tempat kamu mendaftar test untuk mengetahui kamu berada di ruangan mana.

PUSAT BAHASA UNRAM Fasilitas yang diberikan ialah ruangan yang nyaman (tidak panas), sound (untuk listening section), dan ada pensil cadangan di dekat tempat spidol . Note : (Pensil cadangan cuman satu dan belum tentu ada jadi sebaiknya siapkan sendiri)

4. Perlengkapan yang Harus Dibawa

Kamu harus membawa kertas bukti pendaftar yang kamu dapatkan langsung setelah mendaftar test.Selanjutnya kamu juga harus membawa pensil 2B, pulpen, penghapus, peraut pensil, dan kartu indentitas.

Mengerjakan

Terus seandainya kamu lupa membawa perlengkapan harus bagaimana ? Untuk ID card hukumnya wajib, seandainya pun diproses minimal membawa bukti prosesnya. Kemudian untuk yang lainnya kamu bisa cek keuntungan dari 30 Menit Free Time.

5. 30 Menit Free Time

Selama kamu tidak terlambat terlalu lama dari jam yang ditentukan, belum memasuki waktu listening section, dan pengawas masih ada didalam ruangan (karena pengawas bakal keluar buat ngambil soal sesuai dengan jumlah peserta yang hadir) kamu masih bisa mengikuti test. Sebenarnya pelaksanaan Testnya adalah 30 menit setelah waktu pelaksanaan yang tertulis.Misalnya kita ambil jam siang, dimana dimulai pada jam 11.00 WITA, pada kenyataannya test dimulai pukul 11.30 WITA dengan Listening Section, begini urutannya :

  • 00-11.30 WITA (Prepare Time) saya sebut dengan FREE TIME
  • 30-12.05 WITA (Listening Comprehension)
  • 05-12.30 WITA (Structure and Written Expression)
  • 30-13.25 WITA (Reading Comprehension)

Pada waktu FREE TIME, kamu bisa memanfaatkan waktumu untuk prepare yang belum kamu siapkan.Misalnya kamu belum meraut pensilmu, atau kalau kamu tidak punya penghapus, kamu bisa melakukan negosiasi dengan peserta lainnya untuk berbagi perlengkapan sebelum test sebenarnya dimulai.Kamu juga bisa keluar ruangan untuk buang air kecil dan lainnya, karena setelah memasuki waktu listening hingga reading kamu tidak boleh keluar ruangan kecuali waktunya sudah selesai, walaupun kamu sudah selesai.

6. Becarefull !! Serangan Semut

Satu ini tidak bisa kamu alami dan kebetulan ini saya alami, karena tidak semuanya mempunyai kondisi yang sama hingga memunculkan event ini. Ketika itu saya menyimpan makanan (Roti) di dalam tas saya, dan sedikit terbuka resleting tasnya.Ketika test berlangsung, semua tas harus ada di depan dan hanya perlengkapan yang dibutuhkan saja yang kamu bisa bawa ke tempat mejamu.

PB UNRAM

Selama waktu test berlangsung semut-semut kecil berwarna merah menyerbu tas saya dan mengeksporasinya untuk mengambil roti yang saya masukkan ke dalam tast. Setelah test selesai, saya terkejut karena tas saya penuh dengan semut merah, dan saya jadi kualahan karenanya. So, jangan taroh makanan di tas, atau buat serapat mungkin resletingnya.

7. Pengawas yang Galak

Nama kamu akan dipanggil ketika memasuki ruangan, dan tempat dudukmu sudah disiapkan berdasarkan format daftar peserta. Ketika memasuki ruangan kamu harus menaruh tasmu didepan dan hanya membawa kartu identitas, form peserta, dan perlengkapan menulis. Handphone juga ditaruh didepan atas meja dan harus dalam keadaan mati, kalau tidak maka pengawas yang galak akan mengancammu begini.

Pengawas

“Kenapa HPnya masih bergetar, matikan HPnya, mau kita mulai minggu depan aja? Hah?! Cepat kumpulkan dan matikan HPnya”

Ancaman yang cukup mengerikan tetapi sedikit tidak logis untuk menunda test minggu depan karena kami sudah membayar dan mempunyai hak mengikuti test. Seandainya pun terjadi pelanggaran seharusnya hanya yang bersangkutan saja diberi sanksi bukan semuanya karena yang mengikuti test ini ada juga bapak-bapak dan ibu-ibu, tidak hanya peserta muda yang takut diancam.Walaupun agak kesal karena HP pengawasnya sendiri hidup, dan berbunyi ketika test berlangsung, untung saja bukan ketika listening section.

MAKE IT ACTION

Jadi Makeitationer, kamu harus mempersiapkan dirimu untuk melakukan sesuatu, baik mengenai informasi, tips, dan juga trik yang ada selama berada pada koridor yang benar. Orang yang belajar lebih lama belum tentu lebih baik dibandingkan orang yang belajar lebih sebentar. Mengetahui informasi, tips, dan trik akan memberikan kamu keunggulan dalam menguasai sesuatu, jadi bukan berapa lama waktu yang kamu gunakan tapi seefisien apa kamu menggunakan waktumu.

Daftar Pustaka :

(1)https://unram.ac.id/pusat-bahasa/

(2)https://www.facebook.com/pusatbahasaunram/ 

Lihat juga 7 hal yang bisa kamu temui ketika magang di LIPI

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY