7 Langkah Membuat Presentasimu Menjadi Keren dan Dilirik Orang

7 Langkah Membuat Presentasimu Menjadi Keren dan Dilirik Orang

1117
2
SHARE
Ironman Presentasi Masih Baca

Heylo Makeitationer, berjumpa lagi dengan saya, gimana kabarnya? Semoga sehat selalu karena sehat itu hal yang sangat mahal. Bagaimana perasaanmu ketika kamu presentasi di depan panggung? Apakah kamu puas dengan presentasi tersebut?

Presentasi merupakan salah satu public speaking yang menggunakan suatu media visual. Tujuannya antara lain untuk mengajukan, membujuk, memberi informasi, atau meyakinkan. Akan tetapi, sering kali kita melihat presenter (orang yang presentasi) tidak mempunyai niat untuk mencapai tujuan dari presentasi itu sendiri. Hal itu dikarenakan presentasi yang sangat membosankan, seperti hanya sekedar membaca.

Presentasi yang baik bergantung pada kemampuan presenter yang membawakan dan mempersiapkan presentasinya. Berikut beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk menjadi presenter yang baik tersebut

1. 5W + 1H

Sebelum memulai persiapan pada presentasimu, kamu harus bertanya pada dirimu sendiri dengan format 5W + 1H. Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang harus anda jawab :

5W+1H

  1. (What) Apa tujuan dan topik presentasi kamu?
  2. (Why) Mengapa kau harus membawa topik tersebut?
  3. (Who) Siapa audiens kamu ketika presentasi?
  4. (When) Kapan kamu akan melakukan presentasi?
  5. (Where) Dimana kamu presentasi?
  6. (How) Bagaimana caranya tujuanmu bisa tercapai?

Setelah kamu menjawab pertanyaan tersebut kamu bisa menganalisa kebutuhanmu untuk presentasi, baik apa saja yang akan kamu tampilkan pada presentasimu, dan juga bagaimana caramu menyampaikannya.

2. Membuat Media Visual yang Menarik

Ada banyak media visual yang bisa digunakan, namun yang paling banyak digunakan adalah power point. Slide yang anda tampilkan haruslah menarik, karena audiens tidak akan memperhatikan slide yang tampak biasa. Hal itu berupa tampilan warna yang menarik, animasi, gambar, diagram, dan lainnya.

Slide

Hindari hal-hal berikut :

  • Tulisan yang padat dan banyak tiap slide (±8 baris),
  • Jumlah slide yang terlalu banyak (±15 slide),
  • Animasi atau gambar tidak sesuai topik,
  • Terlalu banyak warna (konsisten).

Pastikan juga kamu membuat slidenya tidak terlalu mepet dengan jadwal kamu presentasi, sehingga kamu bisa berlatih. Lebih baik kamu mempersiapkan presentasinya satu minggu, atau paling telat tiga hari sebelum jadwalnya.

3. Berlatihlah

Berlatih sendiri dengan berbicara dan melihat penampilan kamu dicermin, atau meminta bantuan orang lain untuk menjadi audiens. Lebih baik meminta tolong orang lain sehingga mereka bisa menilai dan menguji pemahamanmu. Hal yang perlu kamu latih adalah bagaimana cara kamu menyampaikan dengan efektif dan efisien.

berlatih

Kamu tidak boleh terlalu lama, normalnya waktu efektif adalah 15 menit, jadi jangan lebih dari waktu itu. Kemudian latihlah agar tubuh kamu tidak kaku (mata, tangan, kaki, posisi badan), dan permainan intonasi suara. Lakukan terus hingga kamu bisa mengusai hal-hal tersebut, minimal kamu sudah mencobanya dua kali.

4. Berpenampilan Menarik

 

Berpenampilan Menarik

Pakailah pakaian yang rapi dan formal, tata rambut dengan rapi, senyumlah, dan jaga postur tubuh supaya tegap. Seluruh penampilan kamu harus diperhatikan karena audiens lebih betah melihat kamu jika rapi dan tampan/cantik daripada berpenampilan jelek.

5. Menyampaikan Perasaan kepada Audiens

Salah satu yang sering dilupakan adalah bagian awal ini ketika presentasi. Ucapan terimakasih kepada Allah SWT, dan juga audiens jangan dilupakan. Hal ini bisa menunjukan jati diri kita didepan audiens, selain itu hal ini juga untuk memberikan apresiasi kepada audiens.

Terimakasih

Ketika menyampaikan perasaanmu, matamu harus berinterakasi langsung dengan audiens yang dimaksud. Sehingga diawal presentasi kamu sudah memulai interkasi dan menarik audiens untuk menyimak kamu dan lebih rileks. Berkat adanya audienslah kamu bisa berdiri di panggung dan melakukan presentasi.

6. Buatlah Audiens Melihatmu

Tujuanmu adalah untuk menyampaikan pesanmu ke audiens. Oleh sebab itu, kamu harus diperhatikan, kamu adalah karakter utama ketika kamu di panggung (di depan audiens). Panggung itu milikmu, buatlah mereka melihatmu, dan pandangan mereka hanya tertuju padamu.

Lihatlah aku

Ingat latihan yang telah kamu lakukan, buatlah mereka terpikat dengan penampilan presentasimu. Buatlah mereka berharap untuk melihat penampilanmu lagi yang berikutnya.

7. Jawab Pertanyaan dengan Tepat

Ini merupakan bagian sesi tanya jawab dengan audiens. Kamu tentunya harus sudah menguasai materinya ketika berlatih. Mengapa perlu memberikan jawaban yang tepat, karena biasanya ketika presenter ditanya, mereka sering menjawab terlalu melebar.

yes or noJika kamu bisa menjawab singkat dengan ya dan tidak, dan cukup untuk menjawab pertanyaan audines, maka itu sudah cukup. Kamu tidak perlu terlalu panjang menjelaskan sehingga kadang pointnya buram, jawabanmu harus tepat sesuai dengan kebutuhan audiens.

MAKE IT ACTION

Jadi Makeitationer, ingat presentasi merupakan salah satu cara komunikasi dengan orang banyak, artinya kamu berbicara dengan orang lain bukan berbicara sendiri. Kamu harus bisa mendapatkan perhatian mereka, mulailah melatih kemampuan public speaking kamu. Hal ini karena berbicara di depan umum tidak mudah, harus memiliki tekad dan rasa percaya diri yang kuat.

 

Daftar Pustaka :

www.wikipedia.com

Lihat juga 7 hal yang bisa kamu temui ketika Test TOEFL Prediction di Pusat Bahasa UNRAM

Artikel dengan tema tips presentasi dengan kelompok akan diterbitkan pada tanggal 16 Mei 2018, dan presentasi untuk memenangkan lomba pada tanggal 19 Mei 2018. Tetap simak artikel makeitation.com

 

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY