7 Step Membentuk Tim Presentasi yang Luar Biasa

7 Step Membentuk Tim Presentasi yang Luar Biasa

903
1
SHARE
Kelompok Persentasi

Heylo Makeitationer, berjumpa lagi dengan saya, gimana kabarnya? Semoga sehat selalu karena sehat itu hal yang sangat mahal. Bagaimana perasaanmu ketika kamu persentasi bersama kelompokmu? Kamu harus membaca 7 langkah membuat presentasi menarik untuk personal, sehingga pemahaman dan kualitasmu dalam kemampuan presentasi personal juga meningkat.

Ketika kamu sudah menjadi individu yang berkualitas dalam presentasi, kamu perlu meningkatkan kemampuan manajemen organisasi khususnya dalam presentasi. Tim presentasi yang baik adalah tim yang sinergis, artinya saling terhubung dan mendukung satu sama lain. Berbeda dengan sendiri, ketika mempunyai tim maka presentasi akan lebih mudah dan kamu juga semakin baik dalam menguasai presentasimu. Berikut beberapa step yang harus kamu lakukan untuk membentuk tim yang baik tersebut :

1. Pemimpin

Pemimpin harus ada pada tim, karena untuk menghubungkan individu satu dengan lainnya perlu seseorang yang mengaturnya. Sosok pemimpin haruslah mengerti setiap kemampuan individu dalam timnya, dan setelah itu dia juga wajib memutuskan permasalahan. Kamulah pemimpinnya, ketika pengalaman kamu dalam presentasi lebih baik.

pemimpin persentasi

Kamu harus percaya diri dengan keputusanmu, ingatlah baik-baik pengalamanmu ketika presentasi. Kamu meyakini keputusan yang kamu ambil selain dari pandangan anggota juga dari pengalaman kamu presentasi.

2. Pembagian Job

Banyak pada kasus presentasi kelompok ketika mereka berdiri di depan panggung presentasi, hanya beberapa saja yang presentasi bahkan hanya satu orang. Setiap individu pada tim harus mempunyai bagian yang akan mereka bawakan ketika presentasi.

Membagi Job Persentasi

Sehingga setelah pembagian part pada presentasi, mereka juga yang harus membuat slide presentasi mereka sendiri. Hal ini agar tiap individu memahami topik yang mereka bawakan, dan mereka lebih nyaman membawakan sesuatu yang mereka buat sendiri. Setelah bagian mereka selesai, kumpulkan jadi satu dan edit presentasi tersebut agar terlihat menarik. Pastikan pembagian job ini dilakukan dijauh hari sebelum presentasi, sehingga kamu bisa mengumpulkan slide dan membuatnya menarik.

3. Berlatih Menjadi Tim

Berlatih Tim Persentasi

Berlatihlah dengan membagi waktu yang efisien untuk setiap orang. Ingat pada artikel sebelumnya bahwa waktumu hanya 15 menit, cukup point penting saja yang kamu tampilkan pada peserta. Biarkan temanmu yang lain untuk memberikan penilaian pada setiap penampilanmu, dan sebaliknya kamu juga menilai mereka dan memberikan saran.

4.Dress Code

Dress Code Persentasi

Dress Code sangatlah penting untuk menampilkan kekompakan timmu ketika didepan panggung dengan penampilan fisik. Gunakanlah pakaian yang sama, misal berwarna sama, corak sama, atau lainnya. Langkah ini bisa membuat audiens penasaran dengan kekompakanmu, dan menambah ketertarikan pada pakaian kamu.

5. Mulai dengan Sesuatu yang Unik

Lakukanlah sesuatu yang unik ketika kamu didepan panggung, ingat kamu tidak sendiri. Kamu bisa memanfaatkan kebersamaanmu sebagai tim untuk memunculkan sesuatu yang unik sehingga audiens akan melirik padamu di awal hingga akhir. Misalnya ketika pembukaan kamu bisa membukanya bersama secara serentak, atau meneriakkan yel-yel yang berhubungan dengan topikmu.

Persentasi Unik

Hal ini untuk memberikan semangat pada audiens di awal kamu presentasi, dan juga rasa penasaran dengan presentasimu. Sehingga muncul dibenak audiens “Kira-kira penampilan selanjutnya apa lagi ya?”, dan membuat mereka menanti penampilanmu selanjutnya di panggung.

6. Tunjukkan Kekompakan Tim

Jangan serakah ketika kamu berada dipanggung, semua harus terlihat menonjol bukan hanya kamu. Sehingga setiap kekurangan pada timmu akan tertutupi, bukan justru memperlihatkan kekurangan mereka atau bahkan justru memperlihatkan sifat aroganmu. Normal apabila sebagai seorang presenter ingin diperhatikan, namun bukan hanya kamu yang perlu audiens perhatikan tetapi teman timmu yang lain.

Team Persentasi

Selain jangan serakah terkadang ada juga yang kurang percaya diri, kamu harus percaya diri atau kamu justru akan menjadi beban timmu. Kamu harus yakin dengan penampilan presentasimu. Buatlah orang kagum dengan kekompakkan tim kalian ketika berada di depan panggung.

7. Jawab Sesuai dengan Jobmu

Ketika pembagian job, tentunya kamu sudah mempunyai tanggung jawab untuk menguasai materi tersebut. Sehingga kamu harus bertanggung jawab untuk menjawab pertanyaan yang sesuai dengan jobmu, dan jangan mengambil job orang lain. Sekali lagi jangan bersifat arogan karena hal itu justru menimbulkan kehancuran pada timmu, percayalah pada timmu.

Tim Jawaban Persentasi

Kamu boleh menjawab pertanyaan yang diluar dari jobmu, apabila yang mempunyai job tidak bisa menjawabnya. Pastikan kamu bisa atau tidak menjawab pertanyaan sesuai jobmu dengan cepat, karena ketika kamu tidak mampu mungkin ada teman timmu yang bisa. Jangan terlalu lama membuat waktu kosong atau seolah lagi berpikir, dan kalau semua tim tidak bisa, improvisasilah sesuai kemampuanmu.

MAKE IT ACTION

Jadi Makeitationer, ingatlah dalam tim bukan hanya kemampuan individu yang penting. Kemenangan bukan milik individu tetapi milik tim, bukan hanya kamu yang perlu diperhatikan tetapi teman timmu yang lainnya. Tunjukkan kekompakan pada audiens, bahwa kalian memahami topik yang kalian bawakan, bukan hanya kamu yang memahami topik tersebut.

Artikel dengan tema tips presentasi untuk memenangkan lomba pada tanggal 19 Mei 2018, dan aksi memutuskan pacar di bulan ramadhan pada tanggal 23 Mei 2018 atau sebelumnya. Tetap simak artikel makeitation.com

1 COMMENT

  1. […] Heylo Makeitationer, berjumpa lagi dengan saya, gimana kabarnya? Semoga sehat selalu karena sehat itu hal yang sangat mahal. Bagaimana perasaanmu ketika kamu persentasi bersama kelompokmu? Kamu harus membaca 7 langkah membuat persentasi menarik untuk personal dan 7 step membentuk tim persentasi yang luar biasa. […]

LEAVE A REPLY