Begini cara gue 1 minggu konsul proposal skripsi, langsung di-ACC dosen super...

Begini cara gue 1 minggu konsul proposal skripsi, langsung di-ACC dosen super teliti

22180
1
SHARE
Begini cara gue 1 minggu konsul proposal skripsi, langsung di-ACC sama dosen super teliti

Hallo makeitationer, tiba saatnya jadwal gue buat share ke kalian tentang cara gue 1 minggu konsul proposal skripsi, langsung di-ACC sama dosen yang super super teliti. maklumlah, gue ini lagi berjuang buat kelarin kuliah di semester akhir. semoga nggak jadi mahasiswa abadi yang suka diteror proposal skripsi sama dosen pembimbing tiap ke kampus. heheh.

skripsi itu merupakan projek atau tugas rumah terakhir, wkwkw. dikira PR kayak anaK SD, SMP dan SMA aja. Tugas akhir itu bisa berupa penelitian atau perancangan alat. Nah, gue ini tengah meniliti sesuatu yang berhubungan dengan data-data (ilmu data). hehe…

i love data. awalnya gue itu mau bikin perancangan alat elektronik lebih tepatnya sistem kontrol berbasis internet of things untuk mendeteksi banjir. Itu alatnya udah gue coba, udah gue beli dan udah gue kerjain proposalnya. Cuman, ditolak oleh dosen tercinta. Sedihh,,, padahal udah sampai bab 3 gue kerjain, dari perancangan udah kelar, program/codingan udah kelar juga.. yahhh.. karena mungkin terlalu nyaman, senang dan ambisius, ujung ujungnya ditolak ama dosen kesayangan gue. Padahal udah nulis sampe bab 3. Yahh itulah, gara-gara gua suka banget nih yang namanya nulis, jadi lupa untuk konsul dulu.. hehehe. yaaa nggak apa apa lah. Akhirnya proposal gue yang udah gue tulis dengan indah, sesuai EYD, SPOK(subjek predikat objek keterangan)… gue simpen di cloud drive biar bisa jadi arsive pribadi gue.

akhirnya gue buka internet, cari topik Tugas akhir yang menarik yang masih ada kaitannya dengan tugas akhir gue sebelumnya, akhirnya nemu juga jurnal. topik yang gue angkat waktu itu, perancangan sistem peringatan dini banjir yang bisa memprediksi kapan banjir terjadi secara real-time berbasis wireless sensor network. jadi ini bentuknya alat, tapi masya allah…. itu alatnya banyak banget. harus beli ini, beli itu, beli ini, beli itu. mahall lagi. tapi nggak apalah.

tanpa pikir panjang, langsung gue garap. langsung gue cetak jurnalnya. gue langsung ketemu dosen beberapa hari kemudian. gue konsul.. dan apa akta dosen gue ? “ohh ya, okeee. lanjutkan dah, kalo kamu sanggup, oke.. saya siap membimbing”. tanpa pikir panjang lagi, akhirnya gue garap bab 1 sampai bab 3. akhirnya jadi juga, walaupun bab 3 masih setengah jadi. langsung minggu depannya gue konsul ke dosen yang sama. di tengah tengah proses konsultasi, pertolongan Allah itu memang nyata… dosen gue bilang “ini menurut saya berat dek perancangannya, saya nggak yakin kamu sanggup. kamu analisa aja dah”. dia bilang analisa aja. wahhh… itu kan cuman analisa, cuman butuh waktu belajar lagi nggak butuh beli alat buat rampungin nih tugas akhir. akhirnya gue termotivasi banget.

minggu depan gue off dari skripsi, guel lepas skripsi soalnya lagi fokus untuk ngurus acara besar di kampus. bantuin bapak-ibu dosen tercinta untuk kerlain tuh acara kampus. setelah acara itu, langsung gue cari dosen pembimbing lainnya untuk ngebimbing gue untuk menuangkan ide gue ke tulisan. ini dia, dosen matakuliah pra-tugas akhir yang sangat super teliti. Dosen ini juga passion banget nulis. Banyak jurnal ilmiahnya sudah diterbitkan. akhirnya gue janjian ama ni dosen buat konsultasi minggu depan. akhirnya…

Cerita perjuangan gue just begining. 

Buat Target ACC

Begini cara gue 1 minggu konsul proposal skripsi, langsung di-ACC sama dosen super telitijadi selama minggu tersebut, gue buat target supaya minggu tersebut gue bisa langsung ACC. Gue sempurnakan proposal gue dari bab 1 sampai bab 3. gue lakukan revisi semampu gue. akhirnya gue konsultas di hari keesokannya.

Walaupun dicoret semuanya, tapi tetep figthing 

Begini cara gue 1 minggu konsul proposal skripsi, langsung di-ACC sama dosen super teliti

saat konsultasi pertama kali di hari pertama minggu pertama, laporan gue,, langsung dicoret, banyak kata-kata yang nggak baku, penjelasan latar belakangnya muter muter. banyak kata kata yang nggak konsisten. salah kata alias typo, nggak nyambung, kebanyaan paragraf dan lain sebagainya. Proposal gue dicoret dari bab 1 sampai bab 2. tapi, gue yakin, dengan banyaknya coretan di proposal gue, itu berarti tulisan gue sebentar lagi bakalan jadi sempura karena gue tahu di mana kekurangannya. gue kuatkan dalam hati “gue bakalan ketemu nih dosen lusa (karena besoknya libur) buat konsul lagi sama dosen ini”. gue bakalan revisi laporan ini, gue bakalan hajar nih semua coretan untuk nunjuin ke dosen kalau gue itu bisa ACC minggu ini.

Pulang ke kos, langsung hajar sang revisi.

Akademik

balik dari kampus, gue langsung kerjain proposal yang banyak coretannya. gue fokus kerjain terus terus terus sampai selesai. Mungkin karena keasyikan ngerevisi, nggak terasa udah selesai. gue revisinya cepet banget ternyata. ya iyyaa lah, karena gue ngerekam pake hp semua yang diomongin ama dosen gue saat konsul tadi

meteodologi penelitian dirombak, tapi tetep fighting ngejer target. 

Begini cara gue 1 minggu konsul proposal skripsi, langsung di-ACC sama dosen super teliti

di hari kedua, lagi lagi dicoret. bab 1 dan 2 udah oke, nahh bab 3 nya, yang merupakan jantung penelitian gue, dicoret. dirombak.. dalam hati. “okeee.. mantap.. yesss,, akhirnya gue tahu kekurangan proposal penelitian gue, lanjutkan pak”. akhirnya gue, pulang ke kos. lagi lagi gue fokus ngerevisi proposal gue langsung tanpa refreshing atau berleha-leha dulu. akhirnya sempurna, komplet. Proposalnya udah gue revisi dan siap untuk dikonsultasikan ke dosen gue.

Gue nggak mau di-ACC-in begitu aja, minta diperiksa lagi

Begini cara gue 1 minggu konsul proposal skripsi, langsung di-ACC sama dosen super teliti

saat gue konsul, akhirnya gue ACC juga ama dosennya. dosen gue langsung bilang kamu langsung daftar ya buat seminar. Gue itu seneng banget. Perjuangan gue selama ini berbuah hasil. tapi gue masih ada keraguan sama beberapa bagian di proposal gue yang tidak diperiksa secara teliti ama dosen (mungkin karena udah dianggap benar). akhirnya gue minta “pak, coba dicek batasan masalah penelitian saya, udah bener apa nggak pak?”. akhirnya diperiksa ama dosen gue,,, nahhh lohhh. langsung dosen gue bilang ” ini kok masih begini, nggak pas ini dek, coba diganti sama ini blablabla. yahh.. akhirnya disuruh revisi ama dosen. walaupun begitu… revisinya cuman bagian itu aja. Dosennya juga minta supaya gue buat juga file presentasinya. langsung gue iyyakan tanpa mikir panjang.

Satu step terakhir… hajar dan habisin.

Begini cara gue 1 minggu konsul proposal skripsi, langsung di-ACC sama dosen super teliti

setelah gue konsul, langsung gue revisi bagian yang disuruh revisi tadi. habis itu, gue buat file persentasi propsosal gue. nahhh, ini yang ngabisi waktu banyak banget. gue mesti bisa memaparkan poin poin penting di file persentasenya. gue sedikit agak bingung awalnya karena semuanya penting di proposal gue. ya udah. langsung gue kerjain tuhhh. alhamdulillah, setelah sekian jam ngerjain. akhirnya jadi juga. huhh.. kelar juga.

THE REAL ACC

Begini cara gue 1 minggu konsul proposal skripsi, langsung di-ACC sama dosen super teliti

keeson harinya (hari ke-empat) konsul lagi ama dosen gue itu. Mungkin karena bosen ngelihat gue-gue mulu yang konsul, akhirnya gue bener-bener diACC. yeeeehh.. akhirnya, target gue tercapai. gue bersyukur banget. akhirnya ACC juga.

MAKE IT ACTION

begini guys, di mana ada usaha, di situ pasti ada jalan. dan ternyata bener kan. jadi teman teman mesti punya target dan tekat kuat untuk membuktikan bahwa kalian bisa mencapai target kalian. Hasil itu butuh usaha yang tekun, gesit dan keras. oke, kalau loe lagi di zona nyaman nih, cepet deh minggat, langsung menuju ke tempat yang membuat loe berkembang.,hapus, hilagkan dan lupakan segala macam gangguan dan hambatan yang dateng dari lingkungan di sekitar loe. loe mesti tetep fokus dengan target dan tujuan loe. “ganti judul itu mah udah biasa, tapi ganti proposal itu baruu the real challenging”… semoga sukses

nantikan artikel gue selanjutnya yang pastinya isinya membangung teman-teman, hanya di makeitation.com

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY