Cara Jitu Agar tetap Menjadi Produktif dan Tidak Malas di Hari Senin

Cara Jitu Agar tetap Menjadi Produktif dan Tidak Malas di Hari Senin

161
0
SHARE
Cara Jitu Agar tetap Menjadi Produktif dan Tidak Malas di Hari Senin
Cara Jitu Agar tetap Menjadi Produktif dan Tidak Malas di Hari Senin

Hallo makeitation, pada kesempatan kali ini admin mau membagikan artikel tentang langkah Jitu Agar tetap bisa Menjadi Produktif di Hari Senin atau di hari pertama di minggu tersebut kita bekerja.

Hari Senin merupakan hari terbaik untuk memulai sesuatu yang baru.

Banyak ahli ahli gizi dan pelatih kebugaran yang menyarankan untuk memulai diet, pola olahraga baru, dan berbagai macam Kebiasaan Baru seperti berhenti merokok misalnya, di hari pertama minggu ini.

Untuk sebagian besar orang, hari senin juga sebagai penanda dimulainya aktivitas atau rutinitas.

Hari pertama masuk kantor, hari pertama ke sekolah dan lainnya. Orang yang punya target tertentu dan memulai prosesnya di hari Senin memiliki kemungkinan gagal yang lebih kecil dibandingkan mereka yang memulainya di hari lain.

Secara psikologis, memulai sesuatu yang baru di hari Senin juga dianggap lebih berhasil karena kita punya waktu untuk mempersiapkan diri sebelumnya untuk sebuah perubahan di hari Minggu.

Sadar atau tidak Ternyata ini berlaku untuk banyak orang.

 

Winning monday

Tidak hanya mengubah pola makan atau pola olahraga saja yang bisa dilakukan di hari Senin, tapi mengubah pola kita dalam mengatur diri sendiri pun bisa langsung dipraktekkan di hari ini. Jadi apa yang kita perlu lakukan yang pertama?

1. bangun pagi

Nah mungkin bangun pagi bukanlah hal yang aneh karena memang kita harus berangkat ke kantor, ke kampus, sekolah ah atau tujuan aktivitas lainnya di pagi hari.

Tapi alangkah baiknya kalau kita tetap bangun pagi dihari lainnya misalnya hari libur. Ketika kita bangun lebih pagi, waktu kita jadi lebih banyak Dan kita pun bisa beraktivitas lebih banyak.

Cara inilah yang dipraktikkan banyak orang sukses di dunia untuk bisa memanfaatkan harinya dengan maksimal.

Ingat kembali, bahwa semua manusia punya jatah waktu yang sama yakni 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu.

Jadi kita pun punya kesempatan sukses yang sama. Memang tidak gampang untuk bangun pagi, terlebih kalau kita terbiasa begadang Pada malam harinya.

Kadang-kadang kita harus membuka diri kita untuk melek, jangan malah kalah dengan tombol snooze di handphone yang selalu sengaja dipencet saat alarm berbunyi.

Banyak cara untuk memaksa diri sendiri untuk bangun pagi tanda. Yang saya lakukan adalah saya meletakkan alarm di tempat yang jauh dari tempat tidur.

Misalnya diletakkan di lantai, di ujung meja sebelah kasur, bahkan saya pernah taruh di dekat pintu kamar. Jadi betul-betul perlu usaha yang berat untuk bisa mengambil dan Mematikan alarm.

Hati-hati juga dengan kalimat lima menit lagi deh. Hayo, ngaku. Siapa yang pernah menunda 5 menit untuk bangun pagi dan akhirnya berujung terlambat 15 menit, 30 menit, bahkan satu jam?.

2. Silent moment

Luangkan waktumu paling tidak 5 sampai 15 menit untuk melakukan silent moment.

Berdiam diri dan merenung sejenak, melatih meditasi, mengatur pernapasan, streching, berdoa dan beribadah sesuai dengan kepercayaan, berterima kasih dan mengucap syukur atas apa yang sudah dicapai selama ini atau sekedar memberikan motivasi supaya tidak menyerah kepada diri sendiri.

Apapun bisa kita lakukan selama beberapa menit di awal hari. Cara ini bermanfaat sekali untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan-tantangan, meredam stress dan tekanan yang mungkin tanpa kita sadari akan kita alami dan yang paling penting adalah beberapa menit selain momen di pagi hari ini dapat membuat kita untuk tetap bersih dan positif selama berkegiatan seharian penuh.

 

3. cari keringat

Hal berikutnya yang dilakukan banyak orang yang sukses di dunia adalah mereka berolahraga di pagi hari. Memang tidak ada aturan baku Kapan sebaiknya kita mencari keringat.

Tapi ada kelebihannya tersendiri kalau kita melakukannya di pagi hari. Penelitian yang dilakukan oleh seorang Profesor di University of New South Wales Australia menunjukkan bahwa bila kita ingin menurunkan berat badan dan aku mah waktu terbaik untuk berolahraga adalah pagi hari sebelum sarapan.

Ketika tubuh manusia kekurangan karbohidrat atau gula, tubuh akan membakar lemak lebih banyak. Kalau kamu adalah tipe orang yang tidak bisa berolahraga dengan perut kosong, kamu bisa kok, makan sesuatu yang ringan dulu sebelum mulai olahraga.

Kelebihan lain dari orang-orang yang membiasakan diri berolahraga di pagi hari adalah mereka akan lebih disiplin terhadap jadwal olahraganya dibandingkan dengan orang-orang yang berolahraga di waktu-waktu lainnya.

Penelitian yang dilakukan oleh Glasgow University juga menambah panjang daftar manfaat yang didapatkan ketika kita berolahraga di pagi hari. Bangun dan memulai aktivitas di pagi hari ternyata bisa memacu badan kita memiliki 30% lebih tinggi energi fisik dan mental alertness ketika selama seharian penuh.

4. Good Monday starts with a good breakfast

Apa hubungannya sarapan dengan mengatur diri? Tentu ada dong. Walaupun yang kita bicarakan adalah waktu tapi secara keseluruhan diri kita dan waktu tidak akan pernah terpisahkan.

Senin pagi adalah saat yang tepat untuk mengontrol diri termasuk dalam hal makan pagi.

Kasih tahu dong rasanya bangun kesiangan, terburu-buru dan comot makanan dan minuman seadanya sambil cepat-cepat ke tempat kerja atau sekolah?

Meeting di pagi hari dengan perut keroncongan atau menata papan tulis di kelas sembari bayangan nasi goreng kantin beterbangan terus di kepala tanda tanya kalau otak kita juga sudah susah fokus Bagaimana mau punya prestasi yang Oke?

5. Datang lebih pagi

Masuk kantor pukul 9 pagi tapi kantor baru terlihat ramai pada pukul 10.00. Masuk kuliah pukul 8 pagi tapi kita baru akan masuk kelas pukul 8.15 pagi.

Hanya dua hal yang paling sering kita jadikan alasan. Macet dan bangun kesiangan.

What else tanda tanya untuk kita yang tinggal di kota besar Please deh tidak usah lagi pakai alasan macet Jakarta dan macet sepertinya memang sudah tidak dapat dipisahkan lagi.

Kota-kota besar lain pun sekarang sudah mulai macet. Menjadi orang-orang yang datang lebih pagi membawa banyak manfaat loh.

Pertama, Berangkat lebih pagi dari rumah juga berarti hemat waktu di jalan.

Walaupun kondisi tiap daerah berbeda-beda, rata-rata jam paling berbahaya di jalanan adalah sekitar pukul 7 sampai 10 pagi.

Kalau kita dapat Berangkat lebih pagi, tidak perlu lagi kan berdasarkan di jalan Terlalu lama.

Kedua berada di tempat kerja lebih pagi berarti memberi kita ruang untuk bernapas terlebih dahulu sebelum menghadapi berbagai macam urusan.

Ketiga datang lebih bagi bagus sekali untuk membuat good impression di tempat kerja.

Seorang atasan yang melihat karyawan yang selalu datang pagi akan punya penilaian yang lebih baik dibandingkan dengan yang datang selalu mepet.

Sebaliknya seorang karyawan yang melihat atasannya selalu datang lebih pagi sebaiknya patut merasa malu karena ada juga situ bawahan yang tidak peduli.

Kalau bosnya saja datang tepat waktu, Kenapa bawaannya datang siang ? Kalau seperti itu terus, kapan mau jadi bosnya? Dimanapun dan apapun pekerjaannya, jadi orang libur tidak akan pernah ada ruginya.

Tidak usah jauh-jauh deh kalau kita nonton konser musik pun, harga tiket early Bird akan jauh lebih murah dibandingkan yang membeli tiket pada hari H.

6. Lihat mereka!

CEO Apple tim cook adalah salah satu contoh orang sukses yang memiliki kebiasaan bangun pagi.

Dari beberapa sumber, pukul 4.30 ia sudah bangun dan langsung membalas beberapa email yang masuk. Lalu pukul 5 pagi ia sudah berada di gym untuk berolahraga.

Ia pun terkenal sebagai orang yang selalu datang pagi ke kantor dan pulang lebih lambat dibandingkan anak-anak buahnya. CEO Disney, Bob iger, juga memiliki kebiasaan yang sama yaitu bangun pukul 4.30 setiap harinya.

Ia memanfaatkan waktu yang masih minim tersebut untuk membaca koran, mendengarkan musik, menonton TV atau membalas email yang masuk.

Bayangkan, betapa banyak yang sudah ia lakukan disaat orang lain masih terlelap. CEO Starbucks, Howard schultz, bangun pukul 2.30 untuk mengajak ke 3 ekor anjingnya berjalan-jalan sekaligus berolahraga.

Sekitar pukul jam 5.45, ia sudah kembali ke rumah dan membuat kopi untuk ia dan istrinya lalu sudah tiba di kantor sebelum pukul 7 pagi.

7. miss messy no more 

Sifat dan kebiasaan orang memang beragam. Ada yang suka meja kerjanya bersih, ada yang suka mainnya tetap berantakan. Bahkan ada juga yang tidak suka bekerja di atas meja kerjanya.

Mereka lebih suka bekerja di sofa dan di depan TV. Aneh? Oke itu adalah pilihan, lebih tepatnya itu adalah kebiasaan.

Semakin banyak pekerjaan kita, semakin tinggi jabatan kita, dalam bidang apapun, kantor, bisnis, sekolah telkom a organisasi, you name it, maka kita harus memiliki kemampuan untuk mengorganisir barang-barang kita.

Dokumen-dokumen yang berserakan di meja dikelompokkan. Singkirkan barang-barang yang tidak mendukung produktivitas kita di mina tersebut.

Letakkan barang-barang pendukung pekerjaan di tempat yang mudah dijangkau, susun dokumen berdasarkan tingkat organisasi dan kalau perlu percantiklah meja kerjamu sesuai dengan benda-benda yang membuat kamu Semangat setiap hari.

Sebagai anak muda yang dinamis, tidak hanya meja kerja saja yang perlu dibereskan, tapi kamu juga perlu merapikan isi laptop dan smartphone mu.

Penyusunan folder, tanaman sesuai alfabet dan pengkategorian aneka aplikasi pun bisa dilakukan untuk merapikan desktop laptop dan layar handphone.

Intinya semakin besar tanggung jawab kita telah, semakin banyak pula yang kita harus menikah sebelum kita bisa diberi tanggung jawab untuk mengatur hal yang lebih besar lagi, Tunjukkan dulu kemampuan kita untuk merapikan dan mengatur barang-barang kita dimulai dari hal-hal yang paling personal seperti kamar dan meja kerja.

8. Expect the Unexpected

Hari Senin is a fresh start. Biasanya banyak hal-hal tak terduga datang di hari Senin.

Persiapkan diri kita untuk menerima hal yang tidak diduga-duga. Misalnya perubahan rencana, meeting dadakan, masalah operasional dan lain sebagainya.

Artinya Sematang apapun perencanaan yang kita buat, apabila masih ada kemungkinan untuk gagal maka akan gagal.

Tidak ada rencana yang sempurna, kegagalan dan perubahan pun akan selalu ada. Oleh karena itu lah kita harus bisa expect the Unexpected.

Pagi. Suatu kata yang cukup efektif untuk menyebarkan virus positif ke sekitarmu.

Siapa sih, yang tidak senang disapa tanda tanya dengan menyapa orang lain, berarti kita menyadari keberadaannya Dan menganggap mereka ada.

Bawahan yang menyapa atasan mungkin sudah biasa, sebagai wujud dari rasa respect dan hormat.

Menyapa sesama rekan kerja yang sederajat bisa Mempererat hubungan pertemanan dan mencairkan suasana di pagi hari.

Nah, bayangkan apabila statusmu adalah seorang atasan dan selalu menyapu bawahanmu, dijamin mereka pasti senang dan Bersiaplah untuk mendapatkan kesan yang baik dari mereka.

Wow my boss notice me atau Wow He is a nice Boss. Coba bayangkan perasaan para petugas sekuriti di lobby kantormu dan para cleaning service yang membersihkan toilet setiap hari apabila kamu tersenyum dan menyapa mereka.

Mereka Yang biasanya bekerja tanpa merasa dipedulikan pasti langsung merasa senang dan akan membalas dengan ramah.

Semangat bekerja mereka pasti semakin tinggi begitupun dengan kita menyebarkan virus positif tidak sulit kok salah.

Memberikan suntikan semangat ke orang lain juga tidak perlu membayar. Dampaknya? Percaya deh kita akan menjadi orang yang disenangi di lingkungan pekerjaan kita.

So Why don’t we start today? Only one word, kita bisa mengubah hari orang lain. 

9. Monday morning are new Goals

Susunan target dan rencana baik hari atau mingguan harus terus diperbaharui.

Senin pagi adalah waktu yang tepat untuk meng-update rencana rencana kita Untuk seminggu kedepan baik urusan personal maupun urusan pekerjaan dari titik seseorang yang terbiasa menyusun target untuk dirinya sendiri dan untuk pekerjaannya akan lebih bisa mengatur waktu dan menentukan prioritas prioritas kegiatan yang harus dikerjakan pada titik kalaupun ternyata target harian atau mingguan yang mereka buat tidak semuanya bisa tercapai, paling tidak mereka tahu apa yang telah mereka capai.

Tapi jangan khawatir masih ada hari-hari lainnya untuk menuntaskan yang belum tuntas. Set targets to yourself buat puding on to much brother to yourself is not good either. Stay balanced. 

10. bersusah-susah dahulu, leha-leha kemudian

Kunci dari produktivitas kita adalah bisa menentukan prioritas. Letakkan pekerjaan yang paling sulit, paling banyak dan pada menyita waktu, pikiran juga tenaga terlebih dahulu sebelum beralih mengerjakan hal lainnya.

Why ? Pagi hari merupakan kondisi paling Prima bagi tubuh kita antara titik maka waktu yang paling tepat untuk bisa menghandle tugas-tugas berat dalam mengadakan meeting meeting penting dan merespon email yang paling penting terlebih dahulu sebelum beralih ke tugas-tugas lain yang lebih ringan adalah saat pagi hari.

Tapi, bagaimana caranya untuk bisa menentukan penting atau tidaknya suatu tugas , mendesak atau tidaknya suatu pekerjaan? Mengutip teori dari Presiden Amerika Serikat ke 34, inilah cara terbaik untuk memilah-milah pekerjaan mana yang harus terlebih dahulu diselesaikan.

“What is important is seldom urgent, and what is urgent is seldom important”. 

Oke teman – teman makeitation. sekian dulu ya artikelnya dan nantikan postingan selanjutnya hanya di makeitation

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY