Cara ajaib menjadi produktif sepanjang hari

Cara ajaib menjadi produktif sepanjang hari

1743
2
SHARE

Hallo, assalamualaikum makeitaioner! Sudah lama kita tidak berjumpa. Maaf ya, admin kemaren lagi sibuk-sibuknya KKN dan PKL, makanya agak sedikit jarang update artikel di makeitation. Sekali lagi, admin ingin menyapa hallo maketaioner semua, semoga semuanya sehat selalu ya. Beberapa minggu yang lalu, admin mengalami pengalaman yang paling buruk sepanjang masa, pengalaman yang membuat admin drop dan down, tidak mau melakukan apa-apa. Apa itu? Ternyata setelah diselidiki, ternyata admin lagi ngalami yang namanya hidup non-productive. Admin sendiri, biasanya sehari itu selalu bisa melakukan hal-hal yang produktif, tapi entah mengapa tiba-tiba admin jadi down pada hari itu. Mau baca buku motivasi, buku inspirasi, jadi malas. Padahal waktu itu admin lagi ujian tengah semester. Gara-gara hari itu admin tidak produktif, akhirnya penyakit malas, procrastinating (menunda-nunda), lesu, loyo, lemah berdatangan satu persatu hingga menumpuk. Admin hanya tidur-tiduran diatas kasur tanpa ada hal yang dikerjakan. Padahal hari itu admin seharusnya belajar untuk mempersiapkan UTS, tapi tidak ada daya untuk melakukannya. Hingga akhirnya, ada satu hal yang terlintas dalam pikiran admin, apa itu? Admin sempat berpikir, “Apa jadinya kalau saya begini terus hingga tua nanti, tidak ada progress dan kemajuan hidup, lantas nanti pas di akhirat, waktu ditanya sama Allah mengenai waktu mudamu kamu gunakan untuk apa, admin mau jawab apa?“. Lalu admin berdoa dalam hati, ya Allah, aku ingin berhijrah, aku ingin berubah, terbebas dari godaan setan yang terkutuk, menjadi orang sukses, akhirnya pada detik itu juga admin berniat untuk berubah lagi untuk supaya bisa menjalankan hidup lebih produktif lagi. Berniat/berbicara itu gampang, tapi action-nya itu yang sulit. Lalu admin menganalisa dan berpikir bagaimana caranya supaya admin bisa kembali lagi seperti kehidupan yang lama, yang jauh lebih produktif. Apa yang admin temukan adalah sebagai berikut:

  1. Jangan begadang di malam hari, tidurlah lebih awal.

Jangan begandang di malam hari. Ini yang sering admin lakukan. Admin suka sekali yang namanya begadang di malam hari sampai-sampai tidur jam 2, jam 3, hanya untuk nonton film kesayangan admin, atau mungkin teman-teman yang suka main sosmed atau pelototin hp barunya dari magrib sampai tengah malam, lebih baik dikurangi. Karena tubuh kita membutuhkan waktu 8 jam untuk istirahat. Ketika kita bisa tidur lebih awal, maka saat tubuh ini terbangun, rasanya itu segar banget. Jika teman-teman tidak terbiasa bangun pagi, silahkan set alarm misalkan bertepatan dengan adzan sholat tahajjud atau sholat subuh. Hal itu perlu dibiasakan. Jika kita ingin menyetting diri kita di hari itu, maka langkah pertama yang harus kita setting adalah jam tidur kita. Rubahlah pola tidur yang awalnya sering begadang atau sering baperan dulu sebelum tidur, kurangi, cintai badanmu, minum yakult tiap hari.. wkwkw. Maaf bercanda! Atur pola tidur yang bagus, tidur awal waktu supaya bisa dapet sholat subuh tepat waktu atau dapat sholat berjamaah di masjid

  1. Minum air putih setelah bangun tidur setiap hari


Saat kita bangun tidur, tubuh kita sebenarnya membutuhkan air. Jujur ya, badan ini rasanya fresh banget kalau sudah minum air putih minimal 2 gelas. Mata nggak ngantuk, badan kembali fit dan nggak lemes-lemes. Admin pernah menginstal salah satu aplikasi play store terbaik di android yang bernama FABOLOUS yang dibuat untuk memberikan panduan dan arahan mengubah hidup agar menjadi lebih berkualitas. Aplikasi ini yang ngasih tahu admin bahwa minum air setelah bangun tidur itu bagus banget dan merupakan kebiasan yang wajib dipelihara. Kita akan menguap apabila tubuh kita kekurangan oksigen. Kalau kita menguap malam-malam, tandanya kita harus tidur, tapi kalau pagi-pagi kita menguap pas jam kuliah atau kerja, itu tandanya kemungkinan besar tubuh kekurangan cairan. Oleh sebab itu, untuk mengisi oksigen di otak, minum air di pagi hari supaya nggak ngantuk-ngantuk. Percara deh! Dengan tidur lebih awal, dan ditambah minum air putih setiap bangun dipagi hari, maka siap-siap untuk menerima perubahan drastis dalam hidup ini ke arah yang lebih berkualitas dan produktif.

  1. Sholat subuh tepat waktu

Mengapa sholat subuh tepat waktu menjadi salah satu cara menjadi produktif? Karena menurut pengalaman admin, kalau admin nggak tepat waktu sholat subuhnya, hati ini rasanya nggak fresh, tidak ada kenikmatan dan kesejukan di hati dan pikiran. Jika kita sholat subuh on-time apalagi berjamaah, Insha Allah kita bisa mengamalkan surah Al-Ashr tentang waktu. Maksudnya, kita bisa siap menjadi untuk menjadi seorang yang produktif. Siap nggak siap, makeitationers akan menerima perubahan yang sangat drastis. Kalau sholat subuh jam 8 pagi, wahhh itu bisa bikin down. Jika kita bisa melakukannya, Insha Allah kita bisa menjadi bermanfaat dihari itu. Jadi habis minum air, langsung sholat subuh on-time. Jangan sampai jadi makmum masbuk kalau niat pengen jamaah di masjid, okay!

  1. Tulis semua kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu

Setelah sholat subuh nih, maka selanjutnya adalah tuliskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan pada hari itu, mulai dari yang paling prioritas dan penting. Jangan ditulis jam berapa, berapa lama kegiatan itu,,, itu sedikit menyiksa teman-teman yang belum terbiasa. Sebaiknya ditulis aja dari atas sampai bawah, dari yang paling penting sampai dengan yang kurang penting. Yang paling penting adalah kalian bisa enjoy mengerjakan apa yang sudah dituliskan. Jika kegiatan yang sudah direncanakan tersebut berhasil dilakukan, maka coret kegiatan tersebut untuk menandakan bahwa teman-teman sudah menyelesaikannya. Inget ya, rencanakan kegiatan yang akan dilaksanakan sebaik-baiknya dan yang paling penting adalah istiqomah atau konsisten. Bila perlu, berikan peringatan/pengingat pada hp android teman-teman bahwa ada kegaitan yang harus dikerjakan hari ini. Okay!

  1. PLANTING THE BOMB – Paksakan diri untuk merealisasikannya

Ini adalah yang menjadi inti utamanya. Setelah semua rencana, planning sudah dibuat, tinggal saatnya melihat apakah kita mampu menjalaninya. Di sinilah ujian paling beratnya kalau menurut admin. Di langkah ini, biasanya banyak sekali godaan yang membuat kita menjadi terlena dan lupa akan lists pekerjaan yang akan kita kerjakan. Seperti halnya kita bermain game perang/tembak-tembakan di PC/PS, pasti si aktor memiliki misi tertentu yang harus dicapai dan dilaksanakan. Begitu juga dengan kita. Malamnya kita list misi – misi kita, paginya baru kita PLANTING THE BOMB kalau istilah dalam Counter Strike. Rencana/misi para penembak Counter Strike itu, terutama tim teroris adalah menanamkan bomb di daerah yang dituju. Para penembak counter strike rela mempertaruhkan nyawanya hanya sekedar untuk PLANTING THE BOMB (menanamkan bomb di daerah lawan). Dari analogi game counter strike itu, kita mempelajari bahwa mereka memaksakan dirinya hanya untuk menjalankan dan menyelesaikan misi dan rencana yang sudah ditetapkan bahkan rela mengorbankan diri dengan nyawanya agar misi itu terealisasi. Oke! Jadi segera paksakan tubuh kalian untuk tetap bergerak memenuhi target harian yang sudah dituliskan dan jangan biarkan hukum pertama Newton, tentang inersia/kelembaman berlaku dalam hidup anda. Hukum pertama Newton menyatakan bahwa, “Jika suatu benda berada pada keadaan diam tanpa adanya gaya yang bekerja di benda itu, maka bendanya akan tetap diam. Benda yang bergerak lurus akan terus bergerak lurus”. Ini seperti firman Allah SWT, “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum, kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa-apa yang ada pada diri mereka”. Jadi bergeraklah maju, tuntaskan semua to-do-list/daftar pekerjaan yang akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

  1. Fokus dan Istiqomah

Kekuatan fokus bisa membakar suatu kapas apabila cahaya matahi difokuskan menggunakan kaca pembesar/loop pada rentang waktu yang lama. Begitu juga air yang menetesi sebuah batu, lama kelamaan batu tersebut akan melapuk dan hancur diakibatkan tetesan air pada titik itu secara terus-menerus. Jadi ketika kita mengerjakan sesuatu hendaknya kita itu fokus. Fokus disini, maksudnya jangan mengerjakan yang lain sampai pekerjaan itu selesai dilaksanakan. Ketika kita fokus ingin menyelesaiakan tugas kuliah, jangan sekali-sekali buka sosmed, fb, email, youtube, hp, tokopedia… matikan itu semua. Matikan paket data hpnya, jangan sentuh sosmed dan kerjakan serta tuntaskan pekerjaan yang sudah dibuat tadi itu. Seperti pengalamannya admin, jika admin sudah menyelesaikan semua pekerjaan yang sudah di-list sebelumnya secara fokus dan istiqomah, maka kenikmatan itu benar-benar terasa dan dalam hati admin berkata “Horeee… akhirnya aku bisa produktif”. Jadi fokus istiqomah – fokus istiqomah – fokus istiqomah. Musuh kita itu yakni diri kita sendiri. Ayo kendalikan dirimu dan arahkan dirimu untuk bisa jadi fokus. Karena orang sukses itu selalu fokus menyelesaikan tugas sesuai dengan waktunya.

Okay makeitationers, itu dia hal-hal yang admin temukan sebelumnya bagaimana sih cara menjadi produktif setiap-hari. Hal-hal yang admin share diatas merupakan solusi untuk kita bersama agas supaya kita bisa menjadi produktif. Be productive!

Wassalam.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY