GENRE PUNK DI LITERATUR UNTUK PARA PENULIS BARU

GENRE PUNK DI LITERATUR UNTUK PARA PENULIS BARU

347
0
SHARE

Hello, Makeitationer! Ada yang suka main game, baca buku atau nonton film genre punk? Bukan, ini bukan musik punk. Apa kalian tahu tentang steampunk atau cyberpunk? Steampunk dan cyberpunk itu salah satu dari genre punk. Genre punk sendiri didefinisikan dalam teknologi dan periode waktu ditambahkan dengan science fiction atau fantasy atau keduanya.

 

STONEPUNK

Ingat kartun flinstones? Itu salah satu contohnya. Pada dasarnya, genre ini menggunakan teknologi zaman batu dengan sangat canggih beserta dengan dinosaurus yang hidup diera tersebut, bahkan ada yang menggambarkan, manusia yang menunggangi dinosaurus yang memiliki perlengkapan senjata modern. Tapi kebanyakannya, genre ini bersifat komedi dan tidak banyak yang menggunakan genre ini.

 

BRONZEPUNK

Diambil dari era yang sama dengan Plato atau Aristoteles, genre ini menggunakan teknologi untuk membangun peradaban klasik yang futuristic. Bronzepunk adalah genre dimana era teknologi canggih tingkat tinggi ada tanpa menghilangkan rasa aestetik dari peradaban dan budaya zaman dulu. Disney’s Atlantis: The Lost Empire adalah contoh dari Bronzepunk.

 

AETHERPUNK

Yang sering juga disebut sebagai magicpunk, adalah salah satu genre yang menggunakan teknologi dan sihir bersamaan. Kebanyakan game menggunakan genre ini.

 

CLOCKPUNK

Sering mengambil aestetik dari abad ke 18, genre ini terlihat seperti steampunk tapi lebih tua daripada steampunk. Bayangkan sebuah mekanisme sebuah jam yang kompleks tapi memiliki beberapa teori yang memiliki kemungkinan dapat digunakan dikehidupan nyata. Contoh untuk Clockpunk, kalian bisa nonton di anime Clockwork Planet atau film Hellboys, Hugo, dan sebagainya.

 

STEAMPUNK

Genre ini mengambil era Victoria pada abad 19 ataupun 20 dan teknologinya menggunakan roda gigi dan tenaga uap. Steampunk juga genre yang sering dikaitkan dengan revolusi industri. Kalian bisa melihat beberapa contoh dari steampunk di anime Steamboy maupuan film seperti Van Helsing, dan Abigail. Ada juga film yang memiliki genre ini tapi bukan dari Victorian Era tapi memiliki elemen-elemen steampunk, contohnya Mortal Engines.

 

DIESELPUNK

Perang dunia pertama dan perang dunia kedua, era setelah Steampunk, disanalah genre ini muncul. Banyak yang sering salah mengira kalau Dieselpunk = Steampunk, tapi selain memiliki era yang berbeda, Dieselpunk juga memiliki banyak perbedaan mulai dari baju, sumber tenaga, konflik ideology, hingga senjata dan kendaraan. Kalian bisa melihatnya di film Sky Captain.

 

OCEANPUNK

Pernah nonton film Waterworld? Yup! Itu salah satu contoh Oceanpunk. Banyak karya fantasi modern atau fiksi spekulatif terletak di dunia yang sebagian besar berair, atau sebagian besar dunia yang berair di mana sisanya adalah pulau-pulau yang jauh terhubung oleh rute perdagangan, kapal berlayar bolak-balik, berbagai jenis kota di atas air, dan negara-negara kolonial memerintah lautan dan lautan. Oceanpunk juga dalam orang-orang yang tinggal di pemukiman kapal nomaden, dan bahkan pemukiman bawah laut.

 

SAILPUNK

Berbeda dengan Oceanpunk, Sailpunk lebih ke eksplorasi dan bajak laut, tidak hanya di laut, tapi juga udara. Contoh yang bisa diambil, salah satunya dari anime Last Exile: Ginyoku no Fam.

 

CYBERPUNK

Berada di era masa depan dimana perubahan teknologi canggih dengan kehidupan kelas bawah digabung menjadi satu. Cyberpunk juga menjadi salah satu genre yang sering dikaitkan dengan dystopia. Hacker, lampu neon berwarna-warni, fasion yang mengambil gaya futuristik, dan background perkotaan adalah ciri-ciri dari Cyberpunk. Contoh Cyberpunk bisa kita ambil dari game Observer, Cyberdrome, dan Cyberpunk 2077.

 

BIOPUNK

Berada di era yang sama dengan cyberpunk, biasanya berpusat di sekitar rekayasa genetika dan bioteknologi. Jurrasic Park, Planet of the Apes, Resident Evil, dan Rampage, adalah beberapa contoh dari genre ini.

 

SOLARPUNK

Salah satu genre punk terbaru, berfokus pada keahlian, komunitas, dan teknologi yang ditenagai oleh renewable energy (tenaga surya, tenaga angin, dll), terbungkus lapisan Art Nouveau yang dipadukan dengan estetika Afrika dan Asia. Berbeda dengan Cyberpunk, Solarpunk lebih sering dikaitkan dengan utopia. Karya Solarpunk biasanya lebih percaya pada “Science Is Good”, karena percampuan antara alam dan teknologi adalah sesuatu yang mengarah pada utopia.

 

MAKE IT ACTION!

Gimana, udah ngerti genre punk buat kalian para penulis muda berbakat? Saat membuat setting dunia untuk tulisan kalian, genre punk ini membantu kalian semua.

SHARE
Previous articleTernyata Hanya ini Kebiasaan Orang Sukses Berdasarkan Riset
Panggil aja Manda. Ambivert, sukanya nulis cerita, terobsesi pengen punya karya sebagus Neil Gaiman. Baca buku genre apa aja, tapi favorit ya, fantasi-science fiction, jangan lupakan genre misteri. Cita-cita? Pengen nerbitin novel best seller sama punya perpustakaan pribadi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY