Gimana Caranya Keluar dari Zona Nyaman?

Gimana Caranya Keluar dari Zona Nyaman?

2459
4
SHARE

Hello Makeitationers! Sebelumnya gue pernah ngebahas gimana sih caranya biar kehidupan kita nggak mainstream. Disitu, gue ngejelasin kalo hidup yang mainstream bisa kok dirubah dengan cara berpikir inovatif. Tapi, pernah nggak sih loh mikir, kenapa orang-orang masih suka dengan kehidupan yang mainstream, atau bisa kita sebut, “zona nyaman”?

Well, melalui artikel ini, gue mau ngejelasin kenapa masih banyak orang suka berada di zona nyaman mereka. Padahal seperti yang kita tau kalo zona nyaman itu ngebosenin banget dan nggak baik untuk masa depan, hahaha… 😀

Kenapa orang masih suka?

Soalnya zona nyaman itu enak!

Kebanyakan kenapa orang masih suka berada dalam kondisi ini karena memang zona ini menyenangkan. Secara instingtif, makhluk hidup mencari tempat dimana mereka bisa hidup dengan mudah. Dimana mereka bisa terus tumbuh dan menciptakan generasi penerusnya. Begitu juga dengan manusia, di dalam kehidupannya, mereka juga cenderung mencari posisi nyaman dan menikmati setiap detik dari kenyamanan tersebut.

Okay, mungkin makeitationers bingung dan bertanya apa sih definisi zona nyaman? Kok bisa sih berdampak buruk untuk masa depan? Padahal zona nyaman itu enak! So, let’s check it out!

*

Zona Nyaman (Comfort Zone)

Zona nyaman adalah kondisi dimana lo merasakan kenyamanan yang nggak mengembangkan diri lo. Disini, lo dibawa oleh kenyamanan agar terlena terhadap sesuatu yang lagi lo senengi, padahal hal tersebut nggak ngebuat lo jadi orang yang hebat.

Istilah ini digunakan ke orang-orang yang sedang ngembangin dirinya. Gue kira semua orang di dunia ini ingin berkembang untuk menjadi orang besar yang berpengaruh dan hebat. Jadi, gue asumsikan semua kita pasti akan berada dizona nyaman kapanpun dan dimanapun, kecuali orang yang nggak punya akal/pikiran a.k.a. GILA.

Nah, sekarang udah tau kan apa itu zona nyaman?
Karena zona nyaman akan ngebuat lo menjadi orang yang LEMAH dan menghancurkan FUTURE lo, maka lo perlu tau gimana sih caranya biar terbebas dari belenggu zona nyaman. Berikut cara gimana lo bisa keluar dari kondisi ini:

1. Tantang Diri Lo untuk Lakuin Sesuatu yang Baru

Untuk lo yang udah bosen banget sama zona nyaman dan ingin bener-bener move on, lo bisa mencari sesuatu yang baru yang ngebuat lo tertarik. Usahakan hal tersebut sesuai dengan passion-mu. Jadi dengan hal itu, lo akan menikmati hal tersebut, walaupun hal itu masih baru buat lo.

 

 

2. Lakuin Sesuatu yang Sebenarnya Lo Takutin

Hal yang sangat menakutkan belum tentu buruk buat lo, tapi mungkin kalo lo lakuin malah akan ngebuat lo menjadi orang yang hebat dan terkenal. Beranikan diri lo buat ngelakuin hal tersebut, apapun resikonya yang penting lo sudah mencoba karena lo nggak pernah akan tahu hasilnya.

 

3. Tingkatin Kuantitas Aktivitas yang Pernah Lo Lakuin

Kebanyakan orang berhenti dengan hal yang mereka lakuin karena effort (usaha) yang mereka lakuin itu belum maksimal mereka lakuin. Lo bisa coba hal ini, misalnya lo sebelumnya lakuinnya 2x sehari, maka lo bisa tambah bila perlu sampai 10x, entah itu kuantitas waktunya ataupun repitisinya.

 

4. Cari Saingan yang Lo Segani

Disaat lo mengembangkan diri dan tau kalo hanya lo sendiri yang ngelakuinnya, maka biasanya lo ngerasa semua usaha yang dilakuin itu nggak ada perubahan. Solusinya, lo harus temuin saingan lo dengan catatan harus minimal setera dengan lo.

“Show me some real challanges!”

Okay, sekarang lo udah tau apa itu zona nyaman dan gimana caranya keluar dari kondisi tersebut. Dan…

**

MAKE IT ACTION!

Sekarang cari tau kondisi lo dimana. Temukan mana yang merupakan zona nyaman lo, seperti hal yang ngebuat loh nggak berkembang, menjadi lemah, malas, tidak produktif, dan lain-lain. Jika lo udah temuin hal itu, hal yang lo harus lakuin cari solusinya dengan memilih 1 dari 4 cara diatas atau lo bisa gunain cara lo sendiri yang lebih kreatif lagi.

Stay Strong!

***

Wassalam.

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY