Hati-Hati Ketika Mendengar dan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya atau Kamu Kena Pidana!...

Hati-Hati Ketika Mendengar dan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya atau Kamu Kena Pidana! Fakta Dibalik Lagu Indonesia Raya

1216
0
SHARE
Lagu Indonesia Raya di KRL

Heylo Makeitationer, berjumpa lagi dengan saya Rizal. Gimana kabarnya? Semoga sehat baik jasmani dan rohani karena itu merupakan karunia luar biasa yang telah diberikan Tuhan kepada kita.

Tahukah kamu tentang Lagu Indonesia Raya? Bagaimana sikap menyanyikan dan mendegarkan Lagu Indonesia Raya yang benar? Bagaimana bisa Lagu Indonesia Raya bikin kamu kena pidana? Tahukah kamu Lagu Indonesia Raya yang kita nyanyikan dan dengarkan belum versi fullnya? Bagaimana Lirik Lagu Indonesia Raya versi full yang sebenarnya?

Lagu Indonesia Raya adalah lagu kebangsaan Republik Indonesia. Komponisnya adalah Wage Rudolf Soepratman, dan diperkenalkan pertama kali pada 28 Oktober 1928 di Kongres Pemuda II di Batavia. Stanza (bait) pertama dari Indonesia Raya dipilih sebagai lagu kebangsaan ketika Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. Berikut adalah lirik Lagu Indonesia Raya :

LIRIK LAGU KEBANGSAAN INDONESIA RAYA

VERSI ASLI DENGAN TIGA STANZA

Stanza 1:

Indonesia Tanah Airkoe Tanah Toempah Darahkoe

Di sanalah Akoe Berdiri Djadi Pandoe Iboekoe

Indonesia Kebangsaankoe Bangsa Dan Tanah Airkoe

Marilah Kita Berseroe Indonesia Bersatoe

Hidoeplah Tanahkoe Hidoeplah Negrikoe

Bangsakoe Ra’jatkoe Sem’wanja

Bangoenlah Djiwanja Bangoenlah Badannja

Oentoek Indonesia Raja

(Reff: Diulang 2 kali, red)

Indonesia Raja Merdeka Merdeka Tanahkoe Negrikoe Jang Koetjinta

Indonesia Raja Merdeka Merdeka Hidoeplah Indonesia Raja

 

Stanza 2:

Indonesia Tanah Jang Moelia Tanah Kita Jang Kaja

Di sanalah Akoe Berdiri Oentoek Slama-Lamanja

Indonesia Tanah Poesaka P’saka Kita Semoeanja

Marilah Kita Mendo’a Indonesia Bahagia

Soeboerlah Tanahnja Soeboerlah Djiwanja

Bangsanja Ra’jatnja Sem’wanja

Sadarlah Hatinja Sadarlah Boedinja

Oentoek Indonesia Raja

(Reff: Diulang 2 kali, red)

Indonesia Raja Merdeka Merdeka Tanahkoe Negrikoe Jang Koetjinta

Indonesia Raja Merdeka Merdeka Hidoeplah Indonesia Raja

 

Stanza 3:

Indonesia Tanah Jang Seotji Tanah Kita Jang Sakti

Di sanalah Akoe Berdiri ‘Njaga Iboe Sedjati

Indonesia Tanah Berseri Tanah Jang Akoe Sajangi

Marilah Kita Berdjandji Indonesia Abadi

S’lamatlah Ra’jatnja S’lamatlah Poetranja

Poelaoenja Laoetnja Sem’wanja

Madjoelah Negrinja Madjoelah Pandoenja

Oentoek Indonesia Raja

(Reff: Diulang 2 kali, red)

Indonesia Raja Merdeka Merdeka Tanahkoe Negrikoe Jang Koetjinta

Indonesia Raja Merdeka Merdeka Hidoeplah Indonesia Raja

 

Beginilah Lagu Indonesia Raya versi full dan aslinya (UU RI Nomor 24 tahun 2009).  Kebanyakan dari kita pasti lebih familiar dengan versi menggunakan stanza satu saja, mengapa kita tidak menyanyikan versi fullnya ( tiga stanza)? Hal ini karena kita lebih sering mendengar versi satu stanza daripada tiga stanza, dan guru-guru kita juga mengajarkan demikian. Sehingga lagu Indonesia Raya dengan satu stanza lebih melekat dibandingkan versi fullnya.

Hormat Lagu Indonesia Raya

Berdasarkan peraturan yang ada di UU RI Nomor 24 Tahun 2009 cara menyanyikan indonesia raya tertera pada pasal 60, dimana dinyanyikan secara lengkap satu stanza dengan pengulangan satu kali pada bait ketiga (refrein). Sedangkan untuk tiga stanza tertera pada pasal 61 untuk tata menyanyikannya.

Ini yang harus diperhatikan makeitationer, yaitu cara kita bersikap ketika kita menyanyikan atau bahkan mendengar lagu Indonesia raya. Berdasarkan pasal 62 UU RI Nomor 24 Tahun 2009, “Setiap orang yang hadir pada saat Lagu Kebangsaan diperdengarkan dan/atau dinyanyikan, wajib berdiri tegak dengan sikap hormat.

Sering kali ketika ada suatu acara di sekitar kita menyanyikan Lagu Indonesia Raya, banyak orang yang acuh tidak peduli dan sibuk dengan kepentingannya sendiri. Padahal Lagu Indonesia Raya begitu sakral bagi Rakyat Indonesia. Kurangnya pengetahuan dan nilai-nilai sejarah mengenai Lagu Indonesia Raya membuat masalah ini terjadi.

Kebayang tidak ketika kamu mengendarai sepeda motor, mobil, dan kendaraan lainnya dan tiba-tiba suara Lagu Indonesia Raya terdengar, apa yang kamu akan lakukan ? Tetap berkendara atau berhenti sejenak dan dengan hikmat memaknai lagu Indonesia Raya tersebut.

Sikap ini mungkin dianggap hal yang sangat sepele namun dengan tindakan ini kita benar-benar menghargai negara kita dan bersikap sebagai seorang yang cinta tanah air. Sehingga melekatlah rasa perjuangan untuk membela tanah air yang kita cintai ini. Bisa kita saksikan setiap ajang olahraga ketika Lagu Indonesia Raya dinyanyikan, para atlet kita dengan sikapnya yang berdiri tegak dan memberikan hormat menandakan begitu cintanya mereka dengan tanah air dan siap untuk membela dan mengharumkan negara kita di ajang olahraga dunia.

Lalu, ini dia hukuman bagi mereka yang melanggar aturan tentang Lagu Indonesia Raya. Aturan hukum pidana tersebut tertera pada pasal 70 dan 71 UU RI Nomor 24 Tahun 2009, dimana hukuman pidana maksimal hingga 5 tahun dan denda maksimal 100 juta rupiah. Jadi jangan main-main dengan Lagu Kebangsaan Negara kita, karena ada aturannya makeitationer.

Jadi makeitationter, hargailah lagu kebangsaan kita karena begitu besar makna yang terkandung pada lagu tersebut. Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu, tapi tanyakan apa yang kamu berikan kepada negaramu! (John F. Kennedy). Berjuang demi negara, membela, dan mengharumkan tanah air kita merupakan kewajiban setiap warga negara. Mari mulailah dengan sikap menghargai lagu kebangsaan kita Indonesia Raya.

NO COMMENTS