Kunci Sukses Belajar: Jangan Menghafal, Tapi Pahami!

Kunci Sukses Belajar: Jangan Menghafal, Tapi Pahami!

4918
1
SHARE

Hello Makeitationers! Udah lama nih gue nggak nge-post lagi! Yaa, maklumlah gue kemaren sibuk skripsian ( padahal sekarang masih sih 😀 ). Semoga makeitationers tetap sehat dalam lindungan-Nya.

Well, hari ini merupakan hari tes SBMPTN untuk adek-adek kita yang mau ngelanjutin belajarnya ke bangku kuliah. Dan biasanya sebelum tes, minimal mereka pasti udah belajar duluan tentang tes yang mereka hadapi hari ini. Soalnya gue udah pernah ngalami ya, hal yang beginian.

*

Ngomongin tentang belajar, pernah nggak sih lo ngerasa gini sewaktu tesnya SBMPTN,

“Kok soal-soal tesnya nggak ada yang sesuai ya, dengan rumus-rumus yang udah gue pelajari?”

Gue paling sering denger pertanyaan ini saat tes SBMPTN atau tes yang setingkat lainnya selesai dilaksanain. Kebanyakan kita masih bingung kenapa hal ini bisa terjadi. Penyebabnya hanya terdri dari satu kata, yaitu:

MENGHAFAL

Ada apa dengan menghafal? Kenapa menghafal bisa menjadi masalah? Padahal itu udah emang caranya untuk supaya tetap ingat dengan rumus-rumus atau definisi-definisi tertentu.

Okay, gue jelasin! Menghafal adalah aktifitas yang dilakukan seseorang agar ide-ide yang dihafal tetap diingat. Sebenernya, nggak ada yang salah ya, dengan kata menghafal, tapi hal ini menjadi sebuah masalah jika digunakan sebagai tujuan belajar.

KENAPA?

Karena tujuan belajar sebenarnya adalah untuk melatih kita berpikir, bukan MENGHAFAL MATERI.

(Baca: Belajar yang bener itu dengan “LEARN” bukan dengan “STUDY”)

Menurut bro Wisnu, dalam tulisannya di Zenius blog, menghafal merupakan teknik berpikir yang sifatnya konkret, maksudnya berpikir yang hanya memperhatikan bagian permukaannya saja, seperti menghafal rumus atau definisi. Dan ketika lo sudah terbiasa berpikir dengan cara ini, lo otomatis akan menghilangkan 3 esensi dari tujuan belajar yang sebenernya.

1. Kurangnya Kemampuan Lo dalam Mengklasifikasikan Sesuatu

Saat lo belajar, informasi yang lo terima akan menjadi sangat beragam. Di saat lo menerimanya, lo bakalan butuh kemampuan untuk mengklasifikan informasi tersebut menjadi beberapa bagian.

Nah, jika ini menghafal ini menjadi kebiasaan lo saat belajar, maka lo akan melihat informasi tersebut nggak detil dan yang lo terima hanya hal yang mendasarnya aja (tidak detail). Ini nih yang menyebabkan lo kebingungan saat menghadapi soal-soal tes SBMPTN. Lo yang seharusnya dapat soal-soal yang seperti pada saat lo belajar, tapi malah soal yang beda dan bingung mau ngerjainnya gimana.

2. Lo Kurang Menggunakan Logika

Belajar yang sebenernya akan mengaktifkan logika lo. Sedangkan jika lo hanya sekedar belajar dengan menghafal, maka dapat dipastikan kemampuan berlogika lo lemah banget. Contohnya yang seperti Wisnu jelaskan:

Misalkan lo nemuin satu soal di tes SBMPTN yang topiknya sama dengan soal yang lo pernah pelajari sebelumnya, dan lo udah hafal rumusnya. Akan tetapi, soal tersebut meminta lo mencari jawaban yang beda. Dan akhirnya, lo akan bingung gimana cara mengotak-atik rumus yang udah lo hafal untuk mendapat jawaban yang benar.

3. Lo Sulit akan Sulit Berimajinasi

Saat menghafal, otak lo akan melakukan pekerjaan + mengolah informasi yang itu-itu aja (statis). Apabila otak lo melakukan hal ini terus-menerus dalam belajar, maka otak lo akan cenderung stagnan saat mengolah informasi.

Selebihnya, jika otak lo menerima permasalahan yang baru, maka sudah dipastikan bakalan K.O. saat akan mencoba menyelesaikan permasalahan tersebut. Ini terjadi karena otak lo hanya digunakan untuk hal yang itu-itu aja, jadi lo sulit mengimajinasikan sesuatu.

**

MAKE IT ACTION!

Bukan berarti mengahafal itu nggak punya benefit ya, cuma lo harus tempatin dimana seharusnya menggunakan teknik menghafal dalam belajar. Jangan menggunakannya pada setiap saat belajar karena sebenernya belajar itu dimaksudkan untuk mengerti atau memahami suatu konsep tertentu. Jadi, menghafal akan menjadi sangat efektif jika lo memahami konsep duluan.

Misalkan, saat lo mencoba mempelajari sistem pencernaannya manusia di pelajaran Biologi, maka pastikan lo harus menguasai konsepnya dulu, seperti apa sih definisinya, bagian-bagian alat pencernaan dan perannya, gimana prosesnya, dan lain-lain, tanpa menghafal terlebih dahulu. Dengan begitu, lo akan lebih mudah nyelesein soal-soal yang berhubungan dengan sistem pencernaan, walaupun soalnya diotak-atik.

Happy learning!

***

Wassalam.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY