Jadi Juara Presentasi Hanya dengan 5 Langkah Super

Jadi Juara Presentasi Hanya dengan 5 Langkah Super

1152
0
SHARE
Presentasi JUARA

Heylo Makeitationer, berjumpa lagi dengan saya, gimana kabarnya? Semoga sehat selalu karena sehat itu hal yang sangat mahal. Bagaimana caranya kamu busa menjadi juara presentasi ? Kamu harus membaca 7 langkah membuat presentasi menarik untuk personal dan 7 step membentuk tim presentasi yang luar biasa.

Ketika kamu sudah membentuk individu dan tim yang baik dalam presentasi, kamu dapat menguji kemampuanmu dan berkompetisi dengan orang lain. Kompetisi dalam presentasi biasanya dilakukan dengan mengikuti kompetisi kepenulisan seperti essay, karya tulis ilmiah, paper, proposal, bisnis, PKM PIMNAS, Mawapres dan lainnya. Presentasi biasanya memberikan kontribusi kepada kemenangan sebesar 60% dari keseluruhan poin. Tentunya dengan membaca artikel sebelumnya kamu sudah layak memenangkan bagian presentasi dalam kompetisi, tetap masih ada pelengkap yang harus dilakukan. Berikut beberapa langkah mudah yang harus kamu lakukan untuk memenangkan kompetisi yang baik tersebut:

1. Tema Lomba

Ingatlah tema lomba setiap pertandingan berbeda, tergantung dari jenis kompetisi yang kamu ikuti. Improvisasilah menggunakan data yang relavan untuk menyesuaikan tema yang ada pada perlombaan. Ingat, tujuan kompetisi bagi penyelenggara adalah untuk menyelesaikan permasalahan yang mereka angkat dengan tema mereka.

TEMA KELISTRIKAN

Jadi karya yang kamu presentasikan haruslah sesuai untuk menjawab solusi dari masalah mereka. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan bahwa tidak semua metode presentasi pasti sama dalam jenis lomba yang berbeda.

2. Perlengkapan untuk Menang

Prototype merupakan salah satu penunjang kemenangan. Kamu harus membuat karya yang nyata dalam suatu kompetisi, seandainya itu berupa rancangan tunjukkan bahwa rancanganmu bisa menjadi nyata. Itulah fungsi dari public speaking kamu ketika presentasi, meyakinkan mereka dengan karya kamu. Kamu juga tidak boleh berbicara tanpa ada dasar, oleh sebab itu kamu harus mempunyai data yang relavan dengan presentasi kamu.

Prototype

Apabila kamu tidak bisa membawa prototype-nya karena alatnya cukup besar, atau suatu kegiatan sosial (bukan alat) dan hal lainnya. Kamu boleh membuat video yang membuktikan karya kamu nyata.

3. Berlatih

Selalu berlatih pada setiap artikel yang saya berikan, alasannya karena kali ini kamu harus berkompetisi. Berlatih sangat diperlukan sehingga kamu tidak menyesal dengan hasilnya nanti. Kamu harus bisa mengatur waktu, figur, tim (kalau kelompok), dan hal-hal lainnya yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya.

berlatih

Tetapi kali ini kamu harus ingat bahwa dalam kompetisi kamu harus bisa menarik perhatian juri untuk memberikan kamu poin yang banyak. Setiap juri tentunya punya karakter dan keilmuan yang berbeda, sebaiknya kamu mengenal jurinya sehingga kamu bisa lebih mempersiapkan diri. Kamu harus yakin dengan karyamu, tetapi jangan pernah bilang karyamu sempurna tanpa cacat, berilah batasan pada karyamu dan itulah kelemahannya.

4. Berdo’a dan Minta Restu Orang Tua

berdo'a

Setelah kamu berusaha, selanjutnya kamu harus bergantung kepada Tuhan, yaitu Allah SWT. Jangan lupa juga minta restu orang tua, kamu bisa lihat keajaiban restu orang tua pada artikel pertama saya.

5. Jangan Menyerah

Jangan Pernah Menyerah

Kata pepatah “usaha tidak pernah menghianati hasil”. Jadi kalau kamu sudah mengikuti langkah saya namun kamu masih mengalami kegagalan jangan down. Mungkin saja yang lain lebih banyak berusaha dibandingkan kamu, atau mungkin ada sesuatu yang kurang dari penampilanmu. Oleh sebab itu, kalau kamu menyerah dan tidak mau lagi mencoba mengikuti kompetisi lagi, maka kamu tidak akan menjadi lebih baik. Jangan menyerah dan teruslah berusaha sehingga setiap kamu gagal, justru kemampuanmu akan menjadi lebih baik.

 

Berikut contoh-contoh video yang bisa kamu akses lewat youtube :

Juara 1 Lomba Presentasi Perpajakan di KP2KP Bangil tgl 29 Oktober 2013 https://www.youtube.com/watch?v=X67Nm10hPLg

Presentasi Peraih Perak PKM KC PIMNAS 2016 https://www.youtube.com/watch?v=0nbb60fCjoQ

Presentasi Memukau dan Menarik untuk Presentasi Karya Ilmiah/ Paper https://www.youtube.com/watch?v=gtf6rN–tqY

Best presentation of pimnas 2014 https://www.youtube.com/watch?v=g9xgQ5k5CAc

Berdasarkan video-video yang sudah saya share diatas, seperti penjelasan di artikel saya sebelumnya mengenai presentasi. Ingat waktunya terbatas kurang dari 15 menit dan juga semua presenter memulai presentasi dengan sesuatu yang menarik.

MAKE IT ACTION

Jadi Makeitationer, ingatlah dalam memenangkan kompetisi kamu harus benar-benar mempersiapkan dirimu untuk menjadi pemenang. Istilah mendapatkan pengalaman, hanyalah bonus dari kegagalan sementara atau kemenangan dari hasil yang kamu dapatkan. Jadi yang manapun kamu dapatkan, semua merupakan proses, tidak ada yang sia-sia dan teruslah mengejar impian menjadi juara.

Artikel dengan tema aksi memutuskan pacar di bulan ramadhan akan diterbitkan pada tanggal 23 Mei 2018 atau sebelumnya. Tetap simak artikel makeitation.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY