Kuliah di jurusan teknik informatika, kenapa tidak ?

Kuliah di jurusan teknik informatika, kenapa tidak ?

2423
0
SHARE

hallo makeitationer, berjumpa lagi dengan admin. pada kali ini saya akan berbagi kembali mengenai kuliah di jurusan teknik informatika. Teknik informatika juga merupakan jurusan kuliah yang paling diburu pada seleksi masuk perguruan tinggi negeri.

sebelumnya, saya pernah membuat postingan tentang kuliah di jurusan teknik elektro juga. saya sekrang lebih focus berbagi mengenai dunia perkuliahan di dunia informatika.

Teknik mendengar kata teknik pasti ini semuanya pada mikir alat-alat teknologi fisikka, pesata jet, nuklir, roket. memang benar. mungkin ada yang bertanya jurusan teknik itu apaan sih. jadi gini ini, jurusan teknik itu adalah suatu ilmu yang mempelajari cara merekayasa sesuatu sehingga hal tersebut bermanfaat untuk kita.

mungkin bagi teman teman siswa kelas 12 sma yang sedang mencari tahu informasi mengenai jurusan teknik informatika, ini adalah artikel yang tepat untuk kalian. mungkin jurusan teknik informatika tidak asing lagi bagi sebagian teman teman. apa sih jurusan teknik informatika itu ? jurusan teknik informatika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana kita sebagai mahasiswa mengelola logika matematika dalam pengelolaan dan pengaturan informasi yang berupa transformasi data atau pengolahan fakta fakta simbolik dengan memanfaatkan teknologi computer seoptimal mungkin.

Teknik informatika itu mata kuliahnya apa aja sih ?

yang dipelajari di teknik informatika secara umum yaknik matematika diskrit, algoritma dan pemrograman, dasar pemrograman computer, dasar teknologi informasi, struktur data, pengolahan cintra digital, multimedia, website,  basis data, jaringan computer, manajemen informasi, pemrograman berorientasi obyek, keamanan informasi, mobile programming , internet of thing dan masih banyak lagi. rata rata mata kuliah di informatika mengajarkan bagaimana membuat suatu kode program (coding) menggunakan computer dengan algoritma dan logika tertentu dalam rangka menyelesaikan suatu permasalahan.

lihat saja produk produk teknologi berbentuk software yang sedang berkembang dan majunya seperti platform aplikasi GOJEK, TOKOPEDIA, BUKALAPAK dan lain sebagainya. dengan satu aplikasi, bias membuat suatu perusahaan. kebanyakan informatika diterapkan pada bisnis sekala enterprise dan merupakan suatu kunci kemajuan suatu perusahaan. maka selamat jika anda sudah masuk ke jurusan teknik informatika.

banyak perusahaan perusahaan yang bergerak di bidang software house yang memproduksi software software berbasis website, android mobile, desktop dan lain sebagainya.

Informatika itu mata kuliahnya apa saja sih ?

selama menjadi mahasiswa teknik informatika, maka mita akan menemui mata kuliah seperti

  • matematika diskrit
  • kalkulus
  • dasar pemrograman dan komputer
  • algoritma dan pemrograman
  • rekayasa perangkat lunak
  • pemrogramanan berorientasi obyek
  • Jaringan komputer
  • kecerdasarn buatan
  • teknik interfacing dan sistem embedded
  • pemrograman berbasis mobile
  • pengolahan citra digital
  • metode numerik
  • algoritma dan struktur data
  • kemanan informasi
  • machine learning
  • E-commerce
  • aljabar linear
  • Internet of Thing
  • dan lain lain

Bagaimana suasana perkuliahan di teknik informatika ?

Kuliah di jurusan teknik informatika, kenapa tidak ?

mahasiswa TI (teknik informatika) itu rata rata orang-orangnya sibuk sibuk semua. kebanyakan bahkan hampir seluruh mahasiswanya menghabiskan waktunya di depan laptop untuk mengerjakan tugas-tugas yang selalu berdatangan. jangan salah loh, tuganya itu bukan sembarang tugas. dengan banyaknya tugas tugas yang datang tersebut, maka akan memberikan jam terbang dan pengalaman untuk calon informati engineer. karena kebanyakan tugas tugas kuliahnya mereka dalam benruk software seperti membuat website, membuat aplikasi berdasarkan kasus yang diberikan dosen, proyek perangkat lunak, dan lain sebagainya. tidak jarang mahasiswa TI itu juga melakukan kerja sebagai seorang freelance progrrammer. internet di kampus tentu saja harus memiliki speed yang cepat untuk menunjang kebutuhan mobilisasi mahasiswa TI. mahasiswa teknik informatika juga memiliki beberapa praktikum dan laporannya diketik. setiap kali selesai mengerjakan laporan, harus diperiksa oleh asisten – asisten yang ditunjuk dosen supaya laporannya benar. jika masih ada yang salah, maka harus dilakukan revisi. kebanyakan laporannya itu isinya analisa program dan algoritma sehingga mahasiswa teknik informatika dituntuk untuk bisa menguasai dan memahami setiap percobaa dalam praktikum teknik informatika.

setiap mahasiswa baru yang baru saja masuk dan bergabung di jurusan teknik informatika ini diwajibkan mengikuti kegiatan kaderisasi yang diselenggarakan oleh organisasi resmi dibawah naungan jurusan teknik informatika. jika tidak mengikuti pengkaderan tersebut, maka mahasiswa yang bersangkutan tersebut tidak akan mendapatkan fasilitas yang ditawarkan oleh himpunan mahasiswa teknik informatika seperti tidak boleh mengikuti pelatihan-pelatihan resmi yang diadakan oleh himpunan mahasiswa teknik informatika seperti pelatihan programming, jaringan, data mining, IoT dan lain sebagainya. tidak jarang juga mahasiwa yang tidak mengikuti program pengkaderan HMIF akan dipersulit dalam urusan kuliah dan praktikum. jadi bagi kalian yang baru saja memasuki kuliah semester 1 di jurusan teknik informatika, mendingan dari pada nganggur di kost nggak jelas, jomblo ngenes, nggak ada kerjaan, mendingan ikut aja pengkaderan himpunan sebab di acara tersebut kalian akan dibimbing bagaimana cara hidup sebagai mahasiswa teknik informatika sehingga bisa memiliki jiwa yang kuat dan berprinsip tangguh menjalani kehidupan di jurusan teknik informatika.

Bagaimana sih prospek kerja lulusan teknik informatika itu ?

Programmer

Kuliah di jurusan teknik informatika, kenapa tidak ?

menjadi seorang programmer itu adalah kerjaan kebanyakan alumni teknik informatika. karena di jurusan teknik informatika ini memang lebih fokus ke perangkat lunak yakni mendesaign dan membuat program / software yang mana profesinya disebut sebagai programmer.

Siapa sih yang tidak butuh software untuk memudahkan dalam mengerjakan suatu pekerjaan.semua perusahaan, instansi, sekolah, institusi butuh sekali yang namanya program software tersebut karena bisa jadi program tersebut menjadi kunci penggerak suatu lembaga. jadi kesempatan karir untuk seorang programmer sangat luas. dengan satu aplikasi saja, bisa membuat sebuah start up mialkan ini applikasi yang sudah ada traveloka, gojek, tokopedia mereka semua hanya mengandalkan aplikasi untuk menjalankan proses bisnisnya. jika tidak ada aplikasi tersebut, maka perusahaan perusahaan tersebut tentunya tidak ada.

bidang programmer itu sangat luas karena memiliki banyak spesialisasi dan keahlian tersendiri tergantung dari jenis aplikasi yang dibuat baik itu aplikasi berbasis desktop, website maupun mobile.

jadi jika teman teman ingin dan berniat untuk menjadi seorang programmer maka teman teman harus tentuin dulu mau fokusnya ke mana. mungkin teman teman mau fokus ke pengembangan web maka harus paham yang namanya HTML, CSS, PHP, JavaScript, Jquery dan lain sebagainya. jadinya ketika tamat sudah bisa dan diharuskan berpengalaman dalam membuat program sendiri. hanya saja, di kampus nanti hanya diajarkan pengantarnya saja sehingga kalian hanya dapat kulitnya saja.

untuk bisa benar benar ahli dalam programming, nggak cukup cuman mengandalkan materi di kelas bahkan hal tersebut sangat kurang. maka jalan satu satunya adalah teman teman harus punya jam terbang sendiri dalam membuat program komputer. jadi, belajar otodidak lah.

Network Enginer

Kuliah di jurusan teknik informatika, kenapa tidak ?

network engineer adalah sebuah pekerjaan yang mempunyai tugas untuk mengurusi suatu jaringan pada suatu perusahaan. jadi lulusan teknik informatika dapat bekerja sebagai network engineer di perusahaan atau instansi. mereka memiliki tugas untuk memastikan jaringan komputer/internet di suatu perusahaan dapat berjalan dengan baik dan stabil. mereka rata rata jago mengelola jaringan, merancang jaringan komputer, CISCO, konfigurasi IP, membuat server, mengelola server, Virtual private server, hosting dan lain sebagainya.

Database Engineer / Administrator

Kuliah di jurusan teknik informatika, kenapa tidak ?

database engineer atau administrator adalah orang yang bertugas untuk mengimplementasi, pemeliharaan dan perbaikan database. jadi lulusan teknik informatika sangat bisa sekali bekerja sebagai database engineer atau administrator. mereka bertindak juga sebagai koordinator database programmer dan terkait erat dengan system analysist, database modeler dan sistem modeler. biasanya perusahaan atau instansi yang memerlukan database besar bergerak dalam bidang enterprise bisnis yang besar misalnya seperti BRI, Facebook, twitter, google yang memerlukan database yang sangat besar untuk mengorganisir penggunanya. jadi mereka jago banget desain database aplikasi menggunakan MySql untuk versi website, bahkan untuk sekala mobile pun seperti SQLite dan firebase (android)

Data Engineer (Business Intelligent Analysis)

Kuliah di jurusan teknik informatika, kenapa tidak ?

ini adalah prospek yang lagi ngetrand di dunia informatika di zaman milenia ini. permintaan terhadap data engineer ini terus mengalami perningkatan yang tinggi. Data engineer ini akan melakukan pengumpulan data-data dalam jumlah besar (data history catatan transaksi, kepuasan pelanggan, catatan jual beli, laba-rugi dan lain sebagainya) lalu menganalisisnya untuk didapatkan informasi yang tersembunyi pada data-data tersebut sehingga bisa membantu dalam pengambilan keputusan. dengan adanya kontribusi dari divisi business intelligent Analysis, akan memberikan strategi-strategi yang menguntungkan perusahaan dalam meningkatkan penjualan dari suatu produk perusahaan. sebagai calon data engineer, maka kemampuan statistika, programming, database, machine learning, data mining, algoritma, struktur data akan sangat diperlukan bagi lulusan teknik informatika.

sebenarnya masih banyak lagi posisi yang bisa ditempati oleh seorang lulusan teknik informatika. dia bahkan bisa bekerja sebagai PNS yang mengabdikan diri untuk kepentingan negara. kalau jadi PNS, penempatannya tida jauh jauh dari background pendidikannya yakni di KOMINFO. bahkan bisa menjadi pengajar atau pelatihan komputer pemrograman dan lain sebagainya.

mungkin itu saja yang bisa admin berikan semoga ada manfaatnya dan wawasan teman teman tentang kuliah di teknik informatika semakin terbuka. semangat. sampai berjumpa pada artikel selanjutnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY