Lo Harus Tahu Perbedaan Passion dengan Hobi!

Lo Harus Tahu Perbedaan Passion dengan Hobi!

2739
0
SHARE
Lo Harus Bedain Mana itu Passion dengan Hobi!

Halo Makeitationers!

Akhir-akhir ini gue sering nge-share postingan tentang gimana sih lo bisa meraih kesuksesan melalui passion lo. Hal ini gue lakuin karena memang gue sekarang sedang berjuang membuat diri gue sukses besar melalui passion gue. Menurut gue, melakukan passion merupakan hal yang paling menantang sekaligus seru dalam hidup gue.

Tapi mungkin lo bertanya:

“Apakah dijamin kalo gue punya passion, gue akan sukses?”

Ini memang pertanyaan yang paling sering gue denger ketika gue sharing tentang pentingnya passion buat diri sendiri (di kampus gue). Banyak dari temen-temen gue dan mungkin lo juga belum ngerti kenapa memiliki passion itu bisa membuat lo sukses. Jadi, mereka sepertinya ngeremehin impact besar memiliki passion terhadap kesuksesan lo.

Well, kali ini gue mau tunjukin ke lo kalo passion memang jalan penentu kesuksesan. Let’s check it out!

*

“Tau nggak sih apa artinya passion?”

Passion merupakan kata dari bahasa inggris yang dalam bahasa indonesia berarti keinginan besar. Maksudnya keinginan besar disini, yaitu ketika lo suka sesuatu dan melakukannya bener-bener didasari atas kemauan diri lo sendiri, tanpa paksaan.

Lo Harus Bedain Mana itu Passion dengan Hobi!

Kebanyakan orang mengartikan passion itu adalah hobi, padahal orang yang berhobi sebernarnya belum tentu ber-passion. Yang lebih parah lagi, ada yang ngerasa punya hobi, padahal hal yang mereka lakukan itu merupakan sebuah kebutuhan, seperti hobi tidur, makan (ini memang bener-bener udah parah banget, gue pikir).

Passion itu berbeda dari hobi, apalagi kebutuhan. Gue perlu tekankan lagi, passion itu keinginan besar, bukan sesuatu yang hanya lo suka (seperti hobi), terlebih lagi kebutuhan (udah out of the context banget).

**

“Kenapa passion itu penting banget?”

Pernah nggak lo denger atau baca quote-nya Mario Teguh yang ini:

“Memang uang itu bukan segalanya, tapi segalanya lebih mudah dengan uang.”

Ini persis banget dengan yang gue pikirin tentang passion dan kesuksesan, jadinya gini:

“Memang passion itu bukan penentu kesuksesan, tapi kesuksesan lebih mudah diraih dengan passion.”

Dari semua cerita orang yang telah berhasil dalam kesuksesan besarnya, lo pasti tandain satu hal yang paling menonjol dalam diri mereka, PASSION. Albert Einstein dengan passion-nya di bidang Fisika, Ibnu Sina dengan passion-nya di bidang Kedokteran, Pablo Picasso dengan passion-nya di bidang melukis, dll.

Lo Harus Bedain Mana itu Passion dengan Hobi!
Albert Einstein
Lo Harus Bedain Mana itu Passion dengan Hobi!
Ibnu Sina
Lo Harus Bedain Mana itu Passion dengan Hobi!
Pablo Picasso

Banyak orang berpikir kalo passion itu tidak lebih penting dari kerja keras. Menurut gue, pernyataan ini salah besar. Perhatikan! Jika lo lihat lagi ke definisinya passion, pernyataannya itu udah melenceng banget.

Lo nggak akan disebut punya kalo lo nggak mau bekerja keras terhadap apa yang lo sukai. Passion bukan hanya sekedar kesukaan yang besar terhadap sesuatu, tapi hal yang dilakukannya juga sungguh-sungguh, yang otomatis berarti kerja keras (*lihat definisi: tanpa paksaan).

So, passion ini bisa gue sebut resep komplitnya kesuksesan. Dengan lo punya passion, lo otomatis akan melakukannya sesuatu yang bener-bener lo sukai dengan sungguh-sungguh dan tanpa paksaan.

Masih kepikiran kalo passion belum tentu akan menyukseskan lo?

Gue kira udah jelas ya kalo passion itu penting banget untuk kesuksesan lo.

Baca juga:

Lo Punya Passion, Tapi Hanya Ingin Anti-mainstream!

 

***

Make It Action!

Lo harus renungin lagi kalo passion itu bukan hanya sekedar kesukaan yang sering lo samain dengan hobi. Itu beda. Passion itu dilakuin dengan sungguh-sungguh, bukan hanya karena itu kesenangan lo aja. Ingat! Passion itu tentang meraih kesuksesan lo dengan apa yang lo sukai.

Wassalam!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY