Maksimalkan Promosi Bisnis Lo dengan Copywriting

Maksimalkan Promosi Bisnis Lo dengan Copywriting

2677
0
SHARE

Halo Makeitationer! Sebelumnya gue pernah ngebahas tentang beberapa skill apa saja yang bisa membuat lo punya penghasilan tinggi, dan salah satunya adalah Copywriting!

Well, Copywriting sudah digunakan oleh banyak pebisnis-pebisnis professional untuk mendapatkan profit yang besar. Tapi sayangnya, pebisnis-pebisnis pemula belum begitu mengenal apa itu copywriting dan gimana impact-nya kalo mereka menggunakan skill yang satu ini dalam bisnis mereka.

Sesuai dengan istilahnya, Copywriting adalah skill yang simple banget, yaitu skill berpromosi atau menjual dalam bentuk tulisan.

Tapi bukan berpromosi atau menjual dengan kata-kata asal-asalan yah, karena kalo lo melakukan itu justru menjadi boomerang buat bisnis lo sendiri nantinya.

Copywriting punya komposisinya tersendiri untuk membuat penawaran lo pada akhirnya nggak akan bisa ditolak oleh calon pembeli yang membacanya. So, itu kenapa gue bilang diatas para profesional  banyak menggunakan skill ini untuk mendapatkan profit yang besar dalam bisnis mereka.

*

Diartikel ini, gue akan nge-share komposisi utama dari Copywriting untuk membuat promosi/penjualan dibisnis irresistible (nggak bisa ditolak)!

So, ini 10 komposisi utama Copywriting-nya!

**

1. Headline

Headline merupakan kalimat yang berisi statement yang menarik banget banget bagi pembaca.

Fungsi utama dari Headline ini sendiri, yaitu untuk membuat pembaca membaca paragraph pertama pada Copywriting lo. Gue ibaratkan Headline ini, seperti umpan pada kail pancing. Jika ikan udah memakan umpan, maka dengan mudahnya lo bisa menarik ikan tersebut.

Naturally, orang-orang suka dengan BARU, UNIK, ANEH, BERGUNA. Jadi, 4 faktor ini bisa jadi tolak ukurmu untuk ngebuat Headline yang bener-bener bisa menarik orang.

For Instance, kata “TEMUKAN”, “MEMPERKENALKAN”, “MAKSIMALKAN”, dan “MENGUMUMKAN” adalah kata yang bisa lo gunain dalam Headline lo.

2. Opening

Isi dari Opening adalah beberapa set kriteria kepada siapa Copywriting ini ditujukan dan pembahasan apa yang sedang dibahas dalam Copywriting tersebut.

Biasanya opening ini membahas rangkaian masalah dari Pembaca yang semakin mengerucut, yang hingga pada akhirnya berakhir pada masalah utama dari pembaca tersebut.

3. Credential

Credential adalah kredibilitas lo sebagai seorang penawar atau penjual product/service saat berbisnis.

Apa itu kredibilitas? Itu adalah suatu hal yang ngebuat lo dipercaya oleh para pembaca.

Apa pentingnya? Orang-orang, pada dasarnya, selalu skeptical (nggak mau tau) terhadap lo, apalagi lo benar-benar asing bagi mereka. Apapun yang lo sampeiin, mereka cenderung males ngedengerin lo karena mereka berpikir gini:

“Kenapa gue harus denger lo? Kenal aja kagak?”

So dengan Credential, lo akan ngebangun trust (kepercayaan) dalam diri mereka terhadap diri lo, yaitu dengan ngejelasin dengan serinci-rincinya apa yang terjadi didiri mereka di-Copywriting lo.

4. Offer

Offer artinya tawaran. Jadi, ini adalah bagian, dimana lo menawarkan product/service yang sebenarnya bisa menjadi solusi dari permasalahan mereka.

Ada 2 komponen inti yang penting banget saat lo ngebuat Copywriting lo, yaitu Feature dan Benefit.

  • Feature adalah product/service apa yang lo tawarin
  • Benefit adalah fungsi atau kegunaan dari product/service yang lo tawarin

5. Bullet

Bukan peluru yah! Tapi point-point yang menguatkan offering (tawaran) lo.

Kenapa ini penting?

Bayangkan sendiri aja, kalo lo ditawarin oleh orang suatu product/service terus feature dan benefit sedikit atau kecil banget, gimana?

Pasti males kan belinya? Jelas dong, siapa sih yang mau rugi.

So, dengan Bullet ini lo bisa jelasin feature dan benefit dari offer sebanyak mungkin, tapi jangan sampai ngerusak credecial lo yah karena feature dan benefit yang nggak masuk akal a.k.a. bohong.

6. Testimonials

Orang-orang cenderung untuk percaya kepada orang ketiga karena memang pendapat mereka bersifat netral. Nah, Testimonials ini adalah pendapat-pendapat dari orang-orang yang udah tau tentang product/service yang akan lo tawarin.

Ini powerful banget untuk Copywriting lo, dan juga menambah level trust mereka terhadap offering lo.

7. Valid Justification

Pernah nggak lo ditawarin barang yang punya 1 tipe? Dan lo berpikir, kalo nggak tertarik dengan barang itu, yaudah lo nggak akan beli.

Dan pernah nggak lo  ditawaran barang yang tipe 2, 3, atau lebih? Lo pasti berpikir gini, mana yah yang lebih bagus atau yang baik buat gue.

“Daripada yang ini, saya mendingan pilih yang ini aja deh!”

Manusia pada dasarnya suka banget dengan pilihan. So, dengan adanya pilihan, dia bisa menimbang yang terbaik untuk dipilih nantinya, bukannya untuk berpikir menolak.

Beri pembaca copywriting lo tawaran yang lebih berat dari yang tawaran yang akan lo tawarkan.

For instance, “Konsultasi X langsung dengan saya akan membuat merogoh kocek hingga 5 juta, jika dibandingkan dengan mengambil penawaran 1 set video tentang X ini dengan harga hanya 900rb.”

8. Risk Reversal

Pernah nggak lo beli product/service, terus lo diberi garansi 1 bulan, 6 bulan, atau 3 tahun?

Nah, ini dia yang dinamakan risk reversal atau resiko yang berbalik.

Ada dengan garansi?

Orang-orang cenderung takut dengan resiko saat mereka mengambil keputusan. So, dengan memberi mereka garansi, lo bisa membuat berpikir bahwa mereka berada dalam bisnis yang aman, bukannya tipu-tipu. Sekali lagi, ini menambah level credential lo dimata mereka.

9. Call to Action

Setelah lo ngejelasin semuanya, selanjutnya lo harus sejelas-jelas dan sesimpel-simpelnya, biar mereka bisa ngehubingin lo buat ngelanjutin ke dalam transaksi pembelian product/service.

10. Urgency

Satu hal yang harus lo perhatiin, orang-orang cenderung suka untuk menunda. So, lo harus ngejelasin ke mereka, kenapa mereka harus beli sekarang juga.

Buat mereka untuk membeli offering lo sekarang juga! Ada banyak cara, seperti jumlah suplai terbatas, waktunya terbatas, dll.

Baca Juga: Lo Harus Tahu Perbedaan Passion dengan Hobi!

***

Make It Action!

Well makeitationer, Sekali lagi, gue ingetin kalo Copywriting ini powerful banget buat promosiin product/service lo. Sekarang lo udah tau nih komposisinya Copywriting-nya, tinggal dieksekusi aja yah! Selamat menulis!

Kalo ada pertanyaan, bisa langsung tanya lewat kolom komentar yah! Jangan lupa juga, lo bisa beri gue masukan tentang ide-ide apa lagi yang bisa gue tulis diartikel berikutnya!

Sekian dari gue!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY