Block’s Writer? Nggak Mood? Ini cara ngalahin mereka!

Block’s Writer? Nggak Mood? Ini cara ngalahin mereka!

278
0
SHARE

Assalamu’allaikum, Makeitationer! Disini ada penulis atau hobinya nulis tapi setiap kali nyoba nulis selalu aja nggak ada kata-kata yang keluar dan akhinya kena block’s writer? Atau yang sering nggak ‘mood’ buat nulis? Here! Tips buat kalian yang sering kena block’s writer syndrome setiap kali mau nulis cerita.

Make an Outline!

What is Outline? Outline berarti rencana penulisan yang memuat garis besar dari apa yang akan kamu tulis, memuat ide-ide dan bagian-bagian penting, serta disusun secara teratur dan sistematis. Tulis semua ide yang kamu punya, biasanya saat kamu memulai ide yang pertama, ide-ide berikutnya akan muncul, dan keinginan menulis semakin besar, so, jangan ragu untuk keluarin semua ide kamu!

Prepare for Writing Your WIP

Selalu baca paragraph terakhir dari cerita yang kamu tulis dan buat catatan-catatan kecil tentang apa yang akan terjadi selanjutnya. Kata-katanya nggak perlu kamu permanis, cukup tulis apa adanya. Saat kamu melakukan ini, kamu mungkin akan termotivasi untuk menulis dan menemukan kata-kata mengalir dengan lancar dikepalamu.

Let’s Read! Let’s Listen! Let’s Watch! Let’s Chat!

Sejarah, filosofi, psikologi, science, berita, dan bahkan teori-teori konspirasi bisa kamu jadikan bahan juga lho! Jangan malu buat tanya-tanya sama professional dibidangnya. Kadang-kadang kamu bisa mendapatkan informasi menarik yang nggak pernah kamu bayangkan bakalan nge improve tulisan kamu. Contohnya, apa kalian tahu kalau dulunya perempuan meminta perhiasan sebagai hadiah sebenarnya karena zaman dulu wanita tidak diperbolehkan memiliki akun bank maupun aset pribadi, seperti rumah maupun tanah kecuali perhiasan dan gaun?

Write Prompt!

Kan lagi kena block’s writer, lagi nggak mood, kok malah disuruh nulis? Karena memang itu alasannya! Semakin kamu milih buat nggak nulis karena dua alasan itu, keinginanmu untuk menulis semakin berkurang dan lama-lama—poft! Hilang deh. Tentu kamu nggak perlu nulis sampai satu bab novel. Misalnya kamu batasi sampai seratus kata aja.

Using A Picture

Buat kamu yang sering kesulitan buat menuliskan deskripsi dengan hanya menggunakan imajinasi, gunakan gambar, entah dari internet atau dari kamu sendiri. Misalnya kamu menggunakan gambar sebuah hutan, penulis yang baik tidak hanya akan menulis ‘hutan’ tapi mereka akan mendeskripsikannya, seperti apa hutannya, bagaimana suasana hutan, kenapa hutannya begitu, siapa yang ada dihutan. Kalau kamu sering melakukannya, cara kamu nulis deskripsi juga akan berkembang.

~~~~~~

Make It Action

Block’s writer dan nggak mood bukan alasan buat nggak nulis sama sekali. Biasakan menulis setiap hari, bebaskan dirimu dalam menulis, Aku tahu kok, banyak yang pengen kalau imajinasi mereka ke tulis sendiri sementara mereka cuma mandang langit-langit kamar tanpa perlu buka buku atau laptop, but no! cerita kamu nggak akan ketulis sendiri, so, make it your daily quest, friends! Dan kalahin block’s writer di akhir cerita, oke? 😉

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY