3253

Hallo teman teman makeitation. sudah lama nih kita tidak berjumpa.mohon maaf nih teman teman, admin sudah lama tidak posting artikel-artikel. tapi sekarang, admin akan berusaha istiqomah dan kontinyu nih buat update artikel terbaru dan bermanfaat. pada kesempatan kali ini, admin mau berbagi pengalaman kepada temen-temen setia makeitation tentang pengalaman magang atau kerja praktek lapangan di salah satu perusahan pertambangan di indonesia yaitu PT. Newmont Nusa Tenggara yang sudah berganti kepemilikan menjadi PT. Amman Mineral Nusa tenggara yang sekarang dikelola oleh orang indonesia.

jadi perusahan ini bergerak di bidang pertambangan emas dan tembaga yang telah beroperasi di indonesia sejak sekitaran tahu 1998-an. perusahaan ini hanya menambang dan memproses hasil pertambangan, tidak sampai tahap smelting.

sebenarnya admin magang di sana bulan september tahun 2017 yakni tepatnya tanggal 18 September. tapi tidak apalah, admin ingin sekali berbagi pengalaman ke teman teman makeitation tengtang Praktek kerja lapangan di perusahaan pertambangan.

mungkin teman teman ada yang lagi semester 5 atau 6 yang lagi nyari nyari tempat magang yang kece badai kayak di tempat admin magang kmaren. mau tahu kenapa tempat magannya admin kece badai ? nanti admin kasi tahu yaa.

Persiapannya apa saja (pra-magang)

jadi kan perusahaan pertambangan tempat admin magang itu perusahaan besar yang sudah lama beroperasi di wilayah sumbawa provinsi NTB.

jadi admin sudah jauh jauh hari mempersiapkan diri baik itu dokumen dan mental sebelum magang di pkl.

jadi kita itu, di sana diminta untuk melampirkan dokumen pkl berupa :

1. Proposal permohonan PKL
  2. Transkrip nilai
  3. Surat SKCK dari kepolisian republik indonesia di wilayah
  4. Surat keterangan kesehatan dari dokter
  5. Surat permohonan PKL yang diterbitkan kampusnya
  6. biodata diri (CV)

semua persayaratan yang sudah admin sebutkan di atas harus discan dan dikirimkan ke departemen training di PT. Amman Mineral Nusa Tenggara.

jadi admin menguru semuanya itu di akhir tahun 2016 dan berhasil ke kirim itu sekitar awal maret.

setelah semua persyaratannya itu dikirim, tinggal menunggu balasan dari email dari perusahan. tak perlu waktu lama, sekitar 2 mingguan, masuklah email dari salah satu staf perusahaan yang menginformasikan jadwal pkl sesuai dengan permohonan surat yang diajukan.

horeee.. akhirnya diterima magang pkl di perusahaan pertambangan selama 2 bulan. hatiku sangat gembira mendapatkan email itu.

tapi, sayang sekali, jadwal pkl yang diberikan perusahaan jauh dari ekspektasi. awalnya kan admin maunya di bulan juli – september, tapi jadwal yang dikabulkan perusahaan jadi bulan september – November.

di sana galau dan bingung bercampur. apakah harus diambil atau tidak. kalau tidak diambil, sayang banget, banyak yang mau pkl di sana. kalau di ambil, berarti bolos kuliah (nggak kuliah) selama 2 bulan.

karena di bulan september – november 2017 itu, itu jadwal kuliah. setelah konsultasi sana sini dengan dosen dan teman-teman kampus, akhirnya admin memutuskan untuk tetap pkl di perusahaan pertambangan itu walaupun resikonya tidak bisa mengikuti perkuliahan selama 2 bulan.

just go ahead dan keep stuggling.

Akhirnya berangkat juga

satu bulan sebelum jadwal keberangkatan, kita itu dikirimkan email oleh pihak perusahaan untuk mengkonfirmasi jadwal keberangkatan dan dikirimkan nomor badge (nomor mahasiswa khusus dari perusahaan).

jadi admin waktu itu pkl di sana tidak sendirian, ada juga yang dari universitas lain. ada dari universitas indonesia, Trisakti, STT Yogya, dari UMY, UAD dan lain lain. kalau tidak salah ada sekitar 10 mahasiswa.

nah, admin kan tinggalnya di lombok, sementara perusahaannya berlokasi di sumbawa. artinya bahwa kita harus menyebrang menggunakan kapal laut.

untung aja.. perusahaan pertambangannya punya fasilitas speed boat yang bisa digunakan secara gratis oleh setiap karyawan yang berdomisili di wilayah Lombok.

nahh.. admin senang sekali, karena dijemput langsung sama perusahaan pake speed boat. kita students dijemput di pelabuhan kayangan Lombok Timur. itu pelabuhan juga punyaknya perusahaan dan khusus digunakan untuk parkir speed boat nya perusahaan.

jadi perusahaannya itu punya dua speed boat yang punya jadwalnya masing-masing. fasilitas speed boat itu bisa digunakan secaara gratis selama kita pegang nomor badge id yang diberikan perusahaan itu.

jadi pas di tempat check out pelabuhan newmontnya, tinggal kita sebutkan nomor badge id-nya, lalu bakalan dikasi boadrding pass sebelum masuk ke kapal.

yeee.. akhirnya admin berangkat juga naik kapal speed boat. pengalaman magang di perusahaan pertambangan Newmont

ini foto suasana  di pelabuhannya sebelum masuk ke dalam kapal speed boatnya

pengalaman magang di perusahaan pertambangan newmont

wiihhh.. itu kapalnya mewah banget. lengkap.. ada ACnya, toilet yang bersih, ada TVnya, kursinya empuk.. behh mewah banget. ini sudah menjadi standar perusahaan sekalas amman mineral.

nahh, perjalanan laut kira kira memakan waktu 2 jaman untuk sampai ke pelabuhan benete sumbawa. kami di sana dijemput langsung oleh staf bagian departmene pelatihan langsung pake buss perusahaan.

rata rata transportasi di sana menggunakan bus semua karena kan banyak debu debu hasil tambang bertebaran di sana. mantap.

pengalaman magang di perusahaan pertambangan newmonttujuan pertama kami adalah menuju ke kantor departemen training untuk diberikan induction dan orientasi untuk mahasiswa sebelum magang di perusahaan. di sana kita dijelaskan tentang profil perusahaan, atura aturan yang harus ditaatai, safety dan lain sebagainya.

tapi, sebelum kami ke kantor departemen training, kami menuju ke townsite untuk mengambil kunci kamar. nah townsite itu adalah tempat tinggal para karywan yang khusus disediakan perusahaan. jadi kayak semacam tempat tinggal/hostel berbentuk bangunan tangker gitu.

sebagai perusahaan pertambangan, safety itu nomor satu. kami diperkenalkan tentang cara berperilaku safety selama menjalani magang di sana. kami perkenalan satu demi satu. trus dijelasin apa saja safety tool yang mesti kami kenakan.

nah safety tool itu sitilahnya di sana APD (Alat pelindung diri) seperti safety boot, kacamata keselamatan, rompi apd (safety vest), ariplug (alat penutup telinga), respiratory dan sarung tangan. waduuhh,, banyak juga yaa.. itulah perusahaan yang “safety first”.

jadi keselamatan dan kesehatan karyawan dalam bekerja, nomor satu bagi perusahaan. hidup safety… heheh. nanti , pas hari kedua, kami harus mengikuti safety induction (pengenalan prosedur safety perusahaan) dan di sana ada test nya juga buat dapetin badge id kayak begini.

pengalaman magang di perusahaan pertambangan newmont

nahhh, kami juga dikasi makan siang atau bahasa kerennya pack meal dari perusahaan. itu kayak nasi merah yaaa,,, behhh.. kalah kalah masakan hotel. hehe

ada dagingnya, ayamnya, sayurnya, tahu tempe, fruitea dan buah. behh.. lengkap deh. kan gizi itu sangat diperhatikan perusahaan. jadi emang itu udah standar sih.

setelah kami makan, kami disuruh melengkapi form pkl dari perusahaan dan menandatangani berkas-berkas yang diberikan perusahaan kepada kami. admin pun dapet durasi pkl selama 2 bulan sampe bulan november. setelah itu kami ke halte untuk menunggu kedatangan bus ke townsite sampe ashar. jadi kita, jam 4 sore itu, harus standby di halte untuk bisa naik bus. karena bus di sana terjadwal dan ontime. makanya harus selalu disiplin di sana.

akhirnya busnya tiba juga di halte. kami teman teman student menaiki bus untuk kembali ke townsite. perjalanan ke townsite membutuhkan waktu sekitar 15 menit. jadi, kita harus inget dan tahu nih nomor bus yang destinasinya ke townsite, ke departemen training dan lain sebagianya.

Suasana di townsite

saat tiba di townsite.. suasananya asrii bener. banyak lapangan yang hijau di sana. gaya tata bangunannnya kayak bangunan yang ada di ameria USA. keren dah. di townsite itu, banyak tempat untuk olah raga juga.

Suasana ketika magrib
  • ada lapangan bola
  • lapangan futsall
  • lapangan badminton
  • lapangan basket
  • tenis meja
  • lapangan golf
  • bahkan ada kola mrenang yang jerniih banget
  • ada tempat ngegym
Pengalaman magang di perusahaan pertambangan emas NTB
Kolam renang townsite milik perusahaan

pokoknya, semua fasilitias olah raga yang dimiliki perusahaan gratis digunakan. terkecuali nih, kalau mau ngegym dan berenang di kola renang perusahaan, mesti bawa kartu badge id yang diberikan perusahaan.

ohh ya, pada hari pertama, admin belum dikasi kartu badge id, karena dikasinya pas hari kedua yakni setelah safety induction. tibalah saatnya untuk sholat magrib. kami sholat magrib di masjid yang ada di townsite.

ini yang paling enak dan asyik banget.. restaurant tempat makannya. waahhh kece badai. jadi semua karyawan perusahaan makan malam, pagi dan siang di messhall namanya.

messhall itu bentuk bangunannya sama kayak hostel kayak gambar di atas. tapi dalamya behhh.. kayak restaurat papan atas. jadi kalau mau makan malam, harus discann kartu badge nya untuk bisa makan gratis dan sepuasnya.

nah, kami kan belum punya badgenya, jadi kami kasi tahu aja id badge kami ke penjaga messhall nya. lalu, masuk dehhh. admin di sana, makan banyak ala anak kos. di sana ada :

• nasi goreng
  • cake / kue coklat
  • es krim
  • susu putih
  • dan masih banyak lagi yang nggak bisa disebutkan satu persatu

pengalaman magang di perusahaan pertambangan newmonthabis makan, kita langsung kembali ke kamar masing masing untuk beristirahat. ohh ya, kita dipisah pisah lohh kamarnya. jadi satu kamar itu terdiri atas 2 orang.

waktu itu admin ditempatin di kamar nomor 13 di bangunan T. jadi admin sekamar sama salah satu karyawan newmont yang sudah hampir 18 tahun kerja di sana. Bapaknya kerja di bagian engineering, departemen development.

kamarnya itu, behhh,, lengkap banget. ada ACnya, trus ada lemarinya, ada kulkasnya juga plus ada wifinya juga. gratis lagi. pokoknya nyaman deh tinggal di sana.

Hari esoknya tiba.

nahh.. admin bangun itu jam 4 subuh langsung mandi di kamar mandi gedung T pake air hangat. heheh. waktu itu udara pagi subuh lagi dingin banget. makanya mandinya pake air hangat.

setelah itu sholat subuh, lalu pasang baju ala anak mahasiswa. habis itu pergi ke messhall untuk makan pagi. sama juga, makan paginya dihidangkan 4 sehat 5 sempurna. ada susunya juga. jadi di sana admin ngambil makanan yang agak berat kayak nasi daging dll.

habis dari messhall, kami temen temen mahasiwa bergegas pergi ke halte townsite untuk menunggu bus ke departemen training. di sana sudah standby karyawan perusahaan yang berdomisili di townsite untuk nunggu bus juga.

jadi, di sana beda bus, beda destinasi. ada bus yang ke departemen training, ke department proses, ke departemen mining atau dikenal MMA, ke departemen enviro, ke benete dan lain sebagainya.

kita di sana standby dari jam 6.00 pagi dan akhirnya bus kami tiba sektiaran jam 06.15 untuk menuju ke training. alhamdulillah, kami semua di sana bisa mengikuti safety induction dan bisa lulus test safety induction. kita dibagikan APD masing-masing sesuai kebutuhan departemennya dan sebuah badge id.

akhirnya, kami dibagikan badge juga.. yeeee… bisa deh menjelajah lingkungan messhall bareng temen temen.

Hari kerja telah tiba

akhirnya, hari ketiga pun tiba. kami pun masih tetap pergi menuju ke departemen training untuk diantar ke departemen masing masing.

admin ditempatin ke departemen proses 130 (maksudnya ketinggian 130 m dari permukaan), tepatnya di divisi electrical maintenance departemen proses.

nahh di departemen proses, semua hasil tambang itu diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan konsentrat mineral yang sudah terpisah dari material yang tidak dibutuhkan lagi.

Departemen proses 130

jadi di divisi electrical process maintenance itu, punya cabang lagi :

• ada yang menangani masalah electrical
  • PLC
  • dan instumentasi

admin dapetnya di bagian electrical. admin dipertemukan oleh dua pembimbing yang super baik hati dan kece. yang pertama namanya pak Deeri , alumni universitas brawijaya angkatan 2003 dan satunya lagi pak deny aulia, alumni teknik elektro UGM angkatan 2009. heheh..

baca juga tentang jurusan teknik elektro : kuliah di jurusan teknik elektro, kenapa tidak ?

pak deeri ini sudah lama banget di bagian electrical dan jabatannya sebagai senior electrical maintenance engineer. sama juga dengan pak deny, sebagai electrical maintenance engineer. cuman pak deny, lebih muda dari pak deeri.

dua pembimbing admin itu baik banget, bener bener expert dan mau banget berbagi ilmunya, sharing sharing dan lain sebagainya. hari pertama kerja memang terasa deg degan. tapi, ini pengalaman yang hebat bertemu dengan orang-orang engineer langsung.

hari pertama memang hanya perkenalan biasa. belum bisa diajak jalan jalan keliling plant. soanya belum waktunya, belum ada trouble dan jadwal pengecekan. hehe

saat admin baru masuk ke kantor, sebelumnya juga ada mahasiswa yang sudah pkl selama dua bulan.. mereka adalah Aswin (Teknik elektro – UMM), Rifki (Teknik elektro – UMM) dan Kiki (Teknik Elektro – Unram).

nahh dua orang pertama itu sudah habis masanya mereka pkl di sana, jadi saat admin baru masuk di sana, mereka yang dari UMM itu udah hari-hari terakhir buat kerja magang. tapi, temen admin satunya lagi, tinggal 1 bulan lagi buat magang. jadi ada temen deh.

lanjut ke hari kedua di tempat kerja, admin disuruh perkenalan diri dan dua orang yang dari UMM itu disuruh persentase hasil magang di electrical maintenance.

kami jam 7 tepat (pagi) pergi ke meeting room untuk safety meeting rutin. jadi  seluruh karyawan divisi electrical maintenance melakukan safety meeting setiap pagi.

jadi di sana, sebelum memulai pekerjaan, diberikan instruksi instruksi dan list pekerjaan apa saja yang akan dikerjakan. peralatan listrik mana saja yang perlu untuk ditroubleshoot/dicek dan juga dibahas isu isu keselamatan apa saja yang harus diterapkan selama bekerja.

jadi nih teman teman, di divisi admin itu, kami bertugas untuk melakukan pemeliharaan dan troubleshooting (perbaikan) terhadap seluruh mesin-mesin listrik yang beroperasi di departemen proses.

mesing – mesin yang beroperasi kayak motor listrik, motor sinkron, motor pompa, trafo daya tingi, sistem proteksi, distribusi dan lain sebagainya. jadi di sana itu, kebanyakan motor yang beroperasi dan rata-rata motor itu dipake buat ngegerus hasil tambang yang masih berbentuk bebatuan yang harus dihaluskan lagi dengan menggunakan motor.

Pengalaman magang di perusahaan pertambangan emas NTB
Motor Sagmil untuk menggerus hasil tambang

Langsung kerja berat di hari kedua

nahh, hari pada hari itu juga. setelah safety meeting. pembimbing admin dan tentunya admin juga beserta rekan karyawan lainnya (teknisi) mendapatkan job dari supervisor (namanya pak erfan yang baik hati dan kece) untuk mengganti UPS yang sudah rusak di MCC sejorong dengan yang baru.

nahh mungkin ada yang nanya-nanyak, MCC apaan ya ? jadi MCC itu singkatannya Motor control center yang gunanya sebagai tempat untuk mengontrol motor motor pompa yang beroperasi. jadi di sana ada banyak cubicle (lemari-lemari besar) yang isinya kompoen dan peralatan listrik arus kuat seperti rellay motor, CB, PLC juga serta UPS.

nahh UPSnya itu besar dan berat banget. kalau tidak salah inget, itu beratnya sekitar 1.5 Ton. cara masangnya sebenarnya susah-susah gampang. hehe… karena ada panduan cara pemasangannya di datasheet/guidenya.

kami melakukan pemasangan UPSnya selama 1 minggu kurang, mulai dari :

• mengangkut UPS ke posisi yang disepakati
  • memasang kabel-kabel konektor
  • memasang battery
  • sampe dengan melakukan prosedur starting UPS.

pokoknya banyak deh ilmu yang admin bisa dapetin. intinya adalah, kalau ditemukan hal yang baru dan mengganjal, langsung ditanyakan ke pembimbing. mereka feel free banget dan terbuka.

biar lebih singkat nih, admin jabarkan apa saja yang admin kerjakan selama magang di departemen proses :

• memasang UPS
  • mengecek power outlet
  • mengukur insulasi motor pompa
  • membuat tag notice bahaya
  • membuat peta pemasangan lighting
  • membuat panduan menggunakan power analyzer
  • merancang skema pemasangan rele proteksi
  • dan masih banyak lagi kerjaan admin yang tidak bisa dijabarkan satu persatu.
Saat melakukan pengecekan UPS
Saat mengecek temperature di sekitaran motor yang lagi off

ohh yaa, satu lagi pengalaman admin yang sangat berkesan yaitu berkesempatan diajak rapat dengan perusahaan penyedia peralatan listrik (UPS) yaitu AMETEK corp yang berasal dari amerika USA. jadi admin cuman dengerin petinggi petingi ngomong dan berbicara di rapat.

nahh di rapatnya itu, kita menggunakan bahasa inggris. jadi kemampuan bahasa inggris itu penting banget. jadi bagi teman-teman yang ingin jago bahasa inggris, silahka baca dulu nih artikel menarik : 7 cara dahsyat lancar bahasa inggris secara otodidak

Nahh, karena ikut rapat itu, dikasi flashdisk keren (16 GB) dari ametek corp langsung. wahh seneng banget. mantap dah pokoknya.

nahh, di akhir magang, admin diminta untuk membuat laporan hasil praktek kerja lapangan selama 2 bulan untuk diserahkan ke departemen training sebelum pulang ke rumah masing-masing. heheh… ehhh.. sedihnya, akhirnya berpisah juga.

Kesimpulan

jadi intinya adalah banyak sekali pengalaman dan ilmu yang admin dapatkan selama magang di sana. apalagi tempat admin magang itu, banyak fasilitas keren yang memanjakan para karyawannya mulai dari fasilitias tempat makan, olah raga, tempat tinggal dan lain sebagainya. pokoknya di sana kita diajarkan untuk bisa disiplin dan lebih menghargai waktu. berangkat jam 06.00 pagi, pulangnya jam 16.00 on time. jadi di sana, kita cuman bawa diri, karena semuanya di sana udah ditanggung mulai dari makan, tempat tinggal, transportasi ke kantor dari tempat tinggal, transport pulang ke rumah masing-masing dan lain sebagainya. saat kerja praktek nanti, harus aktif dan inisiatif mengerjakan pekerjaan di sana, jadi kalau ada yang kurang dimengerti, langsung ditanyakan dan jangan sekali kali melakukan pekerjaan tidak dengan prosedurnya. jadi harus taat prosedur dan taat dengan safety.

okelah, tiba juga dipenghujung artikel ini. semoga artikel penglaaman magang di perusahaan pertambangan ini ada manfaatnya buat teman teman yang sedang mencari tempat magang. admin cuman memberikan gambaran secara ringkas dan padat tentang gambaran dunia kerja sebenarnya seprti apa. oke, nantikan artikel selanjutnya hanya di maketitation.com

20 COMMENTS

1. selamat sore kak. terimakasih atas tulisan kakak yang sangat bermanfaat sekali. kak kalau boleh, bisa saya minta CP kakak? saya mau tanya-tanya seputar Pt. Amman Mineral Nusa Tenggara sebab saya juga akan melaksanakan KP dan ingin kp dsana kak. Terimakasih

2. Terima kasih atas pengalamannya yang sudah dibagikan.. Sangat menarik! Kebetulan saya punya niatan untuk magang ke perusahaan tambang. Adakah kontak yang bisa saya hubungi untuk tanya lebih detail min? Terima kasih

3. assalamualaikum kak Toufani Alfarisi saya mahasiswa teknik elektro saya ingin magang di pt. amman tersebut apa ada kontak yang bisa saya hubungi untuk informasi yang lebih jelasnya ?, terimakasih.

4. Hi Toufan,
    Thank you for your review, yes Amman Mineral are concerning in Safety, for stakeholders also environment. Hope you enjoying the experiences at our mine site.

Bersatu, bisa!
    Amman Mineral Nusa Tenggara

• You’re welcome bu. i was really really enjoying the experiences at Amman Mineral sites. Hope i can go back there and get a nice chance there. hehe. thanks for visiting my website. If there is a chance or graduate development program for fresh graduate like me, if you don’t mind, just drop me a message or just comment down bellow.

5. Kak alhamdulillah saya keterima kerja praktik di pt amman periode bulan mei – juli 2019 🙂 mau nanya kalau transportasi dari keberangkatan itu ditanggung dari daerah asal apa di tempat kp.saja? Saya kan kebetulan dari bandung nah apakah peswat dari abndung dibiayai? Kemudian untuk departemen sendiri, apakah nanti kita dipilihkan atau kita bisa milih? Karena saya dalam proposal tidak mencantumkan departemen namun saya ingin masuk ke departemen reklamasi sesuai dengan keilmuan saya yakni rekayasa kehutanan.

• alhamdulillah klo sudah diterima. untuk tiket pesawat, tidak ditanggung perusahaan.. itu biaya sendiri. kecuali klo sudah sampai lombok.. baru dibiayai dari pelabuhannya newmont di lombok sampai dengan site newmont di sumbawa…
      untuk departement, nanti dipilihkan oleh orand departement training yg bertugas mengurus anak2 magang dan pkl, penentuannya berdasarkan jurusan dan topik yg diusukan di proposal permohonan PKLnya…

6. Kalau magangnya 1 tim 2 orang bagaimana ya kak ? Kemungkinan acc ada engga ? Soalnya kating saya juga yg di terima cuma 1 orang

7. selamat sore kak. kak saya mau nanya untuk email ini “Training@amnt.co.id” emang awalannya pakai huruf kapital ? soalnya saya juga akan melaksanakan KP dan ingin kp dsana kak. Terimakasih

8. Mohon maaf kak mau tanya untuk magang di PT tersebut apakah dibatasi orangnya?
    Kemudian apakah ada contoh proposal pengajuan untuk magang di PT tersebut?
    Terimakasih 🙏

• kalau batasan sih.. modelnya siapa cepet ngajuin.. dia yg dapet. soalnya di sana sudah punya slotnya sendiri untuk bisa magang. kalau adek mau PKL nya bulan depan, tapi baru ngajuin sekarang.. agak sulit…soalnya banyak yg ngantri buat pkl di sana.