Pengalaman rekrutmen pegawai PLN

Pengalaman rekrutmen pegawai PLN

719
1
SHARE
Pengalaman mengikuti seleksi rekrutmen BUMN PLN
Pengalaman mengikuti seleksi rekrutmen BUMN PLN

Assalamualaikum wr wb semuanya, berjumpa lagi dengan admin maketitaion. maaf ya selama ini web makeitation jarang banget update informasi/artikel karena kesibukan dan lain sebagainya. Tapi pada kesempatan kali ini, admin akan berbagi dan menuliskan artikel yang tentu saja bermanfaat masih seputar rekrutmen pekerjaan yaitu bagaimana tips dan trik untuk bisa lulus test seleksi penerimaan pegawai PLN.

Sebenarnya sebelumnya telah diulas juga oleh makeitation tentang tips test seleksi masuk PLN yang ditulis oleh admin yg satunya lagi, tapi nih sekarang yang nulis adminnya beda. heheh.. jadi kami sama sama alhamdulilah bisa melalui semua rekrutmennya dengan lancar. ini dia ya tulisan sebelumnya yang pernah ditulis sama admin yang satunya lagi : Pengalaman Rekrutmen PLN Bersaing dengan Puluhan Ribu Peserta

admin juga beberapa tahun yang lalu pernah menulis pengalaman yang sejalur yakni pengalaman magang yang bisa temen-teman baca di sini : Pengalaman magang di perusahaan pertambangan emas NTB

NGGAK ADA KEPIKIRAN SAMA SEKALI

gini yaa.. admin sama sekali tidak pernah kepikiran untuk mengikuti seleksi rekrutmen pegawai PLN. karena pasca wisuda dari program sarjana, admin dulunya berencana untuk lanjut sekolah ke jenjang yang lebih tinggi lagi yaitu magister melalui program beasiswa.

karena kalo nggak ikutan beasiswa, biaya kuliahnya mahal banget. hehehe.. karena nggak ada program beasiswa pada saat itu dan harus menunggu dalam jangka waktu yang lama, jadi admin putuskan untuk sembari mencari lowongan lowongan pekerjaan di internet untuk mengisi kekosongan pada saat itu.

Nah admin yang satunya lagi, temen saya namanya rizal (yang sebelumnya sudah menulis artikel yang sama) dia itu sekarang udah jadi pegawai PLN dan dialah yang memberi tahu admin informasi bahwa PLN sekarang lagi ada bukaan rekrutmen di Surabaya.

 

SELEKSINYA ADA BERAPA TAHAP ?

Seleksi PLN itu ada 6 tahap yaitu : seleksi administrasi -> seleksi akademik dan bahasa inggris -> Psikotest  -> test fisik -> test lab -> wawancara -> tanda tangan kontrak.

Dengan pikir panjang, admin coba untuk mendaftar. Yang penting coba dari pada hangus pendaftarannya pada waktu itu.

kenapa admin pikir panjang ? karena di dalam pikirannya admin, tidak ada terbesit sedikit pun dan tidak ada keinginan yang begitu besar untuk menjadi pegawai PLN pada waktu itu karena admin orientasinya cuman ingin melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

 

MEMUTUSKAN UNTUK COBA COBA IKUTAN

akhirnya admin buat akun baru di web rekrutment pln, lalu mengisi data diri, mengupload ijazah, transkrip dan tofle juga pada waktu itu sebagai persyaratan. sebenarnya admin uring uringan untuk melakukan proses registrasi dan pengisian data untuk pendaftaran rekrutmen.

tapi karena suruhan orang tua, yaa admin sebagai anak yang ingin berbakti sama ortu harus nurut. soalnya apa yang diarahkan ortu pasti ujungnya baik buat kita (udah admin buktikan berkali kali bahwa perkataan ortu itu adalah doa heheh)

Admin waktu itu sempat bingung, mau ngambil bidang apa yaa… soalnya admin dulu kuliah di jurusan teknik elektro dengan kosentrasi elektronika dan digital/arus lemah, tapi di posisi yang dibuka, cuman untuk anak2 elektro arus kuat yaitu pemeliharaan transmisi dan gardu induk, serta pemeliharaan distribusi. admin juga pada waktu itu bingung, itu dua posisi/bidang ngapain ya kerjaannya… kagak paham lah pada intinya.. tapi yaaa harus memilih.

admin bingung mau pilih yang mana, akhirnya admin bikin algoritma random sendiri pake suatu bahasa pemrograman komputer (bahasa python) untuk menentukan bidang yang mau dilamar.

ini ceritanya bidangnya dipilihin sama komputer. heheh… karnea saking bingungnya mau pilih yang mana… makanya minta tolong sama komputer/laptop kesayangan saya untuk pilihin pake algoritma random yang sederhana (kayak main dadu)

tadaaa.. akhirnya admin upload semua data dan mengklik tombol “apply” di halaman web rekrutmennya untuk melakukan pendaftaran pegawai pln secara online. Akhirnya kelar juga proses apply nya dan admin tinggal menunggu hasinya aja.

 

PENANTIAN PANJANG SEORANG JOBLESS

Bulan berganti bulan, pengumuman seleksi administrasi pun tak kunjung muncul-muncul. Admin tidak pernah mengecek di webnya tentang hasil seleksi administrasinya karena tidak ada sama sekali notifikasi melalui email.

akhirnya admin melanjutkan hidup dengan mengikuti beberapa rekrutmen pekerjaan yang lain dan sambilan mengambil pekerjaan / projekan sebagai seorang freelancer.

karena malu juga sih klo dikatain “pengangguran yang nggak punya pekerjaan sama sekali” walaupun sebagaian temen admin habis lulus langsung dapet kerja. yaa paling tidak ada yang admin kerjakan semasa menganggur.

bulan demi bulan berlalu, pengumuman seleksinya tak kunjung data hingga membuat admin lupa “kapan ya pernah daftar rekrutmen pln”. adimn apply bulan maret, dan akhirnya pengumuman lolos administrasi pertengahan bulan Agustus.

Email PLN itu tiba-tiba muncul di aplikasi gmail hp admin yang menyatakan bahwa admin lulus seleksi administrasi. nggak tahu mau seneng atau sedih ya karena pada waktu itu admin lagi mempersiapkan diri untuk seleksi beasiswa LPDP, tiba tiba saja muncul pengumuman lulus seleksi administrasi PLN Yang ntah kapan admin pernah daftar.

 

NGGAK BISA JAWAB DAN BLANK

setelah administrasi, lanjut ke test seleksi akademik dan bahasa inggris. pada tahap ini, pengetahuan admin tentang bidang yang admin pilih saat mendaftar (elektro) akan diujikan dan ada soal tentang bahasa inggris juga.

admin zong banget waktu itu,,, kagak ngerti apa apa tentang soal akademik itu. nggak ada yang admin tahu dan bisa. akhirnya admin ngarang dengan ria. Soal-soal akadmeiknya sih tentang keelektroan, rangkaian listrik, soal2 analisa kelistrikan dan lain lain.

tapi untuk soal bahasa inggris, ada lah yang admin jawab dan bisa tapi nggak banyak sih. ini testnya online semua ya temen temen. jeleknya sih, setiap soal dikasi waktu 2 menit untuk mengerjakannya. kalo lebih dari 2 menit, kita tidak bisa kembali ke soal sebelumnya.

makanya admin jawab dulu baru jawab soalnya.

padahal waktu seleksi akademik dan bahasa inggris itu, admin merasa sangat pesimis karena admin nggak ada yg admin bisa jawab untuk soal-soal akademiknya. yaa akhirnya pasrah aja…

 

WALAUPUN SEMPAT ZONK DAN BLANK TERNYATA….

Seminggu kemudian…. tadaaa…. pengumumannya keluar dan admin dinyatakan lolos seleksi akademik dan bahasa inggrisnya PLN. Nggak tahu persaan pada waktu itu harus bahagia atau sedih..

bahagia karena bisa lolos seleksi akademik dan bahasa inggris dengan pengetahuan yang minim (tidak nyangka,,, kok bisa hehe), sedih karena harus keluarin ongkos buat tikek pesawat dari lombok ke Surabaya yang lumyan lah harganya. heheh… akhirnya kasi tahu ortu, dan ortu sangat bahagian dan mendukung secara positif untuk terbang ke surabaya untuk mengikuti seleksi PLN selanjutnya.

 

TEST PSIKOLOGI ON THE SITE

akhirnya admin putuskan untuk mengikuti apa katanya orang tua. terbang deh ke surabaya. sebelum admin ke surabaya untuk seleksi psikotest, admin berusaha untuk belajar dengan sungguh sungguh contoh contoh soal psikotest yang ada di internet.

admin unduh tuh ebook psikotest gratis di internet yang ada jawabannya. admin jawab semua soalnya dengan baik sambilan melihat kunci jawabannya. intinya temen2 harus pada rajin menjawab contoh-contoh soal psikotest.

ahirnya hari H tiba untuk psikotest, admin sarapan dulu sebelum test. inget sarapan itu nomor satu agar kita punya energi untuk berpikir dan menjawab soal. psikotest itu terdiri atas soal soal test numeric, verbal, logika gambar/bangun ruang dan test minat dan bakat.

untuk numeric, temen2 harus pandai membaca grafik dan diagram karena sebagian besar soalnya kayak gitu sama soal-soal tentang jarak, waktu menyalip dan disalip dan lain sebagainya. untuk verbal kayak soal sinonim dan antonim dan soal soal silogisme/kesimpulan.

nah satu lagi soal yang penting yaitu bagian minat dan bakat. pada test minat dan bakat itu, tidak ada jawaban benar dan salah. Kita diminta untuk secara jujur mengisi pernyataan yang sesuai dengan diri kita.. ingat secara jujur.

nahhh soalnya pada test ini sering diulang ulang dengan kalimat/konteks yang berbeda-beda. jadi kuncinya, temen temen harus menjawabnya dengan konsisten. kalau tidak konsisten, nanti ketahuan deh bohongnya.

heheh.. jadi harus konsisten menjawabnya. admin waktu itu alhamdulillah konsiste menjawab test minat dan bakat ini. intinya, jawablah dengan jujur dan konsisten.

setelah test psikotest, admin pulang dan langsung memesan tiket pesawat balik ke daerah asal sembari menunggu pengumuman di rumah. 2 minggu berlalu.. tiba tiba saja ada email dari PLN masuk sebagai notifikasi di HP.

 

PENGUMUMAN PSIKOTEST

admin dinyatakan lulus seleksi psikotest itu. Persaan admin waktu itu bercampur aduk, antara senang dan bahagia.. nggak ada satu pun perasaan sedih dan pesimisme. karena admin sudah mempersiapkan test itu dengan sebaik baiknya.

dari belasan temen admin dari kampus yang sama yang ikut seleksi psikotest itu, alhamdulillah cumah admin yang lanjut ke test selanjutnya.

 

KE TEST SELANJUTNYA

test selanjutnya adalah test Fisik. nahh di test fisik ini, kita bakalan dicek tubuh luar kita secara menyeluruh. test fisik ini terdiri atas : pemeriksaan visum mata, test ambien, pengecekan tinggi badan, test keseimbangan tubuh dan pengambilan foto oleh petugas lab. waktu itu admin test fisiknya di klinik lab biotest surabaya.

1. test visum mata

pada test ini, kita akan dicek kesehatan matanya. masih normal atau rabun. kalau rabun, minusnya berapa… untuk batasan ambang minus mata, admin kurang tahu, karena tidak ada info yang pas dan ini juga rahasia perusahaan dan kliniknya.

2. Test Keseimbangan tubuh

untuk test ini, kita tuh disuruh berdiri dengan satu kaki sambilan tangan direntangkan ke samping dengan mata tertutup. Kata temennya admin saat test fisik itu, keseimbanga tubuh kita bakalan berkurang kurang lebih 30 derajat jika mata kita ditutup saat berdiri dengan satu kaki. admin disuruh berdiri kayak yang disebutin tersebut selama 1 menit… susah susah gampang sih soalnya admin waktu itu gerak gerak.. mutar mutar nggak karuan untuk menjaga keseimangan tubuh. temen temen bisa latihan dulu di rumah sebelum test untuk meningkatkan keseimbangan saat mata ditutup.

3. pemeriksaan ambien

untuk test ini, kita disuruh melepaskan pakaian dan celana oleh dokternya untuk dilakukan pemeriksaan apakah ada ambien atau tidak. intinya temen temen pastikan dulu apakah temen2 ambien atau nggak di klinik sebelum test. klo admin sih pasrah aja… admin nggak pernah ngecek ambient di RS sebelum test.. yaa admin pasrah pasrah aja…

4. pengecekan tinggi dan berat badan

kalo test ini mah gampang, kita diukur tinggi badan dan berat badannya sama petugas kliniknya

5. pengambilan foto

terakhir, pengambilan foto oleh petugas klinknya. ini mah kita tinggal duduk manis, sambil memasang muka yang ganteng buat dijepret oleh petugasnya heheh..

 

 

admin yakin pasti admin lolos… itulah keyakinan admin pada waktu itu. karena katanya temen2 yang sebelumnya pernah test PLN, klo test fisik banyak yang lolos karena belum terlalu ketat pemeriksaannya.

 

SETELAH USAHA, DOA DAN PASRAH

akhirnya admin berdoa dan menyerahkan hasilnya pada yang kuasa. semoga bisa lolos ke test selanjutnya… ehh ternyata 1 minggu berselang… email pln pun datang. dan admin dinyatakan lulus test fisik untuk kemudian melanjutkan test LAB.

admin itu setiap test harus bolak balik naik pesawat lohh… kalo selesai test, langsung pulang ke kampung.. klo lolos, langsung terbang ke tempat test begitu seterusnya sampe test lab.

 

LANJUT KE TEST YANG LEBIH ADVANCE

Lanjut ke test lab PLN. Jadi di test ini, ada 5 pemeriksaan yaitu : test darah, urine, jantung, paru-paru, audiometrik. Test lab waktu itu diadakan di tempat yang sama saat test fisik.

Sebelum test lab, kita disuruh puasa selama 10-12 jam. Ini untuk persiapan test darah. Nah temen2 kudu jaga kesehatan dan asupan gizi. Klo admin dulu, puasa start jam 8 malam setelah makan malam sampe jam 7.00 pagi kurang (sekitaran 11 jaman kurang) sebelu pengambilan darah.

Nah di sini, temen temen sebaiknya tidur yang cukup , jaga asupan makanan yang bergizi dan jangan sekali kali begadang malam karena nanti ketahuan sewaktu pengambilan darah oleh petugas kliniknya.

Setelah test darah, lanjut ke test urin untuk pengecekan bebas narkoba. Setelah itu lanjut ke test jantung. Nah ini kita disuruh buka baju aja (bagi yang cowok, kalo cewek nggak tahu hehe), terus ntr ditubuh kita, bakalan ditempelin alat yang namanya electrocardiograph (ECG) untuk merekam aktifitas jantung kita. Intinya di sini, temen temen jangan tegang.. santai dan rileks saja, karena tidak ada rasanya klo temen2 tenang.

Setelah itu, lanjut ke test audiometrik. Di test ini, temen temen disuruh untuk menuju suatu ruangan kedap suara. Terus teman teman disuruh untuk mengenakan earphone dan memencet suatu tombol yang sudah disediakan.

Jika ada suara/bunyi kecil (beep), maka teman teman harus memencet tombolnya sebagai tanda kalo mendengar suara. Dan jangan menekan tombol jika tidak ada suara sama sekali.

Ini penilaiannya adalah berapa banyak suara beep yang ditekan secara benar selama 1 menit. Jadi upayakan teman teman mendengarkan apakah ada bunyi beep atau tidak di test audiometrik ini. Tips nya segera periksa ke dokter sebelum test jika teman teman mengalami gangguan pendengaran, bersihkan telinganya dengan cotton bath jika ada kotoran yang menyumbat.

Setelah itu, lanjut test paru-paru. Di test ini, temen temen akan dirontgen badannya oleh petugas radiografi klinik. Ini untuk ngecheck kondisi kesehatan paru paru teman teman.  Nahh ini lama bener ngantrinya.

Waktu itu, admin kena antrian yang paling terakhir. Jadinya harus nunggu giliran. Tips untuk teman teman, sebaiknya setelah test darah, dahulukan test paru-paru ini karena waktu rontgen ini agak lama.

Jadi urutan test lab yang optimal menurut admin sih : test darah, test paru-paru, test jantung audiometrik, dan test urine. Sebenarnya bebas sih yang mana duluan.

Saran lagi buat teman teman yang mau test lab PLN, upayakan saat test lab, datang di awal waktu. Jika disuruh datang jam 7 Pagi, maka datng 2 jam sebelum itu supaya dapat antrian paling pertama.

Jadi cepat deh selesai testnya. Waktu itu, admin baru aja sampe klinik, ehh sudah ada yang mau selesai test lab nya.. waduhh telat banget walaupun secara jadwal admin tidak telat.

 

BALIK LAGI BALIK LAGI, BERKAH LAGI BERKAH LAGI

Setelah menjalani test PLN, admin langsung joss beli tiket pulang kampung ke daerah asal sembari menungu pengumuman hasil test lab. Menurut kabar yang beredar, test lab ini banyak sekali menggugurkan peserta test. Waktu itu hampir 50% dari total yang ikut test lab gugur di test ini. Jadi persiapkan diri sebaik baiknya ya.

 

AKHIRNYA LANJUT KE GRAND FINAL

Setelah 2 minggu, pengumuman pun tiba. Tiba tiba ada temen yang nge-WA yang ngasi tahu bawha pengumuman hasil test LAB sudah keluar. Akhirnya admin buka tuh webnya, dan “Alhamdulillahirobbil alamiin, segala puji bagi Allah tuhan semesta alam”, admin lolos test LAB.

Langsung admin peluk nenek (waktu itu buka pengumumannya di rumah nenek sembari mengabarkan orang tua). Minggu depannya admin langsung terbang ke surabaya untuk test wawancara di hotel midtown jalan basuki rahmat.

 

TIPS TIPS GRAND FINAL

di test wawancara ini, kita harus mempersiapkan berkas-berkas administratif seperti ijazah, transkrip, surat bebas narkoba, SKCK, surat keterangan belum menikah, akta kelahiran, kartu keluarga dan sim/ktp (klo tidak salah hehe). jadi kami dibagi menjadi 2 session yang dilaksanakan selama 2 hari dan admin kebagian hari rabu tepatnya tanggal 25 September 2019.

Ketika hari H, admin datang pagi sekali. Ternyata admin salah perkiraan, harusnya jadwal waawncaranya itu sekitaran jam 16.00, tapi malah datangnya pagi banget. Yahh salah jadwal deh. Nggak apa apa. Bisa ngobrol dan berkenalan sejenak dengan teman teman rekrutment yang lainnya. Tengg….. akhirnya giliran admin masuk ke ruang wawancara. Di sana admin ketemu sama 2 orang interviewers (wanita semua). satunya adalah orang psikolog dan satunya lagi adalah orang PLN.

 

Apa yang ditanyakan ?

Admin pikir bakalan ditanyain mengenai personaliti, kekurangan dan kelebihan, pengalaman kerja dan lain sebagainya seperti kebanyakan interview pada umumnya tetapi kenyataannya tidak.

Admin ditanyakan seputar kegiatan yang telah dilaksankan selama 2 tahun ke belakang. Ngapain aja sih 2 tahun terakhir ini. Apa kegiatannya, apa pencapainnya dll. Akhirnya admin bercerita masalah pengalaman di kampus, pengalaman skripsi, projekan bareng dosen dan pengalaman lomba yang pernah amdin ikuti.

Ini adalah pengalaman wawancara yang sangat menegangkan soalnya admin itu ditanyak sedetail mungkin mengenai kegiatan yang telah dilaksankan. Misalnya kayak gini

“dulu saya pernah ikut lomba dengan membuat ini” kata admin. Terus pewawancaranya nanyak kayak gini “Anda ikut lomba dengan siapa saja ? apa yang anda lakukan di tim Anda ? apa kontribusi Anda ? siapa nama temen Anda yang tugas ini, yang tugasnya itu ? kenapa Anda mengikuti lomba itu ? apa masalah anda di tim Anda ? bagaimana solusi yang Anda tawarnkan terhadap masalah itu ? bla bla bla bla bla dan masih banyak lagi”.. itu baru secuil pertanyaan yang diajukan kepada saya. Masih banyak pertanyaan lain mengenai pengalaman lainnya sejak 2 tahun terakhir.

 

Kuncinya apa ?

Kuncinya adalah temen – temen harus jujur dan konsistensi dalam menjawab pertanyaan yang diberikan. Jangan terlalu ekplorasi dalam menjawab, tetapi apa adanya dan konsisten karena pertanyaan yang diajukan sebelumnya bisa jadi diulang-ulang untuk mencari tahu konsistensi teman-teman dalam menjawab.

Nanti kita ketahuan kalo jawabnya nggak konsisten. Bisa dianggap meragukan. Malahan ada tuh temen admin, pengalamannya selama 2 tahun yang dia ceritakan hanya “rebahana di kamar”, ehh dia malah lulus.

Kuncinya adalah kejujuran dan konsitensi dalam menjawab. Tapi tergantung pewawancara yang didapat, klo admin dapetnya pewawancara yang agak sedikit judes dan tegas, tapi ada juga yang slow dan santuy dalam menanyak.

Wawancara admin berakhir saat adzan magrib. Besoknya admin udah balik ke tanah kelahiran. Langsung booking tiket balik ke kampung halaman.

 

BERAKHIRNYA PENANTIAN PANJANG SEORANG JOBLESS

Admin tungguin pengumuman hari demi hari, tidak juga nongol di notifikasi email di HP. Admin pikir pihak pln udah lupa mungkin sama kami yang rekrutmen airlangga di surabaya kemaren.

Akhirnya setelah 1,5 bulan berlalu… tiba tiba, sore hari di group rekrutment PLN di aplikasi telegram, ada yang nyaut klo pengumuman airlannga career fair sudah hilal. Hilal di sini maksudnya adalah sudah terbit. Akhirnya admin sambil berdoa membuka web halaman rekrutmen PLN. Dan ketika admin buka… tadaa……

Warna hijauu…..

Pengalaman rekrutmen PLN yang mengesankan
Pengalaman rekrutmen PLN yang mengesankan

 

Warna hijau artinya “Anda lolos seleksi sebelumnya dan berhak mengikuti seleksi ini”. alhamdulillahh… akhirnya admin lolos jadi calon pegawai PLN. Langsung sujud syukur dan mengabari orang tua.

Orang tua jadi sangat bahagia dan terharu dan sedih karena anaknya tercinta akan meninggalkan mereka ke tanah perantauan dan pengabdian. Semua itu admin lakukan demi orang tua tercinta. Terima kasih atas doa Ibu yang tidak pernah berhenti dan putus mendoakan anaknya.

Seleksi selanjutnya adalah tanda tangan kontrak, jadi jadwalnya sangat mepet sekali, yaitu lusa. Jadi hari itu admin beli tiket, besoknya admin udah berangkat untuk tanda tangan kontrak di kantor unit induk distribusi jatim (Disjatim).

 

PENUTUP

Bener ternyata kata orang, kalau dia bukan jodoh kita, bagaimanapun usaha kita untuk mengejarnya, klo bukan jodoh yaa nggak bakalan ketangkap. tapi justru kalo memang dia itu jodoh kita, bagaimanapun usaha kita untuk menolaknya, klo memang dia jodoh kita, pasti bakalan ketangkap. heheh

Itulah pengalaman admin yang bisa admin bagikan. Semoga temen-temen mendapatkan pelajaran dari apa yang admin tulisin dan semoga ada manfaatnya untuk kita semua. Admin tidak ada maksud untuk pamer ataupun sombong, tidak ada.. admin ingin temen temen bisa mencapai jalan dan kesuksesan temen temen semua semoga bisa menjadi lebih dari admin. Terima kasih temen-temen makeitationer. Sampai jumpa pada atrtikel selanjutnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY