Pengalaman Rekrutmen PLN Bersaing dengan Puluhan Ribu Peserta

Pengalaman Rekrutmen PLN Bersaing dengan Puluhan Ribu Peserta

1727
1
SHARE
Pejuang Listrik Part I

Assalamu’alaikum Makeitationer, siapa yang nggak tau PLN ? Jika kamu punya listrik di rumahmu, atau bahkan sampai bisa membaca artikel ini kamu pasti tidak asing dengan PLN? Punya nggak niat melamar pekerjaan di salah satu BUMN terbesar di Indonesia? Atau temen-temen cuman pingin tau gimana gambaran rekruitmennya? Listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik adalah motto perusahan besar ini. Perusahaan Listrik Negara (disingkat PLN) atau nama resminya adalah PT. PLN (Persero) adalah sebuah BUMN yang mengurusi semua aspek kelistrikan yang ada di Indonesia. Artikel kali ini akan membahas bagaimana gambaran recruitment PT. PLN (Persero), baik dari cara mendaftarnya, waktu, lokasi, tahapannya, hati-hati penipuan, jumlah pendaftar, dan persentase keberhasilan

1. Cara Mendaftar

Website PLN

Kita bisa akses https://rekrutmen.pln.co.id/ untuk membuat akun dan mengikuti peluang karir yang sedang buka saat itu. Kita hanya perlu mengisi biodata dan memilih peluang karir yang sedang buka saat itu.

2. Waktu Pelaksanaan

Waktu Pelaksanaan PLN

Pelaksanaan open recruitment tidak menentu tergantung kebutuhan perusahaan pada saat itu, namun biasanya tiap tahun selalu dilaksanakan minimal dua kali. Tahun 2018 kemarin secara besar-besaran dibuka hingga 6 angkatan berturut-turut untuk S1/D3 hingga awal 2019.

 3. Lokasi Pelaksanaan

Lokasi Test PLN

Lokasi open recruitment juga beragam, diantaranya Kota Surabaya, Jayapura, Sorong, Yogyakarta, Bandung, Medan, Balikpapan, Makassar, Jakarta Pusat, Palembang, Denpasar, Padang, Jakarta Selatan, Pekanbaru, Ambon, Manado, Bandar Lampung, Banda Aceh, Pontianak, Kupang, Batam, Tanjung Pinang, Banjarmasin, Kendari, Gorontalo, Palu, Ternate, dan Kabupaten Manokwari, Mamuju, Ende, Merauke, dan Mimika. Sedangkan lokasi pelaksanaan testnya ada yang online dan di Hotel, Unit PLN, atau Universitas.

 4. Tahapan Seleksi

Tahapan Test PLN

Tahapan Seleksinya antara lain tes administrasi, akademik dan bahasa inggris, psikotes, kesehatan (fisik dan laboratorium), dan wawancara. Tes kesehatan biasanya menyisihkan peserta terbanyak sekitar 70% ke atas dari peserta yang lolos dari tahap sebelumnya.

5. Hati-Hati Penipuan

Penipuan PLN

Berikut ciri untuk terhindar dari penipuan rekrutmen PLN yaitu, PLN tidak pernah bekerjasama dengan pihat tour & travel, serta tidak memungut biaya pendaftaran, akomodasi maupun trasportasi selama proses rekrutmen. PLN hanya menggunakan akun email rekrutmen@pln.co.id untuk menyampaikan informasi rekrutmen, bukan akun gmail atau yahoo. Pengumuman dan pendaftaran resmi hanya melalui : rekrutmen.pln.co.id.

6. Jumlah Pendaftar

Peserta PLN

Rekrutmen yang dilakukan pada akhir desember 2018-januari 2019 (angkatan 66) kemarin diperkirakan sekitar lebih dari 25000 pendaftar dan yang tersaring hanya 256, untuk PLN group baik yang holding dan anak perusahaan. Untuk holding di wilayah Balikpapan pendaftar sekitar lebih dari 2500 menjadi 18, Makassar 2400 menjadi 17, Jakarta 14000 menjadi 90, dan daerah Padang, Palembang, Bali diatas 2000 pendaftar menjadi kisaran 10-30 kecuali Bali hanya 2 untuk angkatan 66.

7. Persentase Keberhasilan

Persentase PLN

Secara keseluruhan kesempatan keberhasilan kurang dari 1%. Tingkat keberhasilan juga bergantung pada lokasi kita mengikuti tes, contoh saja jika kita ikut di Balikpapan 0,7 % maka kesempatan berhasil lebih tinggi dibandingkan di Jakarta 0,6%.

MAKE IT ACTION

Gambaran sangat dibutuhkan sebagai salah satu cara kita menyusun strategi sehingga kita mampu mencapai sesuatu yang kita harapkan. Selain kita berusaha semaksimal mungkin dengan tekun dan cerdas, untuk meningkatkan persentase keberhasilan adalah dengan cara berdo’a dan minta restu kedua orang tua.

Coba juga tips dan trik menjadi assisten yang baik, siapa tau kedepannya kamu bakal jadi asisten manager disini

1 COMMENT

  1. I’ve been surfing online more than 3 hours these days, yet I by no means discovered any interesting article like yours. It is pretty worth enough for me. In my view, if all web owners and bloggers made good content material as you did, the internet can be much more helpful than ever before.

LEAVE A REPLY