3 Efek Anti-mainstream Puasa: Membuat Lo Cerdas!

3 Efek Anti-mainstream Puasa: Membuat Lo Cerdas!

1343
0
SHARE
Efek anti-mainstream puasa: cerdas
  1. Halo Makeitationers! Pada awal Ramadhan tiba, puasa serasa menjadi dambaan yang ditunggu-tunggu karena memang suasana ini sekali setahun datangnya. Seiring berjalannya waktu hingga pertengahan bulan Ramadhan ini, kok rasanya banyak banget sih rintangan yang kita hadapi?

Ya, itu memang karena antusiasme kita mulai berkurang karena rasanya udah menjadi biasa (beda disaat awal masuk bulan puasa). Bagi orang-orang yang bener-bener punya kepercayaan tinggi bahwa puasa akan mendatangkan banyak kebaikan saat mengerjakannya, itu udah nggak jadi masalah lagi bagi mereka.

But, permasalahannya disini yaitu terletak pada orang yang sebaliknya dari orang-orang yang gue bicarain diatas. Orang-orang tipe ini biasanya sulit banget untuk tetap konsisten melakukan puasa karena mindset mereka berbeda dari orang-orang yang gue bicarain sebelumnya diatas. Pada akhirnya, bolong-bolong deh tuh puasa.

Nah, dalam pertemuan kali ini, gue akan nge-share ke lo manfaat yang anti-mainstream banget dari puasa. Biar lo percaya kalo puasa itu bener punya impact yang besar banget kalo dikerjakan.

“Percaya nggak lo kalo puasa itu bisa mencerdaskan otak?”

Banyak orang yang nggak notice (memperhatikan) kalo berpuasa itu sebenarnya membuat diri kita memperhatikan sesuatu dengan rinci. Saat lapar, lo akan berpikir lebih efisien daripada saat kenyang dengan mementingkan dan memperhatikan dengan detail-nya sesuatu yang jarang lo notice diluar bulan puasa. Nggak percaya? Let’s check it out!

*

1. Lo Notice Banget Kapan Waktu Bedug Magrib

Efek anti-mainstream puasa: cerdas

Ayo ngaku ayo! Lo pasti tandain banget kapan bedug magrib dan adzan dikumandangkan kan? Jelas banget, saat seharian beraktivitas dalam keadaan lapar, siapa sih yang nggak notice kapan waktu kita bisa makan (berbuka).

Ironis, lo yang biasanya jadwal makannya amburadul, yaitu nggak mentingin jam berapa lo harusnya makan (diluar bulan puasa), tapi lo malah notice banget tuh kapan jamnya bisa makan bahkan hingga menit dan detiknya.

 

2. Lo Notice Banget Makanan Berbuka dan Sahur Lo

“Mau makan apa ya nantinya? Makannya rendang, minumnya es teh, mmm… atau apa yah?”

Efek anti-mainstream puasa: cerdas

Saat berpuasa, lo bener-bener notice kalo yang lo makan dan minum nanti bergizi dan pastinya nggak beresiko buat kesehatan lo.

Semua makanan dan minuman sebenernya baik banget buat tubuh kita dengan syarat bahan dan cara pengolahannya sehat. Tapi saat perut bener-bener kosong karena seharian berpuasa, lo notice banget makanan dan minuman itu nggak boleh sembangaran.

Misalnya, saat lo berbuka, lo tau kalo lo nggak makan makanan yang sifatnya asam, seperti makanan yang memakai cuka dan asem karena memang nanti ber-impact buruk ke lambung lo. Dan saat lo sahur, lo nggak akan minum minuman yang akan mengeluarkan banyak cairan seharian selama berpuasa, seperti teh, karena teh memang akan membuat lo sering pipis.

 

3. Lo Notice Banget Keuangan Lo

“Bukanya pake rendang 25k, belum minumnya es teh 5k, so totalnya kurang lebih 30k! Ini masih berbuka! Sahurnya…?”

Efek anti-mainstream puasa: cerdas

Lo pasti pernah bener-bener menghitung berapa uang yang harus lo keluarin sedetil-detilnya kan? Apalagi lo seorang anak kost, jelas banget lo harus me-manage serinci mungkin keuangan lo. Dipikiran lo, “Jangan sampai gue kehabisan uang nantinya!”

Alhasil, lo akan mencari cara agar lo bener-bener bisa irit, yaitu meminimalisir pengeluaran. Tapi lo juga pasti nggak akan mau makan dan minum yang kurang bergizi akibat pengiritan. Ini akan memaksa lo berpikir untuk menemukan tempat yang pas banget buat kebutuhan lo ini, dimana lo bisa beli makanan dan minuman yang bergizi + mengamankan isi kantong.

**

Menurut lo gimana dengan ketiga hal diatas? Bagi lo ini mungkin hal yang sepele banget ya, tapi gue malah menganggap ini hal yang serius banget. Kenapa? Karena seperti yang sudah gue jelasin diawal tadi, bahwa puasa itu dapat meningkatkan kecerdasan lo.

“Kok bisa? Padahal ini sepertinya hal tersebut sifatnya “joke” (lucu-lucuan) aja ya?”

Dari pengalaman gue menonton film dan membaca buku biografi orang-orang cerdas dan inovatif, gue selalu me-notice bahwa mereka selalu memperhatikan sesuatu yang dianggap orang lain itu sepele dan pada akhirnya hal tersebut yang membuat hasil yang mereka usahakan itu indah banget.

True story di film-nya Steve Jobs yang berjudul “Jobs”, disaat dia melihat sahabatnya Steve Wozniak merakit produk Apple pertama mereka, yaitu board, Jobs mengomplen Woz kalo itu rakitannya nggak simetris, kira-kira begini percakapannya:

Efek anti-mainstream puasa: cerdas

Jobs     : Bagaimana?

Woz     : Viola!

Jobs     : Yang ini seharusnya lebih simetris!

Efek anti-mainstream puasa: cerdas

Woz     : Kita hanya punya waktu 60 hari membuat 50 benda ini, dan kau mempermasalahkan simetris, Steve. Tidak ada yang peduli dengan tampilan board-nya.

Jobs     : Aku peduli!

Lihatkan? Bahkan untuk hal sekecil itu aja diperhatikan. Orang-orang yang memperhatikan detail itu merupakan orang-orang cerdas yang sebenernya. Itu baru satu orang yang mungkin lo kenal, dan masih banyak orang cerdas lainnya yang bener-bener memperhatikan detail-nya sesuatu.

Kembali ke topik kita, ternyata terbuktikan kalo lo puasa itu nggak ada ruginya sama sekali, sekalipun lo hanya menahan lapar dan haus (tapi lo harus usahakan untuk jangan jadi orang seperti itu), lo akan tetap dapat impact-nya dengan menjadi lebih cerdas karena lo akan dilatih untuk memperhatikan detail-detail, seperti yang dilakukan orang-orang yang cerdas sekaliber Steve Jobs.

Baca juga:

***

Make It Action!

Semua yang kita kerjakan itu nggak ada yang sia-sia, lo kerjain kebaikan yang kecil pun lo tetap akan mendapat kebaikannya untuk diri lo, dan begitu pula sebaliknya. Puasa itu keren loh! Siapa sih yang nggak mau jadi seorang yang cerdas? Hanya orang tulul yang nggak mau cerdas. Puasalah! Karena dengan itu lo akan dilatih sedikit demi sedikit untuk menjadi seorang yang cerdas.

 

Wassalam.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY