Menjadi Sukses Seperti Mohammed Salah dengan 7 Langkah Super

Menjadi Sukses Seperti Mohammed Salah dengan 7 Langkah Super

1897
4
SHARE
Mohamed Salah Kapten Kita Datang

Heylo Makeitationer, apakah kamu kenal dengan pemain bola bernama M. Salah atau Mohamed Salah? Mohamed Salah lahir di Basion, Mesir, pada 15 Juni 1992 di sebuah desa kecil bernama Najrij, sekitar 150 kilometer dari Ibu Kota Kairo. Salah merupakan pemain bomber Liverpool paling luar biasa yang saat ini menjadi buah bibir. Ia tidak hanya menjadi pesepakbola terkenal sejagat raya, tapi juga menjadi inspirasi di tengah keterpurukan ekonomi dan politik di Mesir dan Timur-Tengah.

Prestasinya yang luar biasa itu tentunya tidak didapatkan dengan semudah membalikan telapak tangan. Perlu perjuangan keras yang perlu dilakukan olehnya hingga mampu menjadi sukses seperti sekarang. Kita bisa belajar dari langkah yang diterjang oleh pemain terkenal ini. Berikut 7 langkah menjadi sukses dari Mohamed Salah versi Makeitation:

1. Latihan Tekun

Mohamed Salah Berlatih

Salah sangat tekun dalam berlatih sepak bola, mulai sejak kecil hingga saat ini. Dia selalu melatih kemampuan setiap ada kesempatan untuk berlatih. Dia bahkan berlatih setelah berlatih, belajar dari Lampard yang selalu meluangkan waktunya untuk latihan lagi setelah usai waktu latihan. Jadi, untuk meraih kesuksesan kita harus tekun untuk berlatih, bahkan melebihi ketekunan itu sendiri dan jangan dilakukan setengah-setengah.

2. Rela Berkorban

Sewaktu kecil Salah sering bermain bola dengan teman sebayanya, di jalan-jalan yang sepi dan berdebu. Selain itu juga Salah sering mengikuti kompetisi lokal, hingga akhirnya dia dilirik oleh seorang pencari bakat diusianya yang ke 14. Ini yang menjadi saat terberatnya untuk menempuh impiannya menjadi pemain sepak bola profesional.

Pengorbanan Mohamed Salah

Salah harus menempuh jarak 150 km dari desanya di Najrij ke Kairo yang harus dilalui selama 4-5 jam sekali jalan. Hal itu dia lakukan selama 5 hari dalam sepekan dan karena waktu tempuhnya yang lama, dia harus memangkas waktu sekolahnya. Banyak yang harus dikorbankan demi meraih kesuksesan, selama yang dikorbankan adalah sesuatu milikmu dan bukan milik orang lain.

3. Taat Menjalankan Kewajiban Agama

Mohamed Salah Mengaji

Salah adalah orang yang ta’at ibadah, tentu saja dalam melakukan shalat dia juga pergi ke masjid. Para fans Mohamed Salah selalu mengunjungi masjid jika ingin mencarinya dan berfoto bersamanya. Selain itu dia juga berpuasa walaupun berat latihannya yang harus membuatnya menguras tenaga. Salah selalu membawa Al-Qur’annya dalam setiap pertandingan karena kecintaannya dengan Al-Qur’an bahkan dia menghatamkannya sebelum pertandingan. Mintalah kepada Allah SWT agar diberkan pertolongan dalam menempuh dan meraih kesuksesan.

4. Mengikuti Sunah

Salah mengikuti ajaran baginda Rasulullah (sunah), seperti berenang, dan juga menjaga janggutnya. Salah juga berhasil mengurangi Islamphobia yang sekarang lagi merajalela karena banyaknya aksi teroris mengatas namakan Islam. Walaupun berpenampilan muslim sejati dengan merawat janggutnya tetapi akhlaknya baik di dalam maupun di luar lapangan seiring dan seirama.

Akhlak Mohamed Salah

Salah tidak ragu untuk mengkuti sunah dan membuktikan kemampuannya di lapangan, sehingga banyak yang kagum dan respect dengannya. Ikutilah sunah Rasulullah karena semua sunahnya mengajarkan akhlak yang baik untuk membawa kita pada kesuksesan.

5. Menikah

Pernikahan Mohamed Salah

Banyak yang bilang menikah itu bisa menurunkan karir kita, atau bahkan dengan menikah justru kita sulit menggapai mimpi. Salah menjadi bukti dengan usianya yang muda 21 tahun, dia menikah dengan seorang muslimah dari tanah airnya. Salah selalu didukung oleh istrinya, walaupun istrinya tidak terlalu diliput media tetapi istrinya sering terlihat mendukung pertandingannya. Menikah akan menyempurnakan iman seorang muslim, selain itu kesuksesan bisa lebih dekat karena menikah memberikan spirit rohani dari dukungan pasangan.

6. Rajin Bersedekah

Mohamed Salah Bersedekah

Salah dijuluki “Raja Bersedakah” selain “Mesi dari Mesir” oleh fansnya. Dia menyumbangkan miliyaran rupiah untuk rumah sakit dan juga ratusan juta untuk biaya atlit sepak bola yang tidak mampu. Banyak lagi sedekah yang dia lakukan namun hanya beberapa saja yang berhasil terungkap oleh media, karena dia berusaha menyembunyikannya agar tidak riya. Sedekah akan membuka pintu rijeki sehingga kesukesan akan segera datang kepada kita.

7. Tidak Melupakan Kampung Halaman

Selain lanjut, apakah kamu mencintai Indonesia dengan segenap hati ? Salah menggambarkan figur yang benar-benar cinta pada kampung halamannya. Hal ini bisa kita lihat dengan donasinya untuk membantu perkemabangan tanah airnya. Padahal Salah pernah dikritik oleh negaranya sendiri dan pernah membuat karirnya berhenti karena wajib militer. Akan, tetapi dia tetap mencintai tanah airnya, walaupun dengan hal tersebut, sehingga negaranya semakin bangga kepada sosoknya ini.

Kampung Halaman Mohamed Salah

Salah juga tidak lupa dengan desa kelahirannya dan selalu memberikan donasi disana, bahkan dia menolak dengan sopan pemberian villa mewah. Dia mengatakan akan lebih bahagia kalau diberikan sumbangan untuk desa kelahirannya daripada diberi villa mewah. Jangan pernah melupakan kampung halaman, karena disanalah kita lahir, dan mereka akan memberikan dukungan, kalau bukan material, berarti berupa do’a.

 MAKE IT ACTION

Jadi Makeitationer, kesukesan akan seimbang dengan berusaha dan berdo’a. Era sekarang di mana banyak islamphobia, banyak umat islam yang takut untuk mengikuti sunah Rasulullah. Ada yang takut berjenggot, bercadar, dan lainnya, lihatlah sosok Mohamed Salah yang tetap menjaga jangutnya tapi berani membuktikan kemampuannya. Kita harus yakin untuk mengikuti ajaran Rasulullah, dan membuktikan kemampuan serta aklah kita yang mulia. Sehingga orang lain bangga dengan sosok kita yang sukses dan tidak banya yang berani mengomentarimu lagi karena kamu berhasil membuktikannya. Ayo buktikan bahwa kamu bisa sukses dengan berusaha, dan berdo’alah, serta milikilah akhlah yang diajarkan oleh Rasullullah, maka kesuksesan bukanlah mimpi belaka.

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY