7 Tips Efektif dan Berkah Menghadapi Bully

7 Tips Efektif dan Berkah Menghadapi Bully

5170
0
SHARE
Bully

Heylo Makeitationer, bersekolah dan mendapatkan teman-teman yang membuat hari-hari kita semakin berwarna, tetapi bagaimana kalau kamu, rekanmu, atau saudaramu menjadi orang yang sendiri dan di bully ?

Pada tahun 2018 telah terjadi kasus bullying sekitar 36 kasus yaitu 22,4% dari total kasus pendidikan yang dilaporkan. Kasus ini semakin meningkat tidak hanya di dunia nyata tetapi juga di dunia maya. Korban menjadi sangat takut untuk berteriak dari rasa sakit apalagi untuk mengadu, mereka menjadi kebingungan secara mental. Lalu bagaimana seandainya itu kamu yang menjadi korbannya ? Berikut 7 tips menghadapi bullying yang cerdas:

1. Acuhkan

Cuek Bebek

Ketika ada ucapan dari pelaku bully yang dapat memprovokasi kamu, langkah terbaik yang kamu ambil sebaiknya adalah cuek. Ucapan yang bisa jadi memancing kamu untuk bertindak sesuai keinginan pelaku bully, jadi jika kamu tidak acuhkan maka kamu berhasil dikendalikan. Sebaliknya ketika mereka berkoar-koar berusaha memancingmu tetapi kamu bersikap acuh, mereka akan semakin kesal dan kalah dalam permainan mereka sendiri.

2. Bersabar

Sabar

Bersabar adalah tindakan yang gampang untuk diucapkan tapi susah untuk dilakukan. Agama kita juga mengajarkan untuk saling mengingatkan dalam kesabaran. Jelas kamu harus sabar menghadapi mereka, sabar bukan berarti kamu kalah dalam permainan mereka. Tetapi ketika semua emosi negatif yang muncul saat itu dapat kamu pertahankan. Kamu akan semakin kuat dan kualitas dirimu akan semakin meningkat. Sehingga kamu bisa memilah tindakan yang tepat tanpa harus membawa perasaan pada tindakanmu. Ini tahap yang sulit tapi ledakan manfaat yang didapatkan sangat luar biasa.

3. Tersenyum dan Percaya Diri

Senyum Cakep

Ketika kamu sudah berhasil untuk sabar, aura yang kamu keluarkan dari permainan mereka adalah aura positif. Keluarkan aura positif seperti tersenyum kepada mereka, lakukan dengan percaya diri. Kamu harus yakin kualitasmu berada diatas mereka, percaya dirilah. Senyumanmu akan menjadi senjata utamamu yang membuat mereka semakin kesal, seolah permainan mereka tidak berpengaruh kepadamu dan bagimu itu hanya permainan bocah (memang itu kenyataannya).

4. Puji Mereka

Kasih Jempol

Oke ini salah satu senjata yang bikin strategi bully mereka menjadi kacau. Sudah sewajarnya kalau ada seseorang menghinamu mereka akan membalasmu dengan hinaan. Bagaimana justru ada orang yang membalas hinaan dengan pujian ? Jelas seperti ada maksud pada pujian tersebut. Berikan pujian pada orang yang menghinamu seolah kamu mendukung hinaan mereka kepadamu dan menjadi teman mereka, contoh :

Si bully : Dasar A(kamu) udah jelek, bodoh, bau sampah lagi, masih aja hidup hahaha !

Kamu : Wah keren, B(Si bully) ganteng banget, pinter lagi, dan harumnya oke banget, bikin kita betah banget pokoknya top abis deh.

Si bully : Kamu ngejek ya A(kamu)

Kamu : Saya memujimu kan emang kamu keren, saya juga lagi berusaha nih supaya bisa ganteng, pinter dan harum kayak kamu, top abis deh kamu.

Balas setiap ejekan mereka menjadi pujian, sehingga mereka tidak tau maksud kamu yang sebenarnya, mengejek atau memuji. Hal ini membuat mereka terlihat bodoh karena tidak bisa membedakan mana pujian dan ejekan.

5. Berikan Mereka Hadiah

Kasih Hadiah

Ini senjata yang bisa membuat musuhmu menjadi kawan. Biasanya tipe pemberi hadiah sangat cocok buat tukang bully yang pake senjata gosip. Memang aneh kalau kita berpikir orang yang suka mempermainkan kita kok dikasih hadiah. Coba pikirkan kembali, hal itu justru sesuatu yang tidak dipikirkan oleh si tukang bully. Kalau bisa berikan hadiah itu ketika sedang ramai orang, dan coba usahakan memberikan hadiah yang dia suka.

6. Berikan Mereka Ancaman

Ancam Mereka

Oke, senjata ini merupakan senjata mematikan yang bisa membuat bully kelas keras kepala supaya mereka tobat. Tentu saja kamu hanya bisa melaporkan mereka jika kamu mempersiapkan beberapa hal berikut :

  • Mempunyai saksi, minimal 2 orang laki-laki atau 4 orang perempuan (jumlah paling ideal), bisa jadi temanmu atau guru.
  • Mempunyai bukti misalnya, kamu merekam lewat hp (audio) dan disembunyikan di kantong, atau meminta orang yang bisa kamu percaya untuk mendokumentasikan.

Apalagi kalau mereka melakukan bully hingga tindak kekerasan fisik, merampas barangmu, maka sudah ancam saja mereka untuk melaporkan ke pihak berwenang atau KPAI. Ancam mereka juga kalau Tuhanmu bisa memberikan hukuman yang mengerikan kalau mereka terus menganiayamu. Kamu harus mempunyai keberanian, memang mengadu kepada orang tua lebih mudah, tapi jadikan itu pilihan terakhir karena kamu harus berusaha mandiri.

7. Meminta Bantuan Kepada Allah Ta’ala

Menggantungkan Diri Kepada Allah

Apapun yang kamu butuhkan tetaplah yakin bahwa Allah maha segalanya. Jangan putus asa pada rahmat-Nya, dan bergantunglah pada-Nya. Allah mampu membuat apapun, ingat do’a orang yang di-bully (didzalimi) akan mudah terkabul. Tetapi alangkah baiknya do’akan mereka supaya tobat, atau Allah memberikan hidayah-Nya pada mereka. Do’a seperti itu jauh lebih bermanfaat daripada kamu do’akan supaya mereka diberikan musibah. Coba renungkan, ketika mereka diberikan musibah mungkin hatimu sedikit lega, tapi itu hanya sementara dan kualitasmu ditentukan oleh bagaimana cara kamu membalas mereka.

MAKE IT ACTION

Jadi Makeitationer, jadilah orang yang cerdas dan efektif dalam menghadapi bullying. Ingat jangan pernah berpikir hidup ini tidak adil, jangan pernah berputus asa dari rahmat Allah Ta’ala. Mereka yang si tukang bully kamu bisa jadi karena mereka beranggapan kamu lebih baik dari mereka. Jika mereka melakukannya dengan anggapan kamu lemah, itu jadi kesempatan untuk kamu menjadi lebih kuat. Mereka si tukang bully tidak akan menjadi lebih baik daripada kamu, tapi saat itu kamu punya peluang menjadi lebih baik daripada mereka.

Coba baca juga Apakah kamu kids jaman now ?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY