Wanita ini jadi Buta akibat kecanduan main game ML, masa sih ?

Wanita ini jadi Buta akibat kecanduan main game ML, masa sih ?

7318
2
SHARE
Wanita ini jadi Buta akibat kecanduan main game ML, masa sih ?

Assalamualaikum makeitaioners, apa kabar semuanya ? semoga semuanya sehat selalu ya. admin sudah gatel-gatel ini ingin tulis sesuati yang tentunya bermanfaat untuk teman-teman pembaca setia.

Artikel  kali ini masih membahas seputar fenomena game ML seperti yang pernah dipublikasi sebelumnya : HEBOH !!! Ternyata ML Mempengaruhi Pertahanan Negara Kita.  Ada kabar yang sangat mengejutkan sekali datang dari negeri bambu tirai, seorang wanita berusia 21 tahun bermana xiao wu berusia harus rela kelhilangan mata penglihatannya akibat terlalu lama bermain game sekelas ML (mobile legend) dengan menggunakan smartphonenya. dari yang admin baca sih ya guys, xiao wu bermain game selama 24 jam non stop atau terus-terusan. saking parahnya lagi ya, wanita ini bisa bermain game 8 jam non stop tanpa makan, minum dan tanpa pergi ke toilet buat buang air. pihak dokter menerangkan bahwa xiao wu mengalami pendarahan pada bagian retina akibat terlalu lama memfokuskan mata ke layar smartphonenya. keadaan seperti itu dikenal dalam dunia medis sebagai Retinal Artery Oclusion (RAO) yakni keadaan mata kehilangan pengelihatan monokular tanpa rasa sakit.

peristiwa ini terjadi ketika xiao wu mengangkat telpon kemudian dari sanalah dia merasakan matanya mulai kehilangan kemampuan dalam melihat. Ia kerap kali menangis karena kesakitan pada matanya.  karena takut semakin parah, xiao wu akhirnya dilarikan ke Rumah Sakit Mata Donggiang Huaxia untuk pemeriksaan terlebih lanjut.

Wanita ini jadi Buta akibat kecanduan main game ML, masa sih ?

 

setelah diobati xiao wu pun menceritakan rutinitas sehari harinya, ternyata dia itu bangun jam 6 pagi langsung pegang hp buta main game sampe jam 4 sore, lalu setelah itu ia akan beristirahat sejenak kira kira 1 – 2 jam. habis itu lanjut lagi sampe jam 1 – 2 pagi. buset ini orang, nggak cape apa main game selama itu. coba teman-teman bayangkan, ia bermain game hampir selama 20 jam lebih dan selama 20 jam itu ia terus menerus melototin hpnya. kuat bener matanya si xiao wu. ini bener bener gila. admin saja nggak kuat kalau harus  melototin smartphone terus menerus apalagi selama puluhan jam. pantes saja neng. sayangi matanya dong. main game boleh asalkan jangan sampai berlebihan apalagi sudah jadi rutinitas sehari-hari… wahhh parah.

sebenarnya main game online itu manfaatnya juga ada. namun yang berbahaya itu menjadi kecanduan main game. game online yang sering dimainkan secara berlebihan justru membawa dampak yang tentunya sangat merugikan ini teman-teman. nahh, perlu ketegasan dari orang orang tercinta seperti orang tua atau kekasih dalam mengontrol kegemaran dalam memainkan game kayak mobile legend dan lain sebagainya. sebenarnya mbak xiao wu itu sudah diperingatkan dan dikasi tahu sama orang tuanya, namun ia tetap saja tidak mengindahkan peringatan dari orang tuanya. walaupun ia seorang wirausaha, ia tetap saja mejadi pecandu game online. hingga pada akhirnya dia mengakui menyesal karena tidak mendengarkan peringatan orang tuanya. ini, admin kutip dari suatu sumber beberapa dampak negati game online yang dimainkan secara berlebihan selain berita di atas tersebut, di antaranya adalah

Kesehatan Menurun

Wanita ini jadi Buta akibat kecanduan main game ML, masa sih ?

ini dia, kesehatan bakalan menurun. kok bisa, ya bisa lah. karena itu si gamer terus terusan main game pelototin hp sambil duduk tanpa adanya aktifitas fisik. karena aktifitas fisik yang kurang, maka daya tahan tubuh pun menjadi lemah. kadang – kadang juga sering terlambat makan karena nggak pernah ngelihat jam dinding. jadi smartphone yang kita miliki itu juga menghasilkan radiasi sinar biru. sinar biru ini lah yang efeknya cukup meghawatirkan yakni dapat menggangu kerja hormon melatonin dan grelin yang bekerja untuk merangsang ngantuk dan lapar. jadi kadang kadang, pas kita lagi asyik asyiknya main game di hp, kita ngga merasakan laper atau ngantuk, yaaa itu tadi karena terus menerus terpapar pancaran sinar radiasi sinar biru. penyakit penyakit yang kebanyakan ditemukan pada mereka yang kecanduan main game online seperti ML di antaranya : serangan jantung, stroke, mata minus, obesitas, paru-paru, dislokasi jari jari tangan, penyakit saraf, ambie dan penyakit di sekitaran tulang punggung.

Gangguan Mental  

Wanita ini jadi Buta akibat kecanduan main game ML, masa sih ?

D game online juga banyak juga ternyata adegan yang mengajarkan untuk melakukan tindakan kriminal serta kekerasan seperti perkelahian, pengrusakan, pembunua dan sebagainya. ya iyya lah. bagaimana mau menang kalau nggak bunuh perajurit dan rajanya, gmana mau menang kalau nggak hancurin kerajaannya dan lain sebagainya. hal hal tersebut secara tidak langsung telah mempengaruhi alam bawah sadar seseorang bahwa kehidupan nyata ini adalah layaknya sama seperi yang ada di permainan game online itu. beberapa kasus kekerasan yang pernah diberitakan oleh media massa yang melibatkan anak-anak dan remaja sebagai pelakunya adalah bukti nyata bahwa game online dapat merusak perkembangan mental seseorang. ciri-ciri orang yang sudah ngalami gangguan mental akibat kecanduan main game online adalah : mudah marah, emosional, mudah mengucapkan kata kata kotor, memaki, mecuri dan lain sebagainya. nah kata kata kotor ini yang sangat admin nggak suka. admin lagi enak enaknya browsing di dunia maya, jadi bad mood gara gara ada orang yang sering ngeluarin kata kata kotor saat main game. itu bener bener dah, minta disleding nih orang (dalam hati).

Menghambat proses pendewasaan diri

Wanita ini jadi Buta akibat kecanduan main game ML, masa sih ?

ini dia kalau kecanduan main game online tanpa kenal waktu juga dapat mempengaruhi proses pendewasaan diri seseorang. gmana mau dewasa, pacarannya sama hpnya doan. akhirnya apa, kurang pergaulan dan sosialisasi karena terlalu terhanyut dalam asyiknya dunia game. ohhh tidak. seseorang yang telah terpengaruh biasanya ditandai dengan sikap : pemalu, minder, kurang percaya diri, manja bahkan bersifak kekanak-kanankan.

Waktu banyak terbuang sia-sia, prestasi down

Wanita ini jadi Buta akibat kecanduan main game ML, masa sih ?

main game juga ada manfaatnya. salah satu manfaatnya yaa itu untuk refreshing saja biar nggak penek sudah belajar atau kerja seharian. tapi yang jadi masalah itu kalau main gamenya terus menerus hingga membuat kecanduan. waktu yang harusnya digunakan untuk sholat fardu, malah dipake main game akhirnya nggak solat deh. waktu yang harusnya digunakan untuk belajar buat ujian nasional, dipake buat main game jadinya nggak jadi belajar terus besoknya ngga tahu mau jawab apa. waktu yang seharusnya dipake untuk makan, malah dilewatkan begitu saja karena keasyikan main game. mereka itu fokus di permainannya untuk menyelesaikan level demi level. sehingga akibatnya adalah daya konsentrasi umumnya juga terganggu selama di kelas sehingga kemampuan dalam menyerap mata pelajaran yang disampaikan guru di kelas tidak diserap dengan maksimal karena kebelet ingin main game (kayak kebelet mau ke toilet saja ini heheh). oleh sebab itu, kecanduan main game online dapat mempengaruhi produktifitas di sekolah maupun di tempat kerja. ada ini film yang ceritanya seorang yang baru saja diterima di perusahaan untuk bekerja. tapi pas jam kerja, dianya asyik main game. akibatnya kerjaan dikantor jadi nggak selesai selesai, akhirnya apa bos-nya jadi jengkel dan ia pun dipecat dari kantor. tu kan,ngeri banget yaa. padahal baru saja diterima di perusahaan besar, ehh belum lama langsung disikat saja sama si bosnya.

Hidupnya boros

hidup boros, tidak ada uang di dompet

ya iyya lah hidupnya bakalan boros. beli kuota sampai berbelas belas giga, cman dipake untuk ngegame doang jadi sia sia itu kota yang awalnya diniatkan untuk mecari materi skripsi malah kebanyakan dihabiskan untuk duel di game online. yang bahaya ini, teman teman yang nggak punya smartphone (masih hp senter jadul jaman doeloe) plus nggak punya komputer/laptop di rumah, warnet jadi sasaran empuk buat melampiaskan nafsu ngegame nya. yaa jadinya, harus ngeluarin uang lebih. apalagi kalau ngegame lama bener (warnet is my second home), wahhh bakalan terkuras habis itu isi dompet. uang yang awalnya harusnya dipake buat makan, malah dipake buat ngegame, uang yang harusnya dipake buat bayar uang spp kuliah, dipake ngegame (nggak lah yaa) hehe. ini terlebih lagi bagi yang punya komputer PC (kayak Mac 27 inch wkwk), bakalan membengkak itu tagihan listrik terlebih lagi yang rumahnya pakai pulsa listrik. dikit lagi mau menang, tinggal hancurin si prajuritnya ehh malah jeklek/mati lampu gara gara pulsa listriknya habis. baru saja tadi pagi beli, ehh sudah habis malemnya. apalagi main game pcnya berjam-jam tanpa henti, semakin boros lagi. padahal pemerintah sudah mensosialisaikan gerakan hemat energi listrik, ehhh malah dibuang-buang tuh listrik karena keasyikan ngegame. hehe

Kesulitan bersosialisasi dengan orang lain

anak anak dan orang lain jadi sulit untuk bersosialisasi

Sebenarnya di dalam game apalagi game ML yang bergenre MOBA, para pemainnya saling berinteraksi, berkoordinasi dan membuat strategi untuk bisa menang. tapi itu hanya dilakukan di dalam permainannya (dunia maya). umunya orang-orang yang sudah kecanduan main game kesulitan ketika harus bersosialisasi di dunia nyata. sikap anti sosial, tidak memiliki keinginan untuk berbaur dengan masyarakat, keluarga dan juga teman adalah ciri ciri yang ditunjukan oleh mereka yang telah mengalami kecanduan terhadap game tersebut.

Lantas, apa dampak positif game online bila dimainkan sesuai porsinya ?

Seperti yang dikutip di salah satu sumber dari laman TahuPedia, diantaranya adalah sebagai berikut

  • Meningkatkan mood dan stress bisa berkurang
  • memperlambat penuaan
  • membantu mengurangi rasa sakit
  • mengajarkan untuk menghargai kegagalan
  • meningkatkan kemampuan untuk mengambil keputusan
  • membantu proses pembelajaran
  • menigktakan kemampuan motorik
  • meningkatkan kemampuan kerja sama tim.

jadi intinya game online itu punya sisi positif dan sisi negatif. dampak negatifnya itu muncul akibat kecanduan bermain game. tetapi jika game tersebut dimainkan sesuai dengan porsinya dan waktunya, maka justru akan berdampak positif. jadi makeitaioners, jangan sampe menjadi kecanduan main game seperti gadi asal china yang buta karena main game terus menerus. oke. admin undur diri dulu ya dan semoga tulisan ini menjadi pelajaran bagi kita semua dan ada manfaatnya untuk teman-teman semua. oke nantikan artikel selanjutnya hanya di makeitaion.com.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY